Comscore Tracker

4 Tips Simpel Atasi Nafsu Makan Berlebihan Saat Berbuka Puasa

Agar tubuh tetap sehat dan berat badan proporsional

Setelah menahan rasa lapar selama kurang lebih 12 jam, saat berbuka yang ditunggu-tunggu tiba. Sekarang kamu kembali bisa mencicipi makanan apapun. Mulai dari kolak, es serut, gorengan, ayam goreng, dan lain-lainnya.

Sah-sah saja jika kamu ingin makan sepuasnya saat waktu berbuka. Tapi ingat, jangan jadikan waktu berbuka sebagai ajang untuk balas dendam. Pastikan kamu tetap memperhatikan pola makan untuk mengantisipasi berbagai masalah kesehatan.

Bagi yang merasa kesulitan untuk menahan nafsu makan, cobain 4 tips berikut ini. Pola makanmu dijamin normal saat berbuka puasa.

1. Awali dengan minum air putih

4 Tips Simpel Atasi Nafsu Makan Berlebihan Saat Berbuka Puasaunsplash.com/ron mcclenny

Utamakan untuk minum air putih secukupnya sebelum kamu memasukkan makanan apapun ke mulut. Selain menghilangkan dehidrasi, minum air putih juga sangat membantu untuk mengendalikan nafsu makan saat berbuka puasa.

Pastikan kebutuhan air dalam tubuh tetap tercukupi selama Ramadhan. Minum air putih setidaknya 2 liter setiap hari saat sahur dan berbuka.

Baca Juga: 5 Tips Olahraga Saat Berpuasa Agar Tidak Cepat Merasa Lelah

2. Hindari stres yang berlebihan

4 Tips Simpel Atasi Nafsu Makan Berlebihan Saat Berbuka Puasaunsplash.com/nick karvounis

Stres bisa muncul karena berbagai alasan. Bisa karena tidak terbiasa berpuasa, beban kerja yang besar, dan masalah pribadi lainnya. Selama bulan puasa, coba minimalisir porsi stres. Perasaan stres dapat memicu nafsu makan berlebih.

Kendalikan tingkat stres dengan aktivitas yang positif, seperti olahraga, jalan-jalan, membaca buku, atau menonton televisi. Aktivitas positif seperti ini jauh lebih baik daripada mengonsumsi makanan berlebih.

3. Jangan lupa konsumsi makanan manis

4 Tips Simpel Atasi Nafsu Makan Berlebihan Saat Berbuka Puasaunsplash.com/brooke lark

Kehilangan gula dalam tubuh dapat menyebabkan tubuh tak bertenaga. Untuk mengembalikan cadangan gula yang hilang, konsumsi makanan manis, seperti permen, jus buah, atau aneka manisan.

Setelah itu, lanjutkan dengan makan berat, tapi dalam porsi yang normal. Hindari mengonsumsi junk food yang mengandung lemak dan karbohidrat berlebih.

4. Tidur lebih awal setiap hari

4 Tips Simpel Atasi Nafsu Makan Berlebihan Saat Berbuka Puasaunsplash.com/Kinga Cichewicz

Kekurangan jam tidur dapat mengurangi produksi hormon dalam tubuh. Hal inilah yang dapat mendorong nafsu makan berlebih, yang berakibat pada meningkatnya berat badan.

Maka dari itu, usahakan agar waktu tidurmu tetap cukup selama bulan puasa. Tidurlah lebih awal dari hari-hari biasa agar kamu bisa bangun lebih awal untuk menyiapkan menu sahur.

Selama berpuasa, cobalah untuk memperbanyak konsumsi vitamin C, protein, dan nutrisi agar tubuhmu tetap bersemangat menjalankan puasa.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Louisa Gabe Photo Community Writer Louisa Gabe

Just a regular girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You