Comscore Tracker

5 Kegiatan Membosankan Ini Ternyata Bagian dari Self-care

Bukan cuma pampering, self-care juga termasuk hal-hal ini

Tdak sedikit juga dari kita yang hanya memahami bahwa self-care adalah rehat sejenak dari sibuknya pekerjaan dengan memberi self-reward berupa makanan enak, liburan seru, atau belanja barang yang kita inginkan. Nyatanya, self-care adalah serangkaian kegiatan yang dimaksudkan untuk merawat diri sendiri sehingga dapat membantu kesejahteraan diri, kesehatan, produktivitas, serta kebahagiaan kita.

Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang sering kali dicap membosankan yang ternyata merupakan bagian dari self-care, lho.

1. Merapikan dan melakukan pekerjaan rumah

5 Kegiatan Membosankan Ini Ternyata Bagian dari Self-careilustrasi merapikan kamar (pexels.com/Ron Lach)

Meski yang ada di pikiran kita saat berpikir tentang self-care adalah liburan, membaca buku, atau melakukan quality time bersama keluarga, salah satu bentuk self-care yang paling efektif adalah dengan merapikan kamar dan rumah kita. Hal ini termasuk melakukan pekerjaan rumah seperti mencuci baju, mencuci piring, serta merapikan teras rumah.

Dilansir dari balancethroughsimplicity.com, merapikan rumah dapat mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, mengurangi gangguan dan membuat kita lebih fokus, serta membuat kita lebih tenang. Nah, alasan apa lagi yang buat kamu menunda-nunda untuk merapikan rumah?

2. Melakukan perencanaan

5 Kegiatan Membosankan Ini Ternyata Bagian dari Self-careilustrasi budgeting uang (pexels.com/olia danilevich)

Salah satu tujuan dari dilakukannya self-care adalah untuk membantu kita agar tetap produktif. Untuk membatu hal tersebut, kamu bisa melakukan planning dengan cara membuat to-do list, jadwal deadline tugas, hingga perencanaan dan pencatatan keuangan.

Hal-hal ini akan membatu kamu untuk memiliki rutinitas yang lebih teratur dan terencana. Dilansir dari nm.org, ternyata memiliki rutinitas memiliki beberapa manfaat untuk kesejahteraan diri. Di antaranya adalah mengurangi tingkatan stres, membuat kita tidur lebih baik, serta meningkatkan kualitas kesehatan. 

Baca Juga: 5 Tips Self Care yang Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mental, Gak Susah

3. Rutin berolahraga

5 Kegiatan Membosankan Ini Ternyata Bagian dari Self-careilustrasi berolahraga (pexels.com/Julia Larson)

Bagi sebagian orang, berolahraga adalah aktivitas yang melelahkan dan cukup sulit untuk dilakukan. Namun tidak sedikit yang menganggapnya sebagai kegiatan yang seru dan menyenangkan. Selain menyehatkan, olahraga juga bisa dijadikan aktivitas saat quality time bersama keluarga, teman, atau rekan kerja.

Namun suka atau tidak suka, olahraga adalah kegiatan yang sangat esensial untuk kesehatan, baik untuk kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Manfaatnya sangat beragam, mulai dari mengurangi stres, membuat badan segar kembali, baik untuk jantung, hingga meningkatkan mood.

4. Memasak dan makan makanan sehat

5 Kegiatan Membosankan Ini Ternyata Bagian dari Self-careilustrasi memasak (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Banyak cara agar kita dapat makan makanan sehat, namun cara paling simpel dan hemat adalah dengan memasaknya sendiri. Dengan memasak makanan yang akan kita konsumsi, kita mengetahui bahan-bahan dan bumbu apa saja yang ada di dalam makanan tersebut. Terlebih lagi sudah jadi rahasia umum jika makanan yang di masak dengan porsi kecil lebih terjamin kebersihannya.

Jika kamu tidak punya waktu dan tenaga untuk memasak, kamu juga bisa memesan makanan dari catering sehat. Saat ini sudah banyak pilihan catering sehat yang menyediakan makanan sehat dan mengantarkannya ke alamat rumah atau kantormu. Yang terpenting, batasi konsumsi makanan cepat saji dan junk food, ya. 

5. Beristirahat ketika lelah

5 Kegiatan Membosankan Ini Ternyata Bagian dari Self-careilustrasi beristirahat (pexels.com/GEORGE DESIPRIS)

Membiarkan tubuh dan pikiran kita rehat sejenak ketika lelah juga merupakan bagian dari self-care yang penting, lho. Kerja keras memang penting dan bikin bangga, tapi kita harus melakukan sesuatu yang masih dalam batas kemampuan kita. Jika kamu sudah merasa lelah, beristirahatlah sekitar 10-20 menit sebelum melanjutkan pekerjaan.

Melakukan self-care di sela-sela hari yang sibuk memang menjadi sebuah tantangan. Namun jika kamu terapkan, self-care dapat membantu produktivitas dan kesehatanmu. Latihlah dengan hal-hal yang sederhana terlebih dahulu, lalu usahakan agar self-care dapat menjadi bagian dari lifestyle-mu.

Baca Juga: 5 Bentuk Self Care Saat Menggunakan Media Sosial, Hindari Insecure!

Lina Yasmin Photo Verified Writer Lina Yasmin

Pembaca novel jika sedang mood. Pemakan segala (yang halal), dan petidur ulung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya