Comscore Tracker

Jelang Akhir Tahun, 5 Lagu BTS Ini Paling Cocok untuk Intropeksi Diri

Liriknya punya makna yang bagus dan bisa memotivasi!

Detik-detik menjelang akhir tahun memang memiliki momen tersendiri bagi semua orang. Ada yang merasa puas karena bisa meraih resolusi dan semua hal-hal yang dia inginkan selama setahun penuh. Dan tak sedikit pula yang masih bersabar karena belum dapat meraih impiannya. Dan ada juga yang larut dalam penyesalan karena melakukan kesalahan.

Lima lagu BTS berikut punya lirik yang sangat bagus dan cocok untuk kamu jadikan teman sambil melakukan flashback selama setahun belakangan. Jika kamu sedang merasa sangat puas atas pencapaianmu selama setahun, maka salah satu lagu berikut akan mengingatkanmu bahwa tidak ada sesuatu yang abadi. Kamu harus bersiap untuk segala kemungkinan yang akan terjadi.

Dan sebaliknya, jika saat ini kamu merasa sangat down, maka salah satu lagu berikut akan mengajak dan memotivasimu untuk tidak segera menyerah dan tetap semangat dalam menjalani hari-harimu. Lagu apa saja? Yuk cek daftarnya dibawah ini dan silahkan diresapi makna dibalik lirik lagunya ya!

1. BTS - Young Forever

https://www.youtube.com/embed/HBj4y9Zibao

"Aku menerka-nerka apakah aku membuat kesalahan hari ini. Aku menerka-nerka bagaimana ekspresi para penggemar tadi. Namun aku tetap bahagia atas bagaimana jadinya diriku saat ini. Seseorang yang bisa membuat orang lain berteriak bahagia. Aku menggenggam perasaan yang masih tertinggal..."

Gak ada manusia sempurna yang nggak pernah melakukan kesalahan seumur hidupnya. Di lagu ini, BTS mengajak kita terutama yang masih muda untuk terus berlari mencapai mimpi-mimpi kita, meskipun kita harus jatuh dan terluka. Lagu ini juga mengingatkan kita bahwa tidak ada sesuatu yang akan bertahan selamanya.

Jika saat ini kita merasa sudah mendapatkan sesuatu yang sangat 'membuat nyaman dan bahagia', kita kembali diingatkan bahwa semuanya itu adalah sementara. Kita harus bersiap jika dikemudian hari segala sesuatunya berubah.

Nah, jika di tahun ini impian yang kita harapkan belum dapat tercapai, kita harus tetap berjuang untuk meraihnya. Tak peduli seberapa banyak rintangan dan luka yang harus kita hadapi.

2. BTS - Sea

https://www.youtube.com/embed/z4gSWMEz4Nc

"Where there is hope, there are trials..."

Petikan lirik ini sangat nyata dalam kehidupan kita, dimana kita memiliki suatu harapan, maka disitu jugalah akan selalu muncul berbagai cobaan atau ujian. Cobaan-cobaan itulah yang akhirnya bisa menguji keyakinan kita akan harapan tersebut. Sekaligus menguji kekuatan kita, apakah kita akan tetap mempertahankan harapan tersebut atau malah menyerah dengan cobaan tersebut.

Jika setahun ini kita merasa bahwa kegagalan sepertinya selalu menghampiri, maka lagu BTS yang satu ini mengajak kita untuk tidak segera menyerah. Meskipun kita tidak tahu apa yang akan terjadi besok, kita tetap tidak boleh menyerah.

Baca Juga: John Mayer Bakal Konser di Indonesia, Ini 7 Lagu Terbaiknya!

3. BTS - Love My Self

https://www.youtube.com/embed/o_SYttJm0SE

""Kau menunjukkan padaku bahwa aku punya alasan untuk mencintai diriku sendiri!"

