Comscore Tracker

Jangan Sampai THR Kamu Hilang Begitu Aja! Atur dengan 5 Cara Ini Deh

Cara sederhana untuk selamatkan keuanganmu

Bulan Ramadan memang salah satu bulan yang dinanti banyak orang. Selain karena keberkahan yang berlimpah, di bulan ini banyak orang mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR). Nah, biar nggak kalap mengeluarkannya, lebih kamu atur dengan cara berikut ini deh.

1. Buat catatan pengeluaran

Jangan Sampai THR Kamu Hilang Begitu Aja! Atur dengan 5 Cara Ini DehShutterstock/Undrey

“Duh uangku habis buat apa sih” adalah ungkapan sesal yang selalu diucapkan oleh mereka yang nggak pernah mencatat pengeluarannya. Memang sih, mencatat pengeluaran itu nggak bikin kamu tiba-tiba jadi kaya. Tapi, cara satu ini ampuh banget buat mengingatkan betapa boros atau iritnya kamu. Dilansir dari thebalance.com, pencatatan pengeluaran bisa memberikan gambaran tentang apakah kamu telah menggunakan uang sesuai dengan prioritas atau belum.

Kamu jadi bisa tahu apakah selama ini uangmu habis untuk investasi, tabungan, bantu orangtua, atau malah untuk hura-hura. Jadi, coba deh mulai sekarang catat pengeluaranmu. Kalau males ribet, banyak kok aplikasi yang bisa kamu install di smartphone.

2. Simpan lebih awal di tabungan

Jangan Sampai THR Kamu Hilang Begitu Aja! Atur dengan 5 Cara Ini DehShutterstock/PR Image Factory

Menabung, meski berat bagi sebagian orang, adalah kegiatan yang wajib banget dilakukan sejak awal. Banyak orang yang salah kaprah dan meyakini kalau nabung jika dan hanya jika ada uang sisa. Padahal, yang betul adalah uang tabungan disisihkan sejak awal.

Untuk itu, kamu bisa gunakan layanan autodebet supaya kamu nggak banyak alasan lagi. Selain itu, IDN Times sarankan kamu bikin tabungan berjangka, supaya bisa kasih kamu manfaat yang lebih banyak. Percaya deh, rindu itu nggak berat, tapi nggak punya dana cadangan itu yang berat.

3. Cari diskon biar irit

Jangan Sampai THR Kamu Hilang Begitu Aja! Atur dengan 5 Cara Ini DehShutterstock/Maridav

Pengeluaran itu adalah hal yang wajar. Pasti kita akan mengeluarkan uang untuk memenuhi kebutuhan kita. Nah, yang nggak wajar adalah kita mengeluarkan uang terlalu banyak untuk hal-hal yang sebenarnya bisa kita beli dengan harga lebih murah. Misalnya, barang-barang elektronik, makeup, dan produk fesyen yang dikenakan diskon besar-besaran. Barangnya sama tapi harganya lebih murah, siapa coba yang nggak mau

Untungnya, kamu nggak perlu ribet-ribet cari diskon besar-besaran di mana. Soalnya, Lazada akan mengadakan promo Lazada Mega Days Ramadan pada tanggal 14 hingga 16 Mei 2019 nanti, guys. Di promo besar ini, Lazada akan memberikan diskon terGILA hingga 99% lho. Ada juga Crazy Flash Sale untuk beragam barang kebutuhanmu, dan ada juga voucher belanja dari permainan Slash It! di LazGame. Yap betul, kamu bisa mendapatkan voucher belanja dengan memainkan LazGame di aplikasi Lazada lho. Bahkan, Lazada sudah menyiapkan voucher belanja senilai Rp1 Juta bagi pemenang yang beruntung.

Nah, bukan Lazada namanya kalau nggak kasih kejutan tambahan. Selain bisa mendapatkan potongan harga yang gila-gilaan, di Lazada Mega Days Ramadan ini kamu juga bisa menolong sesama lho. Dengan berbelanja hingga Rp100.000, Lazada akan mendonasikan Rp1.000 kepada Yayasan Smile Train Indonesia untuk mengembalikan senyuman anak-anak dengan bibir dan langit-langit sumbing lho. Makanya, yuk unduh aplikasi Lazada sekarang juga dan buru diskon Lazada Mega Days Ramadan 14-16 Mei 2019 nanti! Untuk informasi lebih lanjut tentang promo ini, klik di sini.

4. Tahan iman untuk nggak belanja berlebihan

Jangan Sampai THR Kamu Hilang Begitu Aja! Atur dengan 5 Cara Ini DehShutterstock/Chainarong06

Sesungguhnya setan-setan penggoda manusia sudah dirantai supaya kamu nggak lagi tergoda dengan keborosan duniawi. Berarti kalau kamu masih boros juga, memang pada dasarnya kamu boros. Makanya, perkuat benteng imanmu dan tahan godaan untuk belanja itu. Ingat, barang apa pun yang kamu mau, pasti akan didiskon pada akhirnya. Untuk apa kamu beli sekarang kalau bulan depan harganya sudah turun 20-50%. Rasa sesal nggak akan mengembalikan uang yang sudah kamu keluarkan, guys

5. Masukkan ke rekening terpisah

Jangan Sampai THR Kamu Hilang Begitu Aja! Atur dengan 5 Cara Ini DehShutterstock/szefei

Nggak semua orang punya kekuatan untuk melawan musuh terbesarnya: diri sendiri. Terkadang, kita harus berani menyelamatkan diri sendiri dari kelemahan kita untuk berlaku tegas soal finansial. Oleh karena itu, kamu bisa menciptakan kondisi di mana kamu nggak mampu untuk melawan diri sendiri, yaitu dengan membuka rekening terpisah yang nggak bisa kamu akses dengan mudah. Misalnya, dengan menitipkan kartu ATM-nya ke orangtuamu. Jangan hidupkan layanan mobile atau internet banking supaya kamu nggak bisa akses. Meski terkesan jahat, tapi 10 tahun lagi pasti kamu akan bersyukur sudah baca artikel ini. Berani coba?

Itu dia lima cara supaya THR kamu nggak cepat menguap entah ke mana. Kalau kamu nggak mau THR habis dalam satu minggu, yuk coba implementasikan lima cara di atas! Ingat, yang berat itu adalah nggak punya dana cadangan ketika diperlukan.

Topic:

  • Karsa Adiguna

JADWAL SALAT & IMSAK

22
MEI
2019
17 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 22 May 2019 21:00:04

Progress: 763.711 dari 813.350 TPS (93.89697%)

Just For You