Comscore Tracker

Hati-hati, Ini 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Usia 20 Tahun

Jangan sampai kamu melakukan kesalahan yang sama ya

Tidak ada manusia yang sempurna, semua orang tahu itu. Setiap orang, termasuk kamu pasti pernah melakukan kesalahan. Entah kesalahan yang dilakukan dengan sengaja atau tidak sengaja. Biasanya semakin dewasa kita, maka akan semakin besar kesalahan kita dan semakin besar juga masalah yang kita ciptakan.

Biasanya masalah serius muncul di usia 20 tahun karena kita dituntut untuk melakukan hampir semua hal sendiri dan mulai berhenti untuk tergantung pada orang lain terutama orangtua. Karena itu, tidak heran jika kita sering melakukan banyak kesalahan, termasuk 5 kesalahan di bawah ini!

1. Memaksakan diri untuk bisa mendapatkan segalanya

Hati-hati, Ini 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Usia 20 Tahununsplash.com/Tim Guow

Orang-orang yang berusia 20 tahun mendapatkan banyak tekanan dalam hidupnya. Mereka bukan hanya dituntut untuk hidup mandiri tapi juga dituntut untuk lulus dengan nilai memuaskan dari kuliah, menemukan tujuan hidup, pekerjaan yang mapan hingga pasangan hidup secepatnya.

Dan banyak dari mereka berusaha mendapatkan semuanya dalam waktu singkat hingga akhirnya membuat mereka tertekan. Padahal kamu tidak harus berusaha mendapatkan semuanya, ingat kamu masih muda.

Hidupmu masih panjang dan ada banyak hari tersisa untuk mendapatkan semuanya selama kamu mau bekerja keras.

2. Memegang prinsip, "hidup untuk bekerja dan bukan bekerja untuk hidup"

Hati-hati, Ini 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Usia 20 Tahununsplash.com/Ethan Sykes

Pekerjaan menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki oleh orang-orang berusia 20 tahun. Bahkan jika kamu terlahir dari keluarga kaya, kamu tetap harus melakukan sesuatu agar tidak tergantung dengan keluargamu.

Tapi di sisi lain kamu juga harus bisa membagi waktumu. Bekerja keras itu penting terutama saat masih muda tapi pastikan kamu memiliki waktu untuk bersenang-senang.

Baca Juga: 6 Alasan Mengeluh Bukan Pilihan Bijak di Usia 20an

3. Rajin mengkritik tapi tidak pernah mencoba memperbaiki

Hati-hati, Ini 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Usia 20 Tahununsplash.com/Elijah M. Henderson

Dunia memang tidak sempurna. Ada banyak hal buruk dan menyedihkan terjadi setiap hari. Sayangnya kebanyakan dari kita hanya rajin mengkritik tanpa pernah mencoba memperbaikinya. Kamu memang tidak bisa memperbaiki semuanya tapi paling tidak kamu bisa memberikan sedikit waktumu untuk membuat keadaan jadi lebih mudah bagi orang sekitarmu. 

4. Berpikir bahwa cinta adalah segalanya

Hati-hati, Ini 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Usia 20 Tahununsplash.com/Courtney Clayton

Jatuh cinta diusia 20 tahun adalah hal yang wajar tapi kamu juga perlu belajar bahwa cinta bukanlah segalanya. Jatuh cinta memang bisa membuat bahagia tapi kamu tidak bisa hidup layak selamanya hanya dengan mengandalkan cinta.

Ada banyak hal penting yang bisa kamu kejar, kamu bahkan memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan hidup yang lebih baik. Untuk itu pastikan kamu tidak mengorbankan semua kesempatan yang kamu punya dan menukarnya dengan cinta, ya!

5. Menyalahkan orangtua tanpa berpikir bahwa mereka juga manusia

Hati-hati, Ini 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Usia 20 Tahununsplash.com/Toa Heftiba

Sudah menjadi bawaan orang tua untuk memastikan yang terbaik untuk anaknya. Bahkan banyak orang tua yang tidak bisa menerima kenyataan bahwa anak mereka sudah dewasa. Karena itu jangan heran jika orang tuamu terus mencoba membantu dan memberikan nasihat mereka untukmu. 

Kamu memang sudah dewasa, dan ada banyak masalah yang harus kamu selesaikan sendiri.

Tapi bukan berarti kamu juga tidak mendengarkan saran orang tuamu. Tidak ada salahnya untuk mendengar saran orang tua. Bahkan jika saran yang diterima "kurang tepat" tidak berarti kamu harus menyalahkan mereka. Orang tua memang ingin yang terbaik tapi mereka juga manusia yang bisa melakukan kesalahan. 

Baca Juga: Tanpa Kamu Sadari, 8 Hal Ini Dapat Merusak Hidupmu di Usia 25 Tahun

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya