Comscore Tracker

Bikin Rugi, 5 Kebiasaan Ini Harus Kamu Buang  Sebelum Usia 30 Tahun

Demi kebaikan dirimu sendiri kok!

Semua hal di dunia ini berubah, kamu pasti setuju kan? Kita juga berubah, walaupun kita tidak pernah benar-benar menyadarinya. Bukan hanya soal fisik dan penampilan, tapi juga perilaku dan berbagai kebiasaan kita sedikit demi sedikit akan berubah seiring dengan berjalannya waktu.

Dengan bertambahnya usia, orang sekitar menuntut untuk mengubah sikap dan perilaku agar lebih sesuai dengan umur. Bukan hanya karena tuntutan, seiring bertambahnya usia kamu juga harus rela membuang beberapa kebiasaan buruk yang kamu miliki dan menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik.

Jadi apa saja kebiasaan yang harus diubah?

1. Membuang-buang uang

Bikin Rugi, 5 Kebiasaan Ini Harus Kamu Buang  Sebelum Usia 30 Tahununsplash.com/Harry Cunningham

Uang memang bisa membuat siapa pun gelap mata. Alhasil saat hari gajian tiba, tidak jarang kita membuang-buang uang untuk hal-hal yang tidak penting. Bukannya tidak boleh memanjakan diri, tapi kamu juga harus bisa membatasi kebiasaan tersebut dan menyimpan uangmu baik-baik.

Ingat kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi, bagaimana kalau besok sesuatu yang buruk terjadi padamu dan kamu tidak punya uang?

2. Tidak mau berkenalan dengan orang baru

Bikin Rugi, 5 Kebiasaan Ini Harus Kamu Buang  Sebelum Usia 30 Tahununsplash.com/Brooke Cagle

Punya sahabat yang sudah kenal kita luar dalam memang jadi anugerah yang harus disyukuri. Tapi bukan berarti kamu jadi malas untuk berkenalan dengan orang baru. Mereka mungkin tidak seperti sahabat-sahabatmu itu, tapi ketika kamu membutuhkan bantuan yang tidak bisa diberikan orang terdekat, kamu bisa bertanya pada mereka.

Percaya deh, memiliki banyak kenalan itu menguntungkan karena itu artinya kamu memiliki banyak tangan yang bisa menarikmu dari kesulitan.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Ternyata Membuatmu Lebih Populer daripada Orang Lain

3. Mengupload sesuatu yang tidak pantas di media sosial

Bikin Rugi, 5 Kebiasaan Ini Harus Kamu Buang  Sebelum Usia 30 Tahununsplash.com/Pritomsreeta Borah

Bertambahnya usia membuat kita harus bersikap bijak dalam hal apa pun, termasuk saat main di media sosial. Ini karena media sosial secara tidak langsung mempresentasikan siapa kita sebenarnya. Alasan lain adalah, ketika kamu melamar kerja bukan tidak mungkin pihak HRD akan mengecek media sosialmu.

Bayangkan, seperti apa reaksi mereka jika mendapati instagram kamu dipenuhi dengan hal yang tidak pantas dengan caption kata-kata kasar?

4. Bertindak tanpa berpikir

Bikin Rugi, 5 Kebiasaan Ini Harus Kamu Buang  Sebelum Usia 30 Tahununsplash.com/Patrick Gillespie

Tanggung jawab menjadi bagian dari sikap dewasa. Kamu bukan hanya harus bertanggung jawab untuk pekerjaan dan keluarga, tapi juga semua tindakan kamu. Jadi, pastikan kamu memikirkan semuanya sebelum bertindak.

Jika kamu melakukan hal baik, feedback-nya juga pasti baik. Tapi kalau kamu melakukan hal buruk, siap-siap saja untuk menghadapi masalah yang tidak kalah buruk dan kamu harus bertanggung jawab untuk itu sampai masalahnya selesai.

5. Asal dalam memilih teman

Bikin Rugi, 5 Kebiasaan Ini Harus Kamu Buang  Sebelum Usia 30 Tahununsplash.com/Brooke Cagle

Kamu memang tidak boleh menutup diri untuk berkenalan dengan orang baru. Tapi kamu juga harus pintar-pintar dalam memilih teman. Memang tidak semua orang jahat, tapi tidak semuanya baik dan asyik diajak untuk berteman.

Yang bahaya adalah, banyak orang hanya pura-pura jadi teman ketika senang dan berubah jadi orang asing ketika kamu susah. Kalau kamu tidak ingin memiliki teman seperti itu, ya kamu harus ekstra hati-hati. Jangan gampang percaya, apalagi asal dalam memilih teman.

Jadi orang dewasa memang tidak gampang, apalagi kalau kamu sudah mau masuk ke usia kepala tiga. Tapi kalau kamu membuang lima kebiasaan ini, kamu pasti  bisa baik-baik saja.

Baca Juga: 6 Kebiasaan yang Sebaiknya Dilakukan sebelum Pulang Kantor

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya