Comscore Tracker

Ternyata Main Game Baik Untuk Kesehatan, Ini 7 Alasannya!

Kamu percaya gak?

Mama: “Kamu kok belum mandi sih?”
Emog: “Iya bentar ma. Aku lagi main game nih”
Mama: “Duh kamu kok main game terus sih? Kayak ada untungnya saja. Mendingan belajar!”
Emog: “........”

Mungkin sebagian dari kamu pernah nih mengalami situasi seperti ilustrasi di atas. Banyak orang hingga sekarang menganggap kalau main game itu adalah kegiatan yang gak ada gunanya. Selain buang-buang waktu, main game juga dinilai tidak baik untuk kesehatan karena biasanya para gamer menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk menyelesaikan game kesukaannya. Padahal nih gak selamanya lho main game itu berdampak negatif. Buktinya 7 alasan ini menjelaskan kenapa main game justru baik untuk kesehatan:

1. Beberapa jenis game terbukti ampuh “memaksa” pemainnya bergerak dan berolahraga

Ternyata Main Game Baik Untuk Kesehatan, Ini 7 Alasannya!just-dance.ubisoft.com

Salah satu perkembangan menarik dari dunia game adalah sekarang ada banyak permainan yang dirancang untuk mengajak pemainnya aktif bergerak. Artinya pemain tidak hanya duduk diam memandangi layar, tapi juga harus berinteraksi untuk memainkan game tersebut. Beberapa game yang IDNtimes maksud misalnya seperti Shape Up, Just Dance, atau Dance Central yang mengharuskan pemainnya bergerak untuk bisa menjadi pemenang. Jenis-jenis permainan seperti ini bisa membuat pemain bergerak sampai mengeluarkan keringat. Tanpa disadari lewat bermain game seseorang bisa membakar kalori yang berarti kegiatan ini berdampak baik bagi kesehatan.

2. Bermain game memperluas jaringan pertemanan sehingga membuat gamer lebih bahagia

Ternyata Main Game Baik Untuk Kesehatan, Ini 7 Alasannya!inet.detik.com

Ada banyak game yang sekarang di desain untuk dimainkan secara online. Kondisi ini memungkinan para pemainnya dapat berteman meski secara virtual. Dari pertemuan maya ini biasanya para gamer memiliki kesempatan memperluas jaringan pertemanan mereka. Bertambah luasnya jaringan tersebut tanpa disadari membuat seseorang lebih bahagia. Hal inilah yang menyebabkan bermain game baik untuk kesehatan mental pemainnya.

3. Tanpa disadari game membuat pemainnya jadi lebih pintar

Ternyata Main Game Baik Untuk Kesehatan, Ini 7 Alasannya!firstpost.com

Mungkin sebagian dari kamu merasa heran ketika membaca poin ini. Namun ini bukan sekadar omong kosong belakang lho. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Queen Mary University of London membuktikan kalau bermain game seperti “Starcraft” akan membuat otak lebih cerdas. Dalam penelitian yang telah dilakukan peneliti melibatkan 72 partisipan yang ditugaskan bermain game Starcraft dan The Sims selama 6-8 minggu. Setelah waktu yang ditentukan peneliti melakukan test psikologi. Dari hasil penelitian orang-orang memiliki kecepatan yang lebih tinggi dalam menjawab pertanyaan dari sebelumnya setelah rutin bermain game. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan kalau bermain game membuat seseorang lebih cerdas. 

4. Tahukah kamu kalau main game menghambat penuaan dini?

Ternyata Main Game Baik Untuk Kesehatan, Ini 7 Alasannya!theverge.com

Hal mengejutkan lainnya yang IDNtimes temukan dari keuntungan bermain game adalah kalau kegiatan ini menghambat penuaan dini. Bermain game secara rutin selama 2 jam per hari menurut Jason Allaire profesor di bidang psikologi terbukti memperlambat proses penuaan pada tubuh. Makanya itu gak heran kalau dilihat-lihat para gamer lebih awet muda dibanding mereka yang  tidak main game.Untuk itu mulai sekarang kamu gak perlu ragu nih rutin main game. Karena kalau dipelajari main game justru memberikan banyak pengaruh positif. Agar pengalaman main game makin asyik pilihlah gadget yang mendukung seperti Lenovo Ideapad 700. Laptop ini dilengkapi oleh layar HD beresolusi tinggi (1920x1080) dan surround speaker yang membuat aktivitas bermain game makin nyaman. Kamu bisa melihat kualitas gambar yang jernih dan suara mumpuni yang membuat aktivitas bermain game tak terlupakan. 

5. Bahkan main game juga ampuh mengurangi rasa sakit

Ternyata Main Game Baik Untuk Kesehatan, Ini 7 Alasannya!fordfoundation.org

Keuntungan lainnya yang juga didapat dari bermain game adalah aktivitas ini ampuh mengurangi rasa sakit. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh American Pain Society’s pada tahun 2010 main game dapat mengurangi rasa sakit yang dirasakan oleh orang yang sedang melakukan kemoterapi. Selain itu main game juga mengurangi rasa stres sehingga pemainnya merasa lebih bahagia.

6. Game mampu menyembuhkan pemainnya dari depresi

Ternyata Main Game Baik Untuk Kesehatan, Ini 7 Alasannya!recode.net

Seorang peneliti dari New Zealand pernah menulis sebuah novel yang bercerita bagaimana game bisa menyembuhkan penderita dari depresi. Dalam bukunya tersebut sang peneliti bercerita video game yang diberi nama SPARX berfungsi menyembuhkan depresi pada anak. Bahkan penggunaan game sebagai terapi ini lebih baik daripada terapi kepada konselor profesional. 

7. Main game juga ternyata baik untuk “kesehatan” kantongmu 

Ternyata Main Game Baik Untuk Kesehatan, Ini 7 Alasannya!wegotthiscovered.com

Sudah baca belum kisah gamer sukses yang meraup ratusan juta rupiah dari hobi main game? Ya berdasarkan hasil penelusuran IDNtimes, game sekarang ini bukan hanya masuk golongan kegiatan senang-senang tapi juga menghasilkan uang. Jika kamu menekuni sebuah game dan jadi profesional, ada banyak turnamen yang bisa diikuti. Nantinya dari turnamen itu kamu bisa mendapatkan uang. 

Tapi untuk menjadi seorang gamer handal ada banyak usaha yang harus dilakukan. Selain kedisplinan berlatih, kamu harus memiliki “senjata” canggih seperti Lenovo Ideapad 700 yang dirancang khusus untuk gamers pemula. Laptop ini memiliki RAM 8 GB yang bisa diekspansi hingga 32 GB. Dengan RAM sebesar ini pemakai bisa leluasa bermain game tanpa khawatir laptop menjadi lemot. Selain itu teknologi Nvidia GeForce GTX 950M dengan VGA 2G ini mendukung kebutuhan gamer akan tampilan grafis yang jernih. Jadi saat bermain game, kamu bisa melihat tiap detailnya dengan lebih baik. Dengan kelebihan’ yang dimiliki Lenovo Ideapad 700 ini usahamu menjadi gamer profesional bisa cepat tercapai.

Sekarang sudah tahu kan kenapa main game itu gak selalu bisa dipandang buruk? Menurut IDNtimes asalkan pintar mengatur waktu, main game juga bisa memberi pengaruh positif

Topic:

Just For You