Lagu BTS yang satu ini punya lirik yang bisa membuat kita semakin sadar betapa pentingnya menghargai dan mencintai diri kita sendiri. Lagunya juga mengajak kita untuk jujur kepada diri kita sendiri dan berhenti membandingkan diri kita dengan standar orang lain. Kita juga tidak perlu izin orang lain untuk mencintai diri kita sendiri.

Kita pasti pernah melakukan kesalahan dan melukai hati orang lain. Namun terkadang kita terlalu sibuk memikirkan perasaan orang lain, hingga lupa bahwa kita juga perlu menjaga hati dan perasaan kita. Hingga kadang kita hanya memendam sendiri luka yang kita rasakan.

Lagu ini mengajak kita untuk berdamai dengan semua hal itu, karena hal-hal seperti itulah yang pada akhirnya akan membuat kita semakin kuat. 

4. BTS - Wings

https://www.youtube.com/embed/M05xzy7T_kE

"Aku yakin pada diriku sendiri, punggung ku terluka karena sayap ku akan tumbuh. Aku percaya padamu, sekalipun segalanya terlihat lemah saat ini, tapi akhirnya akan luar biasa. Terbang hingga ke langit! Ini adalah jalan yang kau pilih, jadi jangan takut!"

Lagu ini sepertinya menceritakan bagaimana BTS pada masa-masa baru debut dan masih belum di kenal. Tetapi mereka selalu semangat dan pantang menyerah dan mereka selalu berusaha melakukan yangg terbaik untuk bisa mencapai cita-cita mereka.

Meskipun terbilang masih baru dalam dunia entertaiment mereka percaya bahwa bulu-bulu kecil tersebut akan terus tumbuh hingga suatu saat akan menjadi sayap yang akan membawa mereka terbang seperti burung.

Lagu ini juga turut mengajak kita untuk tidak mudah menyerah dan tetap berusaha meskipun saat ini kondisi kita masih terbilang sangat lemah dan sepertinya tidak mungkin untuk meraih impian yang kita idam-idamkan.

Kita tidak boleh menyerah dengan kemampuan kecil yang kita miliki, karena jika kita terus-menerus mengasah kemampuan kecil kita itu, maka suatu saat kemampuan tersebut bisa menjadi kekuatan terbesar kita. Hmm, lagu yang sangat memotivasi ya!

5. BTS - Tomorrow

https://www.youtube.com/embed/r0M108PTxZw

“Follow your dream like breaker. Even if it breaks down, don’t ever run backwards, never! Because the dawn right before the sun rises is the darkest.”

Lagu ini menceritakan seorang pemuda yang tidak tahu bagaimana cara untuk menemukan masa depannya. Melakukan hal yang dia rasa tidak ada gunanya secara terus menurus, dan hidup tanpa ada tujuan yang pasti, dia akhirnya merasakan keputus-asaan.

Apa yang harus dilakukan? Bagaimana aku akan melewati masa ini?" Harapan menjadi satu-satunya kemungkinan untuk bisa memberikan sedikit semangat dalam diri mereka agar bisa bangkit dari keterpurukan.

Melalui lagu ini, BTS mengajak kita untuk mengikuti mimpi kita. Bahkan jika mimpi kita itu hancur, kita tidak boleh mundur, kita harus tetap melangkah maju. Dan jika suatu saat mimpi itu sudah dapat kita raih, kita tidak boleh lupa bahwa kita pernah mengalami masa-masa sulit dan kita memulainya dari bawah. Masih panjang perjalanan yang harus kita jalani untuk bisa meraih semua yang kita impikan selama ini.

Itulah tadi 5 lagu BTS yang liriknya paling cocok untuk intropeksi diri sekaligus bisa memotivasi kita agar lebih semangat dalam menjalani kehidupan di tahun yang akan menjelang.

Baca Juga: Sangat Bersinar, Ini 8 Alasan 2018 adalah Tahunnya BTS

Leo Simatupang Photo Community Writer Leo Simatupang

ORA ET LABORA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You