Comscore Tracker

Jangan Gegabah! Ini 7 Keputusan yang Akan Kamu Sesali dalam 10 Tahun

Jangan sampai kamu menyesal ya!

Muda dan bisa melakukan apa saja. Ada banyak alasan kenapa jadi anak muda itu menyenangkan, salah satu alasannya karena tidak ada lagi aturan yang mengikat kita. Saking bebas aturannya tidak jarang kita jadi bersikap seenaknya dalam melakukan apa pun termasuk dalam mengambil sebuah keputusan.

Bukan rahasia lagi jika kebanyakan anak muda mengambil keputusan hanya didasari oleh emosi atau hanya menguntungkan diri sendiri tanpa pernah mempertimbangkan apa yang akan terjadi besok. Alhasil, tidak sedikit keputusan yang kita ambil berubah menjadi penyesalan besar bertahun-tahun kemudian, termasuk tujuh keputusan di bawah ini.

1. Mulai merokok

Jangan Gegabah! Ini 7 Keputusan yang Akan Kamu Sesali dalam 10 Tahununsplash.com/Mark Koellmann

Semua orang termasuk kamu pasti tahu merokok itu tidak baik bagi kesehatan bahkan bisa menyebabkan berbagai penyakit mematikan. Sayangnya meski kita tahu rokok itu berbahaya, toh kita tetap saja kesulitan untuk berhenti dari kebiasaan buruk satu ini. Alasannya karena jauh di dalam hati kamu tidak percaya bahwa rokok yang kamu hisap bisa berubah jadi racun yang menggerogoti hidupmu. Buktinya sudah bertahun-tahun kamu merokok, tapi kamu masih saja sehat tanpa kekurangan apa pun.

Padahal, efek rokok tidak sama dengan efek saat makan cabai yang langsung terasa pedas hanya dengan sekali gigit. Kamu tidak akan merasakan efek rokok sekarang karena kamu masih muda. Tapi kamu tidak akan muda selamanya.

Kamu akan tua, dan tubuhmu tidak akan sehebat saat muda. Saat usia bertambah, daya tahan tubuhmu justru berkurang dan membuat tubuh jadi rentan terkena penyakit termasuk aneka penyakit yang dulu kamu sepelekan.

2. Tato

Jangan Gegabah! Ini 7 Keputusan yang Akan Kamu Sesali dalam 10 Tahununsplash.com/Rawpixel

Banyak anak muda yang memutuskan untuk mentato tubuhnya hanya agar terlihat keren dimata orang lain. Tapi kulitmu tidak akan kencang selamanya. Akan ada waktu di mana kulit kamu berubah keriput dan membuat tato yang kamu miliki jadi tidak berarti lagi.

Sayangnya, kamu tidak bisa menghapus tato semudah seperti saat membuatnya. Karena kebanyakan tato dibuat permanen dan baru bisa dihapus dengan proses yang panjang dan menyakitkan.

3. Melupakan teman

Jangan Gegabah! Ini 7 Keputusan yang Akan Kamu Sesali dalam 10 Tahununsplash.com/Crystal Shaw

Hanya karena kamu sudah punya pacar, bukan berarti kamu bisa melupakan semua teman-temanmu. Kebanyakan orang menempatkan pacar sebagai prioritas dan menganggap mereka adalah segalanya. Padahal tidak ada jaminan kamu akan bersama dia selamanya, dan disaat pacarmu pergi teman adalah satu-satunya orang yang akan selalu ada bersamamu.

Baca Juga: Penuh Makna, Ini 5 Pelajaran Hidup dari Dokumenter Netflix Marie Kondo

4. Melakukan sesuatu yang tidak kamu suka

Jangan Gegabah! Ini 7 Keputusan yang Akan Kamu Sesali dalam 10 Tahununsplash.com/Lidya Nada

Tidak ada hal yang lebih buruk daripada menghabiskan waktu untuk melakukan sesuatu yang tidak kamu suka. Banyak anak muda bertahan dalam sebuah pekerjaan karena gaji yang didapat besar meski mereka sendiri tidak merasa nyaman.

Teman-teman, tidak ada gunanya kamu bekerja jika kamu sendiri tidak bahagia. Hidup ini singkat dan mumpung kamu masih muda habiskan waktu kamu untuk melakukan sesuatu yang memang kamu suka.

5. Tidak mendengarkan nasihat orangtua

Jangan Gegabah! Ini 7 Keputusan yang Akan Kamu Sesali dalam 10 Tahununsplash.com/Priscilla Du Preez

Setiap orangtua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya dan itulah alasan mengapa mereka sering sekali memberikan kita banyak masukan. Sayangnya, kita seringkali menganggap masukan yang orang tua berikan sebagai sesuatu yang mengganggu.

Ketika kamu masih muda, kamu akan jadi orang yang sangat keras kepala. Kamu hanya ingin didengar tapi tidak mau mendengarkan apa pun termasuk nasihat dari orangtua. Tapi percaya deh seiring berjalannya waktu, kamu akan berharap waktu terulang kembali hanya agar bisa mendengar semua yang dikatakan oleh orangtuamu.

6. Mengorbankan segalanya demi cinta

Jangan Gegabah! Ini 7 Keputusan yang Akan Kamu Sesali dalam 10 Tahununsplash.com/Allen Taylor

Jatuh cinta di usia muda adalah hal yang wajar, yang tidak wajar adalah ketika kamu terlalu terobsesi dengan cinta tersebut sampai mengorbankan segalanya. Banyak orang bilang, cinta butuh pengorbanan. Mungkin benar, tapi jika hanya kamu yang berkorban apakah itu masih bisa disebut cinta?

Percaya deh, seseorang yang benar-benar cinta padamu tidak akan pernah menuntut kamu melakukan apa pun karena mereka menerima kamu apa adanya. Bahkan jika pun kamu punya banyak kekurangan, mereka akan tetap menganggap kamu adalah orang yang paling sempurna.

Lagipula, kamu masih muda, akan ada banyak hal lain yang lebih penting untuk dikejar dan cinta bukanlah salah satunya.

7. Mengorbankan pendidikan

Jangan Gegabah! Ini 7 Keputusan yang Akan Kamu Sesali dalam 10 Tahununsplash.com/Vasily Koloda

Tidak peduli sekaya apa pun, kamu tetap membutuhkan pendidikan dan sekolah adalah satu-satunya tempat dimana kamu mendapatkan semuanya. Memang kadang bangun pagi, berangkat sekolah, duduk berjam-jam dikelas dan menghadapi ulangan dadakan itu menyebalkan.

Tapi ada banyak alasan kenapa kamu juga tidak boleh mengorbankan pendidikan begitu saja. Pendidikan itu penting, karena disanalah kamu mempersiapkan masa depanmu. Mengorbankan masa sekolah, sama artinya dengan mengorbankan kesempatan kamu untuk bisa hidup lebih baik di masa depan.

Baca Juga: 5 Pelajaran Berharga dari Tokoh Euis di Film Keluarga Cemara

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You