Comscore Tracker

#GreenBeauty 5 Keuntungan Menerapkan Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Apa aja sih keuntungannya?

Topik seputar kerusakan lingkungan menjadi salah satu topik penting yang tidak bisa diabaikan. Sayangnya, walau pun kita semua tahu betapa memprihatinkannya keadaan lingkungan sekarang, kepedulian terhadap alam dan lingkungan masih sangat minim. 

Padahal menjaga lingkungan itu tidak sulit lho! Kalau memang niat, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan, salah satunya adalah dengan menerapkan gaya hidup ramah lingkungan atau green lifestyle. Asiknya, gaya hidup ramah lingkungan ternyata juga memiliki banyak keuntungan buatmu lho! Berikut 5 keuntungan yang kamu dapatkan jika menerapkan gaya hidup ramah lingkungan!

1. Hidupmu akan jadi jauh lebih sehat 

#GreenBeauty 5 Keuntungan Menerapkan Gaya Hidup Ramah LingkunganHidupmu akan jadi jauh lebih sehat. (unsplash.com/Maixent Viau)

Ketika kamu memulai gaya hidup ramah lingkungan, mau tidak mau, kamu harus meninggalkan berbagai kebiasaan lama yang dapat merusak lingkungan. Misalnya berhenti merokok dan membiasakan diri menggunakan sepeda untuk mengurangi polusi udara, atau memilih membawa bekal daripada membeli makanan kemasan untuk mengurangi sampah plastik.

Nah tanpa kita sadari, kebiasaan #OneGreenStep seperti ini bukan hanya ampuh untuk melindungi lingkungan, tapi juga melindungi diri kita dari ancaman penyakit. Seperti yang kita tahu, rokok mengandung banyak racun, begitu pun dengan makanan kemasan yang mendung banyak bahan berbahaya. Dengan berhenti merokok atau mengonsumsi makanan kemasan, hidupmu akan jadi jauh lebih sehat.

2. Bukan hanya tubuh, kulitmu juga akan lebih sehat 

#GreenBeauty 5 Keuntungan Menerapkan Gaya Hidup Ramah LingkunganBukan hanya tubuh, kulitmu juga akan lebih sehat. (unsplash.com/Den Trushtin)

Mengadopsi gaya hidup sehat berarti kamu akan lebih sering menggunakan produk alami. Bukan cuma untuk urusan makanan, tapi juga produk kecantikan. Beruntungnya, saat ini ada banyak produk kecantikan yang ramah lingkungan, dan Garnier adalah salah satunya.

Melalui program #GarnierGreenBeauty, Garnier berkomitment untuk merawat kulit kita, sekaligus juga melindungi lingkungan dari kerusakan. Sejak tahun 2019, Garnier secara bertahap mengurangi penggunaan plastik baru untuk kemasan produk mereka. Sebagai gantinya, Garnier menggunakan plastik Post-Consumer Recycled (PCR) atau plastik daur ulang yang berasal dari konsumen.

Bukan hanya itu, produk-produk Garnier bahkan terbuat dari bahan-bahan alami yang tentunya baik untuk kesehatan kulit kita.

Baca Juga: #GreenBeauty Ikut Bantu Rawat Bumi, Yuk Lakukan 6 Tantangan Simpel Ini

3. Gaya hidup ramah lingkungan akan membuat kamu jadi sosok yang kreatif 

#GreenBeauty 5 Keuntungan Menerapkan Gaya Hidup Ramah LingkunganGaya hidup ramah lingkungan akan membuat kamu jadi sosok yang kreatif. (supersimple.com)

Tanpa disadari, menerapkan gaya hidup ramah lingkungan atau green lifestyle, akan membuat kamu jadi orang yang kreatif, terutama dalam urusan mengolah sampah plastik. Salah satu contohnya, kamu bisa menyulap botol bekas jadi pot untuk tanaman gantung atau karya lainnya.

Seperti yang kamu tahu, jumlah sampah plastik yang dihasilkan oleh manusia semakin hari semakin meresahkan. Padahal dilansir WWF, plastik termasuk jenis sampah yang sangat sulit terurai. Botol minum plastik misalnya membutuhkan waktu sekitar 450 tahun untuk kembali menyatu dengan alam. Sedangkan popok bayi dan sikat gigi plastik membutuhkan waktu hingga 500 tahun untuk terurai.

Dengan memanfaatkan sampah plastik jadi sesuatu yang lebih berguna, secara tidak langsung kamu sudah membantu mengurangi beban Bumi untuk menguraikan sampah plastik.

4. Biaya yang kamu keluarkan akan jauh lebih hemat 

#GreenBeauty 5 Keuntungan Menerapkan Gaya Hidup Ramah LingkunganBiaya hidup yang kamu keluarkan akan jauh lebih hemat. (unsplash.com/Christian Dubovan)

Selain baik untuk kesehatan tubuh, green lifestyle juga baik untuk kesehatan dompetmu. Bagaimana tidak, gaya hidup ramah lingkungan menuntut kamu untuk mengurangi penggunaan air, juga listrik yang berlebihan.

Kamu juga disarankan untuk membawa makanan atau minum sendiri untuk mengurangi sampah plastik bekas makanan. Dengan semua kebiasaan itu, biaya yang kamu keluarkan untuk kebutuhan sehari-hari pasti akan jauh lebih sedikit. Asiknya, kamu bahkan bisa mendapatkan uang tambahan dengan  me-recycle sampah yang kamu miliki menggunakan aplikasi eRecycle. 

Caranya gampang banget kok! Setelah mendaftar, kamu bisa langsung menentukan titik penjemputan. Nantinya, tim dari eRecycle akan datang untuk mengambil sampah terpilah yang sudah kamu kumpulkan, dan menukarnya dengan uang. Oke banget kan?

5. Lebih dari itu, kamu memberikan dunia yang lebih baik untuk generasi mendatang 

#GreenBeauty 5 Keuntungan Menerapkan Gaya Hidup Ramah LingkunganKamu memberikan dunia yang lebih baik untuk generasi mendatang. (unsplash.com/Liana Mikah)

Dilansir National Geographic, saat ini ada sekitar 5 triliun sampah plastik yang mengambang di lautan, dan lebih dari 6,3 miliar ton sampah plastik di daratan. Jika dibiarkan, jumlahnya akan semakin banyak setiap tahunnya. Kamu tentu tidak ingin anak cucumu nanti hidup dikelilingi oleh sampah bukan?

Dengan menerapkan gaya hidup ramah lingkungan, kamu bukan hanya sekedar mengurangi jumlah sampah dan polusi yang ada di Bumi, tapi juga menciptakan dunia yang lebih baik untuk anak cucumu nanti.

See, menerapkan gaya hidup ramah lingkungan nyatanya memberikan kita banyak sekali keuntungan. Nah ngomong-ngomong soal gaya hidup ramah lingkungan, #GarnierxIDNTimes mengajak kamu untuk sama-sama merawat lingkungan dengan bergabung di program Garnier Green Beauty. Untuk mengetahui informasi lengkap seputar program ini, kamu bisa mengunjungi https://www.garnier.co.id/green-beauty. Yuk ikutan!

Baca Juga: #GreenBeauty Kurangi Sampah dengan 8 Prinsip Belanja Ramah Lingkungan

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya