Comscore Tracker

6 Cara Sederhana yang Ampuh Atasi Bad Day, Dijamin Bahagia Lagi!

Bye-bye bad day!

Bangun kesiangan, kejebak macet berjam-jam, begitu sampai kantor disambut oleh omelan atasan, dan setumpuk pekerjaan yang hanya bisa diselesaikan dengan lembur semalaman. Semua orang pasti pernah mengalami hari buruk atau bad day semacam ini. Bukan cuma sekali dua kali, melainkan ratusan kali.

Kebanyakan orang biasanya menghadapi bad day dengan cara melampiaskan rasa kesalnya pada orang lain. Padahal, marah sepanjang waktu juga enggak akan bisa mengubah apa pun. Dilansir dari thoughtcatalog.com, daripada ngomel-ngomel gak jelas, yuk taklukkan hari buruk kamu dengan enam cara sederhana atasi bad day di bawah ini!

1. Ngobrol sama orangtua

6 Cara Sederhana yang Ampuh Atasi Bad Day, Dijamin Bahagia Lagi!unsplash.com/Joe Hepburn

Banyak orang berpikir kalau jadi dewasa berarti harus bisa mengatasi segalanya sendiri. Padahal orang dewasa juga manusia. Ketika kamu mengalami hari yang terlalu berat, enggak ada salahnya untuk berbagi hari yang kamu lewati dengan orangtua di rumah.

Enggak peduli seberapa berat harimu, orangtua akan selalu punya cara untuk menenangkan kamu. Jangankan mendengarkan curhatan kamu selama 24 jam, mereka bahkan enggak akan segan mengulurkan tangan untuk membantumu.

2. Jalan-jalan keluar selama beberapa menit 

6 Cara Sederhana yang Ampuh Atasi Bad Day, Dijamin Bahagia Lagi!unsplash.com/Cafer Mert Ceyhan

Kebanyakan dari kita menghabiskan hampir dua belas jam setiap harinya terperangkap di dalam ruangan tertutup. Ditambah setumpuk pekerjaan, dan masalah yang muncul, siapa pun pasti akan merasa sangat lelah. Setelah seharian bekerja, jalan-jalan keluar dan menghirup udara segar bisa jadi salah satu cara untuk me-refresh tubuh dan pikiranmu.

Jalan-jalan ke taman kota mungkin gak bisa membuat masalah kamu hilang dalam sekejap, tapi setidaknya pemandangan indah dan udara yang sejuk bisa membantu kamu berpikir lebih baik.

3. Mengonsumsi makanan enak

6 Cara Sederhana yang Ampuh Atasi Bad Day, Dijamin Bahagia Lagi!unsplash.com/Dmitry Dreyer

Saat sedang punya banyak masalah, kita jadi jarang memikirkan urusan perut. Siapa peduli perut lapar, kalau di depan kita ada setumpuk pekerjaan yang harus segera diselesaikan? Kenyataannya, bekerja dengan perut keroncongan hanya akan membuat pekerjaanmu terasa lebih sulit.

Jadi, daripada memaksakan diri untuk bekerja, ada baiknya kalau kamu makan dulu. Percaya deh, dengan perut yang penuh, bukan cuma pekerjaan yang jadi lebih lancar tapi mood kamu yang berantakan juga pasti akan ikut membaik.

Baca Juga: 5 Alasan Medis Kamu Selalu Merasa Bad Mood, Tidak Boleh Dibiarkan!

4. Menulis di buku harian 

6 Cara Sederhana yang Ampuh Atasi Bad Day, Dijamin Bahagia Lagi!unsplash.com/Hannah Olinger

Ketika masih kecil, buku harian menjadi salah satu tempat curhat andalan. Kapan pun merasa kesal, kita akan menumpahkan semua unek-unek di buku keramat tersebut. Setelah dewasa, kebiasaan menulis buku harian mulai ditinggalkan, karena menganggap hobi yang satu itu hanya untuk anak-anak.

Well, bukan cuma anak-anak yang punya unek-unek untuk dikeluarkan, orang dewasa juga memilikinya. Malah semakin bertambah usia kita, masalah yang kita hadapi juga jadi lebih besar. Daripada dipendam sendiri, akan lebih baik kalau kamu menuliskannya di buku harian. Dijamin, perasaan kamu pasti akan terasa lebih lega setelahnya!

5. Membaca sebuah buku

6 Cara Sederhana yang Ampuh Atasi Bad Day, Dijamin Bahagia Lagi!unsplash.com/Matias North

Saat sedang punya masalah, kadang sulit bagi kita untuk berhenti memikirkannya. Tapi bagaimana pun, kamu ini manusia, bukannya robot. Bahkan robot pun akan langsung meledak jika dipaksa terus bekerja selama 24 jam. Nah karena kamu manusia, kamu juga butuh istirahat.

Bukan hanya badan, tapi pikiran kamu juga butuh istirahat. Ada beberapa cara untuk membuat kepala kamu rileks, salah satunya adalah dengan membaca buku. Kisah dalam buku akan membuatmu terhanyut dalam ceritanya, dan membuat kamu lupa segalanya termasuk masalah yang sedang kamu hadapi.

6. Cari sesuatu yang lucu dan bisa membuat kamu tertawa 

6 Cara Sederhana yang Ampuh Atasi Bad Day, Dijamin Bahagia Lagi!unsplash.com/Gabrielle Henderson

Tawa merupakan salah satu cara paling ampuh untuk mengurangi stress. Ini karena saat kita tertawa, tubuh melepaskan hormon kebahagiaan yang disebut endorfin. Nah si hormon endorfin inilah yang nantinya akan memerangi stres dan membuat mood kamu jadi lebih baik.

Tentu aja kamu enggak bisa tertawa tiba-tiba tanpa alasan yang jelas, bisa-bisa orang sekitar kamu ketakutan. Sebagai gantinya, coba deh cari video lucu di YouTube, membaca tweet-tweet kocak, atau nonton film komedi di Netflix. Gimana, ide bagus kan?

Yang namanya hidup, gak akan selalu berjalan baik. Biar adil, Tuhan juga menguji kita dengan ribuan hari buruk yang bisa muncul kapan aja. Misi utama kamu adalah mengalahkan hari-hari itu, bukan malah nyerah lalu marah-marah. Oke?

Baca Juga: Biar Gak Menyesal, Ini 5 Hal yang Harus Dihindari Saat Bad Mood

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya