Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Katakan pada Diri Sendiri setelah Putus

Galau boleh tapi jangan lama-lama-lama ya!

Putus cinta memang enggak enak dan enggak akan pernah jadi enak. Bahkan kalau kamu adalah orang yang pertama minta putus, namanya galau pasti ada meski sedikit.

Kebanyakan orang biasanya menghabiskan waktu untuk menangis di pojokan dan menggalau seharian. Padahal galau lama-lama juga enggak akan bikin kamu lebih baik kan?

Nah supaya kamu enggak makin galau, yuk katakan 5 hal ini pada diri sendiri!

1. Aku bukan masalah

5 Hal yang Harus Kamu Katakan pada Diri Sendiri setelah Putusunsplash.com/Roberto Delgado Webb

Salah satu kebiasaan buruk orang yang baru putus adalah mereka cenderung menyakiti dirinya sendiri dengan terus menuduh bahwa dirinyalah penyebab mengapa sebuah hubungan berakhir, bahwa dia melakukan banyak kesalahan, dan menyebabkan masalah yang membuat mantan menyerah dan memilih putus. 

Kalau kamu termasuk salah satu orang yang hobi menyiksa diri sendiri setelah putus, maka kamu harus berhenti melakukannya. Ada banyak alasan kenapa sebuah hubungan berakhir dan kamu bukanlah salah satunya.

Lagipula, hatimu sudah sakit, kenapa kamu harus membuat semuanya jadi terasa lebih parah dengan menanggap diri sendiri sebagai masalah? 

2. Sedih boleh, tapi jangan lama-lama

5 Hal yang Harus Kamu Katakan pada Diri Sendiri setelah Putusunsplash.com/Anthony Tran

Wajar kalau kamu merasa galau dan sedih setelah kehilangan seseorang. Tapi tidak berarti kamu harus menghabiskan waktu berhari-hari bahkan sampai sebulan untuk sedih dan mengurung diri di kamar. Tidak peduli sesedih apa pun kamu, hidup masih terus berjalan. Ada banyak hal yang harus kamu kerjakan.

Udah cukup dia bikin perasaan kamu berantakan, jangan sampai gara-gara dia hidupmu juga jadi ikut berantakan.

Baca Juga: Gak Usah Drama, Ingatlah 7 Hal Ini sebelum Latah Berkata 'Putus'

3. Cinta saja enggak cukup

5 Hal yang Harus Kamu Katakan pada Diri Sendiri setelah Putusunsplash.com/Tyler Nix

Banyak orang bilang, kalau memang cinta pasti akan bersama. Well, kenyataannya cinta aja enggak cukup untuk bikin hubungan tetap awet. Lewat hubungan yang gagal kamu bisa belajar bahwa selain cinta, ada banyak hal yang harus dimiliki untuk mempertahankan sebuah hubungan mulai dari kepercayaan sampai rasa setia.

4. Aku gak bisa sendirian

5 Hal yang Harus Kamu Katakan pada Diri Sendiri setelah Putusunsplash.com/Anderson W Rangel

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, orang yang baru putus terutama perempuan lebih suka menghabiskan waktunya sendirian. Pada dasarnya kita akan selalu membutuhkan waktu untuk sendirian, tapi kamu juga enggak boleh keterusan.

Salah satu cara terbaik untuk menghadapi galau setelah putus adalah dengan mencari kesibukan. Kamu bisa mengalihkan pikiran kamu kepada pekerjaan, tapi bisa juga dengan menghabiskan banyak waktu bersama keluarga atau teman-teman.

Berkumpul bersama mereka bukan hanya bikin kamu bahagia tapi juga bikin kamu sadar kalau masih banyak orang yang sayang banget sama kamu.

5. Aku enggak buang-buang waktu

5 Hal yang Harus Kamu Katakan pada Diri Sendiri setelah Putusunsplash.com/sept commercial

Selain menyalahkan diri sendiri, kebiasaan lain orang yang habis putus adalah dengan menyesali apa yang sudah terjadi. Kadang kita merasa menyesal memulai sebuah hubungan karena merasa akhirnya sangat mengecewakan. Padahal apa yang sudah terjadi enggak perlu disesali.

Oke, hubungan kamu memang berakhir buruk tapi justru dari hubungan yang gagal itulah kamu bisa belajar agar besok ketika kamu memulai dengan orang baru, hubungan kamu enggak akan gagal lagi.

 

Baca Juga: Tanpa Disadari, 5 Tanda Kamu Mengalami Mati Rasa Karena Patah Hati

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

Find me on 📷 : instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya