Comscore Tracker

5 Tips agar Kamu Bisa jadi Sosok yang Independen

Jangan mau bergantung sama orang lain terus

Menjadi sosok yang independen merupakan salah satu keinginan seseorang dalam hidup. Bukan hanya independen dalam pekerjaan dan kehidupan sehari-hari, tapi juga dalam hal finansial. 

Mewujudkannya tentu tidak mudah, terlebih lagi kalau selama ini kamu terlalu bergantung pada orang lain. Tapi, setidaknya lima tips berikut akan membantumu menjadi sosok yang lebih independen ke depannya. Yuk, dicek!

1. Berlatih menyelesaikan masalah sendiri

5 Tips agar Kamu Bisa jadi Sosok yang Independenpexels.com/Andrea Piacquadio

Tips pertama yang paling sederhana adalah berlatih menyelesaikan masalah sendiri, meskipun masalahnya sulit. Cobalah sederhanakan masalah dengan mencatatkan akar penyebabnya untuk memudahkanmu mencari jalan keluarnya. Lalu, aplikasikan jalan keluarnya dalam hidupmu.

Jika jalan keluarnya gak berhasil, coba cari jalan lain. Kalau sudah benar-benar stuck, baru meminta bantuan orang lain. Itupun dalam bentuk diskusi, bukan menyuruh orang lain menyelesaikan masalahmu seutuhnya. 

2. Berani menolak bantuan

5 Tips agar Kamu Bisa jadi Sosok yang Independenpexels.com/Vie Studio

Orang yang ada di sekitar menjadi orang paling peka saat kamu dilanda masalah. Mereka pun akan berusaha menyodorkan berbagai bantuan. Tapi berhubung karena kamu ingin berlatih menjadi sosok yang independen, sebaiknya tolak bantuan tersebut.

Terlalu banyak menerima bantuan terkadang akan membuatmu malas berpikir, otak pun jadi lebih lambat dalam bekerja. Selagi case-nya masih bisa diselesaikan sendirian, ya selesaikan sendiri dengan segala kemampuan yang kamu miliki.

Baca Juga: 5 Tanda Sudah Saatnya Kamu Membiarkan Anak Mandiri dan Independen

3. Menganggap orang lain gak ada

5 Tips agar Kamu Bisa jadi Sosok yang Independenpexels.com/Anastasia Kolchina

Terkadang, kamu perlu berpura-pura menjadi sebatang kara sehingga rasa ketergantungan terhadap orang lain dapat terkikis secara perlahan. Anggaplah orang-orang terdekatmu lagi sibuk sama pekerjaannya, jadi kamu harus berjuang sendirian dalam hal apapun.

Cara ini secara otomatis akan membuatmu lebih independen dalam segala hal. Hal-hal yang tadinya kamu gak tahu, kini menjadi tahu karena kamu mau meluangkan waktu untuk belajar.

4. Miliki prinsip kalau hidupmu adalah tanggung jawabmu

5 Tips agar Kamu Bisa jadi Sosok yang Independenpexels.com/Samson Katt

Sama seperti kesuksesan yang kunci suksesnya ada di kamu. Begitu pula dengan proses menjadi lebih independen. Jadikanlah hidupmu menjadi tanggung jawabmu seutuhnya, bukan tanggung jawab orang lain.

Alhasil, kamu gak akan melakukan hal konyol yang dapat merusak independensimu. Kamu justru akan semakin berhati-hati dalam hal apapun karena kamu sendiri jugalah yang nanti merasakan efeknya. 

5. Jangan menunjukkan masalahmu kepada orang lain

5 Tips agar Kamu Bisa jadi Sosok yang Independenpexels.com/Keira Burton

Jika kamu ingin menjadi sosok independen, berlatihlah untuk gak menunjukkan masalahmu kepada orang lain. Sebab, hal ini akan menimbulkan rasa iba yang membuat orang lain jadi ingin menolongmu. Sementara dalam praktek menjadi independen, kamu harus berusaha untuk menerima sedikit bantuan.

Kalau bisa, pasanglah raut wajah senang saat berada di dekat teman-temanmu. Jadi, mereka gak tahu kalau sebetulnya kamu sedang punya masalah.

Semoga tips di atas dapat mengubahmu yang tadinya ketergantungan menjadi independen dari hari ke hari. Prosesnya memang gak mudah, tapi menjalaninya akan jauh lebih enak kalau kamu menikmatinya. 

Baca Juga: 6 Zodiak Independen yang Melakukan Sesuatu dengan Caranya Sendiri

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya