Comscore Tracker

Pahit, 5 Kenyataan Hidup Ini Akan Membuatmu Jadi Orang yang Lebih Baik

#GoodLife Percayalah kamu bisa melalui semuanya dengan baik!

Hidup kadang memang kejam, semua orang tahu itu. Tidak bohong bahwa ada waktu dimana kamu akan mengalami banyak masalah dan semua pintu keluar yang tertutup untukmu. Alhasil akan membuatmu harus terkurung selama beberapa waktu di hari-hari yang suram.

Tapi bukankah di balik hujan, selalu ada pelangi yang bisa muncul kapan saja? Dan siapa sangka jika dibalik hari-hari suram yang kamu lewati, selalu ada kejutan yang siap menanti. Begitu pun dengan kenyataan. 

Meski pahit, 5 kenyataan hidup ini justru akan membuat kamu jadi orang yang lebih baik.

1. Kamu akan selalu mengalami banyak kegagalan

Pahit, 5 Kenyataan Hidup Ini Akan Membuatmu Jadi Orang yang Lebih Baikunsplash.com/Warren Wong

Setiap orang pasti pernah gagal, bukan hanya sekali tapi berkali-kali. Bukan hanya kamu, bahkan seorang Mark Zuckerberg atau Bill Gates pun pasti masih mengalami banyak kegagalan dihari-hari sukses mereka. 

Gagal menjadi salah satu teman hidup yang setia. Kamu akan selalu bertemu kegagalan dalam setiap usahamu. Kadang pahit rasanya menerima kenyataan bahwa kamu gagal dalam sesuatu, tapi justru karena kegagalanlah kamu jadi belajar lebih banyak. 

Gara-gara kegagalan kamu jadi tahu siapa dirimu sesungguhnya, apa kekuranganmu, dan bagaimana cara memperbaikinya.

2. Masa lalu tidak akan berubah

Pahit, 5 Kenyataan Hidup Ini Akan Membuatmu Jadi Orang yang Lebih Baikunsplash.com/Erik Witsoe

Kamu mungkin pernah membuat sebuah kesalahan fatal. Saking fatalnya, sampai membuat kamu menyesal selama bertahun-tahun sesudahnya. 

Well, tidak peduli seberapa menyesalnya kamu, masa lalu tidak akan berubah. Pahit memang, tapi itulah kenyataannya. Satu-satunya yang perlu kamu lakukan adalah dengan menerima dan berusaha tidak mengulangi hal yang sama. 

Kamu mungkin tidak bisa mengubah masa lalu, tapi paling tidak kamu bisa memperbaiki masa depanmu agar tidak sama seperti masa lalumu.

Baca Juga: Ubah Mindset, 5 Hal Ini Bikin Sadar Bahwa Hidupmu Tidak Sia-sia

3. Hidupmu tidak akan pernah sempurna

Pahit, 5 Kenyataan Hidup Ini Akan Membuatmu Jadi Orang yang Lebih Baikunsplash.com/Lucas Lenzi

Meski uang itu penting, pada kenyataannya uang tidak bisa membeli segalanya. Tidak peduli seberapa banyak uang yang kamu punya, di dunia ini ada banyak hal yang tidak bisa dibayar dengan uang, dan hidup yang sempurna adalah salah satunya. 

Percaya atau tidak, kamu akan selalu menemukan banyak kekurangan dalam hidupmu. Namun hanya karena hidupmu kurang sempurna, bukan berarti kamu tidak bisa bahagia. Kamu bisa kok membuat hidupmu bahagia, bahkan jauh lebih bahagia dari mereka yang kaya. Caranya, dengan bersyukur sebanyak yang kamu bisa.

4. Tidak ada yang bisa membuat kamu bahagia, kecuali dirimu sendiri

Pahit, 5 Kenyataan Hidup Ini Akan Membuatmu Jadi Orang yang Lebih Baikunsplash.com/Dani Vivanco

Jika kamu menunggu seorang ksatria berkuda untuk menyembuhkan luka hatimu, kamu mungkin harus menunggu seumur hidup. Ketika kamu kehilangan seseorang, cara terbaik mengatasinya adalah dengan bertemu orang baru sebanyak yang kamu bisa. 

Semakin cepat kamu membuka, hati semakin cepat kamu akan menemukan bangkit dari kesedihan. Kebahagiaan tidak datang dengan sendirinya, kamulah yang harus menciptakannya.

5. Tidak ada yang bisa menjamin hari esok

Pahit, 5 Kenyataan Hidup Ini Akan Membuatmu Jadi Orang yang Lebih Baikunsplash.com/Seth Macey

Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi besok. Bahkan ketika kamu sudah punya segudang rencana untuk dijalankan, selalu ada kemungkinan semuanya gagal berantakan. 

Daripada menunggu besok, akan lebih baik jika kamu melakukan semua hal yang kamu bisa lakukan hari ini. Berusahalah yang terbaik hari ini, agar besok kamu tidak menyesal.

Baca Juga: Istimewa, 5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Dapat dari Keluarga Gajah

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya