Comscore Tracker

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Dapatkan dari Seekor Penyu

Enggak ada salahnya belajar dari penyu

Lamban dan nyaris punah, kira-kira itulah dua kata yang paling menggambarkan Penyu. Dibandingkan dengan hewan lain, penyu atau yang juga biasa disebut dengan kura-kura laut adalah hewan yang cukup lamban.  Ditambah lagi dengan ukurannya yang kecil, membuat hewan ini jadi tampak lemah bahkan jadi sasaran banyak makhluk termasuk manusia.

Bukan sekali atau dua kali kita mendengar banyak kasus penyelundupan penyu untuk dijual secara ilegal. Penyu diburu untuk diambil tenpurungnya atau dicuri telurnya karena mengandung protein yang tinggi. Meski penyu memang lemah, tetapi tidak berarti tidak ada hal yang bisa kamu pelajari dari mereka lho!

1. Berani keluar dari zona nyaman

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Dapatkan dari Seekor Penyuunsplash.com/Gabrielle Cepella

Induk penyu mengubur telurnya di dalam pasir dan kembali ke lautan. Ketika telur menetas, anak-anak penyu berukuran kecil, lemah dan sendirian. Tapi itu tidak membuat mereka takut untuk keluar dari zona nyaman. Setelah menetas, anak-anak penyu akan berlari ke laut.

Ukuran lautan yang terlalu besar untuk diri mereka, ditambah dengan predator yang siap memangsa, nyatanya tidak membuat mereka gentar masuk ke lautan karena mereka tahu di sanalah mereka akan tumbuh besar. Dalam hidup, tidak jarang kita mengalami banyak masalah besar yang sulit untuk diselesaikan.

Jangankan menyelesaikan masalahnya, kita bahkan juga tidak tahu bagaimana harus memulainya. Tapi masalah besar tidak seharusnya membuat kamu sembunyi. Sama seperti anak penyu yang berani berlari ke laut, kamu pun harus berani menghadapi masalahmu karena dari sanalah kamu akan tumbuh jadi lebih baik.

2. Luangkan waktu untuk istirahat

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Dapatkan dari Seekor Penyuunsplash.com/Jakob Owens

Meski hidup di lautan, tidak jarang para penyu juga datang ke pantai. Bukan hanya untuk bertelur, setelah berenang melintasi samudra para penyu ini juga menyempatkan diri untuk istirahat sebelum kembali ke lautan dan melanjutkan perjalanan.

Nah kamu juga harus seperti penyu. Oke, kamu memang punya impian yang harus dikejar. Tapi tidak berarti kamu harus bekerja terus-menerus. Sesekali tidak ada salahnya untuk berhenti dan beristirahat. Lagipula, kasihan tubuhmu jika setiap hari harus disibukkan dengan banyak pekerjaan.

3. Jangan terburu-buru dalam melakukan apa pun

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Dapatkan dari Seekor Penyuunsplash.com/Wexor Tmg

Penyu memang lamban, tapi paling tidak mereka tahu apa yang harus dilakukan. Seekor penyu memang lamban, tapi mereka juga tidak pernah terlambat sampai di pantai untuk bertelur.

Memang sangat baik untuk selalu menghargai dan memanfaatkan waktu yang kamu punya. Sayangnya, terlalu terburu-buru dalam melakukan apa pun juga bukan sikap yang baik. Tanpa disadari, terlalu cepat juga sering membuat kita jadi kurang teliti.

Alhasil, bukannya sampai dengan cepat yang ada kamu justru melakukan banyak kesalahan yang menghambat kamu dalam menyelesaikan pekerjaan.

Baca Juga: Populasi Penyu Hijau di Pantai Sukabumi Menipis, Apa Upaya Pemerintah?

4. Jangan pernah kehilangan harapan

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Dapatkan dari Seekor Penyuunsplash.com/Mitch Lensink

Menyembunyikan telur di dalam pasir tidak lantas membuat anak-anak penyu selamat, induk penyu tahu itu. Mereka mungkin tahu setelah kembali ke laut, akan ada manusia yang tega mencuri telurnya atau mungkin akan ada predator yang memangsa anaknya tepat setelah mereka lahir.

Tapi apa yang terjadi? Mereka kembali bukan? Setiap tahunnya, para penyu yang siap bertelur mendarat di pantai dan menguburkan telurnya. Mereka tahu hidup anaknya tidak akan mudah tapi toh itu tidak membuat mereka berhenti berharap bahwa anaknya akan selamat dan hidup hingga tua.

5. Teman itu penting agar kamu tidak kesepian

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Dapatkan dari Seekor Penyuunsplash.com/Magdalena Kula Manchee

Penyu sering menghabiskan waktunya untuk berenang sendirian, tapi mereka bukan penyendiri. Tidak jarang para penyu hidup dalam kelompok yang besar dan mengarungi lautan bersama-sama.

Sama seperti penyu yang bisa berenang sendirian, kamu mungkin juga bisa melakukan banyak hal tanpa bantuan tapi tetap saja kamu membutuhkan seorang teman. Mungkin teman-teman kamu, tidak selalu bisa menawarkan bantuan tapi paling tidak kehadiran mereka tidak akan pernah membuat kamu merasa kesepian.

Baca Juga: 2 Penyu Mati Mengenaskan di Pantai Samas dalam Satu Pekan

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You