Comscore Tracker

Coba Dicek, Ini 5 Ciri Kamu Adalah Orang yang Tidak Percaya Diri

Semoga kamu bukan salah satunya ya!

Banyak orang beranggapan, untuk sukses seseorang harus kaya dan berpendidikan tinggi. Anggapan itu bisa benar tapi bisa juga tidak. Karena toh pada kenyataannya banyak orang yang berasal dari latar belakang keluarga dan lingkungan yang biasa justru berhasil sukses.

Lagipula untuk bisa sukses, pendidikan dan kaya saja tidak cukup. Selain dua hal tersebut kamu juga harus memiliki mental dan sifat yang dimiliki oleh orang sukses, dan rasa percaya diri yang tinggi adalah salah satunya. Sayangnya meski saat ini banyak orang yang percaya diri tapi ada lebih banyak lagi orang yang tidak memiliki rasa percaya diri tinggi alias minder.

Sedihnya, mereka bahkan tidak menyadari kalau sebenarnya mereka tidak percaya diri. Dan berikut ini lima ciri orang yang tidak percaya diri, kamu salah satunya?

1. Saat bicara, kamu tidak berani menatap lawan bicara

Coba Dicek, Ini 5 Ciri Kamu Adalah Orang yang Tidak Percaya Diriunsplash.com/Andrea Tummons

Banyak orang bilang, mata adalah jendela menuju jiwa. Dari tatapan mata seseorang, kita bisa dengan mudah menebak perasaannya. Kalau kamu memang percaya diri, kamu enggak akan pernah merasa perlu untuk menyembunyikan perasaan kamu. Mau itu sedih, marah, senang, atau kecewa sekalipun semua kamu tunjukkan kepada lawan bicara kamu.

Beda kisah kalau kamu adalah orang yang enggak percaya diri. Di saat orang lain merasa dihargai, kamu justru akan merasa terintimidasi dengan tatapan orang. Ketika bicara, kamu juga lebih suka memandang ke arah lain daripada memandang lawan bicara. Bukan karena kamu tidak menghargai mereka, tapi karena kamu takut orang akan melihat kelemahan yang kamu miliki dari matamu.

2. Kamu sangat anti dengan kritikan

Coba Dicek, Ini 5 Ciri Kamu Adalah Orang yang Tidak Percaya Diriunsplash.com/Arif Riyanto

Setiap orang tidak sempurna termasuk saat mereka bekerja atau beraktivitas. Bahkan meski kamu sudah menekuni sebuah bidang selama bertahun-tahun, kamu akan selalu melakukan sebuah kesalahan dan mengundang kritik dari orang sekitarmu.

Kalau kamu masih marah bahkan langsung down hanya karena seseorang mengkritik kamu, itu artinya ada yang salah dengar kadar kepercayaan diri yang kamu miliki. Karena percaya atau tidak, hanya orang yang punya kadar percaya diri cukuplah yang bisa menghadapi kritik dengan baik. 

Baca Juga: 5 Mitos tentang Percaya Diri yang Sering Bikin Orang Salah Duga

3. Tanpa sadar, kamu sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Coba Dicek, Ini 5 Ciri Kamu Adalah Orang yang Tidak Percaya Diriunsplash.com/Taylor Smith

Seseorang yang percaya diri enggak akan pernah punya waktu untuk memperhatikan apalagi sampai membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Kenapa? Karena mereka sadar bahwa setiap orang punya kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Bahkan jika orang itu terlihat sempurna, hal itu tidak lantas membuatnya iri. Jadi coba pikir lagi, kalau akhir-akhir ini kamu sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain atau bahkan membayangkan rasanya hidup jadi orang lain, maka sudah pasti kamu tidak memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

4. Kamu cepat menyerah, bahkan untuk impianmu sendiri

Coba Dicek, Ini 5 Ciri Kamu Adalah Orang yang Tidak Percaya Diriunsplash.com/David Marcu

Salah satu ciri utama orang yang tidak percaya diri adalah mereka cenderung bersikap pesimis pada apa pun yang dia lakukan. Ibarat sedang perang, mereka sudah menyerah duluan bahkan sebelum perangnya di mulai. Mereka takut salah, mereka takut menghadapi masalah, mereka tidak bisa menerima kegagalan, dan yang paling parah adalah dia tidak percaya dengan kemampuannya sendiri. 

5. Kamu takut untuk mengeluarkan pendapat

Coba Dicek, Ini 5 Ciri Kamu Adalah Orang yang Tidak Percaya Diriunsplash.com/Eliott Reyna

Seperti kerbau yang dicocok hidungnya. Kira-kira itulah peribahasa yang paling tepat untuk menggambarkan keadaan orang yang tidak percaya diri ketika mereka berada dalam sebuah percakapan.

Daripada menyatakan pendapat sendiri, kamu lebih sering manut pada apa pun yang orang katakan meski sebenarnya kamu sendiri tidak setuju dengan apa yang mereka katakan.

Kamu begini, bukan karena kamu tidak punya pendapat atau pemikiran sendiri, tapi karena kamu takut menyampaikan pendapatmu. Kamu takut orang akan menolak apa yang kamu katakan dan kemudian menertawakannya di belakang.

Baca Juga: Wajib Dihindari, 5 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Jadi Kurang Percaya Diri

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya