Comscore Tracker

5 Cara Mudah untuk Melatih Diri Jadi Orang Sukses Versimu Sendiri

Gak harus punya uang atau usaha besar kok

Untuk jadi orang sukses, kamu gak harus kaya atau punya usaha yang besar kok. Menjadi sukses itu masalah perspektif. Ada yang bilang sukses itu berarti bisa menafkahi keluarganya, ada yang bilang juga sukses itu ketika bisa mandiri tanpa bergantung ke orangtua, dan lain sebagainya.

Perspektif orang mengenai sukses itu bisa berbeda-beda. Berikut cara mudah untuk melatih diri jadi orang sukses sesuai versimu sendiri.

1. Setiap hari, setiap saat, lakukan 'latihan' yang positif

5 Cara Mudah untuk Melatih Diri Jadi Orang Sukses Versimu Sendiridramabeans.com

Kamu perlu melakukan hal yang positif pada setiap kegiatan yang akan kamu jalani. Misalnya nih, jika kamu lebih memilih marah daripada berbicara baik-baik pada rekan kerjamu, berarti kamu berlatih untuk tidak memiliki kontrol diri yang baik. Padahal menjadi sukses bukan berarti jadi orang yang pemarah.

Jika kamu sadar dan bisa memilah-milah mana hal yang positif dan mana hal yang negatif, bisa dikatakan kamu sudah berjalan menjadi orang sukses. Kamu sudah bisa mengubah dirimu sendiri menjadi pribadi yang baik.

2. Jangan mencari pekerjaan yang mudah

5 Cara Mudah untuk Melatih Diri Jadi Orang Sukses Versimu Sendiridramabeans.com

Mencari pekerjaan yang mudah dan nyaman adalah tanda-tanda orang malas. Sedangkan orang sukses selalu berusaha menjadi lebih. Karena itu jangan pernah mencari pekerjaan mudah. Berkembanglah dan menantang diri untuk hal-hal yang baru. Berani keluar dari zona nyaman merupakan tanda orang sukses lho, apakah kamu termasuk salah satunya?

3. Jadikan sikap disiplin sebagai kebiasaan

5 Cara Mudah untuk Melatih Diri Jadi Orang Sukses Versimu Sendiridramabeans.com

Ubahlah pertanyaan dari "Bagaimana aku bisa lebih disiplin" menjadi "Bagaimana aku bisa berlatih disiplin". Sepintas terlihat sama, namun makna keduanya berbeda lho. Berlatih disiplin berarti melakukan tugasnya dengan sebaik-baiknya. Memberikan kemampuan 100 persen terhadap tanggung jawab yang diberikan adalah ciri orang sukses. Seperti kata Yoda di Star Wars - The Empire Strikes Back:

"Do or do not, there is no try."

Baca Juga: 7 Kebiasaan yang Dilakukan Wanita Sukses Sebelum Jam 9 Pagi

4. Paham akan kekuatan dan kelemahannya sendiri

5 Cara Mudah untuk Melatih Diri Jadi Orang Sukses Versimu Sendiridramabeans.com

Orang sukses bukan berarti selalu terlihat kuat dan serba bisa. Namun orang sukses bisa memaksimalkan hal apa yang menjadi kekuatannya dan tidak menyembunyikan kelemahannya. Dengan paham kelemahanmu sendiri juga, kamu juga akan berkembang dengan mempelajari kelemahan itu agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Untuk melatihnya, setiap awal minggu selalu lakukan analisis SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats) terhadap kinerjamu di minggu lalu. Dengan begitu, kamu bisa tahu apa yang perlu kamu perbaiki untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

5. Jangan terlena akan setiap pujian yang diberikan orang

5 Cara Mudah untuk Melatih Diri Jadi Orang Sukses Versimu Sendiridramabeans.com

Menerima pujian dan merasa bangga akan pencapaian sendiri itu boleh, bahkan wajib kamu nikmati. Namun jangan sampai terlena dengan setiap pujian yang diberikan. Anggap saja pujian yang diberikan orang lain adalah tanda kamu sudah berada di posisi nyaman dan sudah waktunya untuk berkembang.

Jadi begitu kamu sudah terlalu sering menerima pujian, itu berarti waktunya move on dan menjadikan dirimu lebih baik lagi. Pertanyaannya, apakah kamu mampu dan bisa menantang dirimu untuk jadi lebih baik lagi.

Yang membedakan antara orang sukses dan orang yang biasa-biasa saja adalah mereka punya goal atau tujuan yang jelas. Jadi sebelum melakukan semua cara di atas, pastikan kamu sudah ada goal yang ingin kamu capai. Beranikah kamu melakukan semua itu?

Baca Juga: 5 Prinsip Hidup yang Akan Membawamu pada Kesuksesan

Liem Ling Photo Community Writer Liem Ling

"Don't let the muggles get you down." -Ron Weasley

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You