Comscore Tracker

5 Tantangan Hidup Ini Bikin Kamu Jadi Lebih Baik, Semangat Ya!

Selalu ada hikmah dari setiap kejadian

Tantangan menjadi salah satu hal yang dihindari banyak orang karena yang namanya tantangan biasanya tidak ada yang mudah. Alhasil jika tidak terpaksa, jarang sekali ada orang yang mau menerima sebuah tantangan.

Well meski tantangan yang muncul kadang bikin susah, nyatanya tidak semua tantangan memberikan hasil yang buruk seperti contoh di bawah ini. Meski enggak mudah, tapi jika kamu bisa menaklukkannya, justru akan membawamu jadi pribadi yang lebih baik!

1. Menaklukkan emosi

5 Tantangan Hidup Ini Bikin Kamu Jadi Lebih Baik, Semangat Ya!unsplash.com/Icons8 team

Kamu pasti pernah merasa emosi entah karena keadaan atau juga emosi yang disebabkan oleh seseorang. Tapi semengecewakan apa pun sebuah keadaan, semua kembali pada dirimu bukan? Apakah kamu akan membiarkan emosi menguasaimu atau justru memilih untuk tetap bersikap tenang?

Mengendalikan emosi memang bukan pekerjaan mudah. Tapi percaya deh, ketika kamu berhasil mengalahkan emosi itu artinya kamu sudah berubah jadi orang yang lebih kuat. Kenapa?

Karena pada dasarnya orang paling kuat bukanlah mereka yang menang melawan orang lain, bukan mereka yang bisa mengendalikan banyak orang untuk tunduk, melainkan mereka yang bisa melawan dan mengendalikan diri sendiri dalam keadaan apa pun termasuk saat sedang emosi.

2. Menghadapi perubahan

5 Tantangan Hidup Ini Bikin Kamu Jadi Lebih Baik, Semangat Ya!unsplash.com/Bryan Minear

Apakah kamu menyukai perubahan? Hampir semua orang mungkin akan menjawab tidak. Salah satu alasannya karena perubahan membawa kita ke situasi yang asing dan tidak kita mengerti. Ketika sesuatu berubah, kamu akan ditantang untuk keluar dari zona nyaman.

Kamu terpaksa masuk ke lingkungan baru, beradaptasi dengan teman-teman baru, dan mempelajari hal baru yang tidak kamu mengerti sebelumnya. Tapi di situlah tantangannya. Jika kamu berhasil menaklukkannya, kamu bukan hanya akan mendapatkan semakin banyak teman, tapi juga ilmu dan pengalaman baru yang akan membuat hidupmu jadi jauh lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga: 5 Falsafah Hidup Orang Toraja Ini Bisa Kamu Tiru 

3. Tetap berpikir positif

5 Tantangan Hidup Ini Bikin Kamu Jadi Lebih Baik, Semangat Ya!unsplash.com/Simeon Jacobson

Setiap orang pasti memiliki impian mengenai apa yang ingin dia lakukan  besok atau puluhan tahun ke depan. Tapi yang namanya manusia, hanya bisa berusaha karena Tuhan-lah yang menentukannya. Kadang sekuat apa pun usaha kita, ada saja impian yang gagal untuk diubah jadi kenyataan. Menyebalkan? Tentu saja sangat menyebalkan.

Namun di saat seperti inilah kita ditantang untuk selalu berpikir positif. Biasanya orang bisa berpikir positif hanya di saat senang. Tapi ketika susah, pikiran akan selalu tertuju pada hal-hal negatif. Jadi mulai sekarang, kapan pun kamu merasa susah, cobalah untuk berpikir baik.

4. Kegagalan

5 Tantangan Hidup Ini Bikin Kamu Jadi Lebih Baik, Semangat Ya!unsplash.com/Christian Erfurt

Gagal akan selalu menjadi salah satu tantangan besar yang kamu temui dalam hidup. Siapa pun pernah gagal, yang berbeda adalah bagaimana kamu menanganinya. Bangkit setelah gagal memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan apalagi jika kamu sudah gagal berkali-kali.

Tapi coba pikir! jika kamu mencoba, gagal, lalu menyerah maka selamanya kamu akan selalu jadi orang yang gagal. Sebaliknya, jika kamu mencoba sesuatu, gagal, lalu bangkit lagi, tanpa disadari kamu sudah menciptakan satu kesempatan baru untuk berhasil.

5. Sebuah kehilangan

5 Tantangan Hidup Ini Bikin Kamu Jadi Lebih Baik, Semangat Ya!unsplash.com/Kat J

Kita tidak pernah sendirian. Selalu ada orang tua, saudara, keluarga, teman, atau bahkan orang asing yang tiba-tiba muncul dan menemani kita. Dan ketika akhirnya mereka pergi, tentu akan jadi saat yang menyakitkan.

Namun di saat yang sama, kehilangan juga memaksa kamu untuk belajar mengenai mana yang penting dan mana yang tidak. Kehilangan juga akan memaksa kamu belajar caranya menghargai orang lain.

Hidup memang penuh tantangan. Namun, di situlah letak seninya hidup. Jika kamu bisa melewatinya, maka kamu pun akan menjadi manusia yang lebih bijak.

Baca Juga: 4 Tantangan yang Halangi Perempuan Saat Mengejar Mimpi, Ayo Taklukkan!

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You