Comscore Tracker

6 Dampak Negatif dari Kalimat ‘I Hate Myself', Jangan Asal Ngomong

Perkataan adalah doa...

Bukan hidup namanya kalau kamu bisa terbebas dari suatu masalah. Tak peduli seberapa bahagianya dirimu kala itu. Akibat masalah ini pula, kamu sering membenci dirimu sendiri dengan mengatakan ‘I hate myself’.

Sadar atau tidak, kalimat ini akan memberi dampak besar bagi hidupmu. Bukan dampak positif ya, melainkan dampak negatif. Berikut 6 dampak negatif dari kalimat ‘I hate myself' yang sering kamu ucapkan itu.

1. Terjebak self-loathing

6 Dampak Negatif dari Kalimat ‘I Hate Myself', Jangan Asal Ngomongunsplash.com/Jonas Svidras

Self-loathing adalah kondisi di mana kamu teramat benci sama dirimu sendiri. Rasa ini membuatmu gak pernah puas dan bahagia atas apapun yang kamu miliki saat ini. Kamu selalu merasa kurang, kurang, dan kurang. Dengan kata lain, self-loathing akan membuatmu kurang bersyukur.

2. Hopeless all the time

6 Dampak Negatif dari Kalimat ‘I Hate Myself', Jangan Asal Ngomongunsplash.com/omid armin

Sah-sah saja kalau kamu takut sama masa depan yang penuh misteri itu. Tapi, bukan berarti kamu bisa seenaknya benci sama diri sendiri dan hidupmu ya. Apalagi kalau kamu masih berada di garis start. Bagaimanapun juga, kamu harus tetap berjuang dan percaya kalau segala sesuatu akan indah pada waktunya.

3. Rasa percaya diri semakin tumpul

6 Dampak Negatif dari Kalimat ‘I Hate Myself', Jangan Asal Ngomongunsplash.com/Fares Hamouche

Ketika kamu benci sama diri dan hidupmu sendiri, percayalah kalau rasa percaya diri akan semakin tumpul dari waktu ke waktu. Jangankan tampil di depan umum, melihat dirimu di depan cermin saja sudah membuatmu kurang nyaman. Tumpulnya rasa percaya diri akan membuatmu semakin sulit untuk menggapai hal berharga dalam hidup.

Baca Juga: Jangan Jadi Bucin! Berikut 5 Sisi Negatif yang Akan Kamu Sesali

4. Malas akan menjadi penyakitmu

6 Dampak Negatif dari Kalimat ‘I Hate Myself', Jangan Asal Ngomongunsplash.com/Etienne Boulanger

Dulunya kamu bersemangat untuk traveling, tapi sekarang tidak. Karena kamu menganggap traveling tidak ada gunanya. Rasa malas ini akan mempengaruhi seluruh aspek dalam kehidupanmu. Bisa dibayangkan apa jadinya hidup ini kalau rasa malas sudah tertanam kuat.

5. Tidurmu gak akan pernah tenang

6 Dampak Negatif dari Kalimat ‘I Hate Myself', Jangan Asal Ngomongunsplash.com/nrd

Kebencian pada diri dan hidup sendiri juga akan mempengaruhi pola tidurmu. Kamu yang dulunya tidur teratur dan nyenyak, mendadak malah susah tidur. Kalaupun tidur, pasti akan selalu merasa terganggu. Hal ini dibuktikan dari seberapa seringnya kamu terbangun saat sedang tidur.

6. Amarah yang sulit dikendalikan

6 Dampak Negatif dari Kalimat ‘I Hate Myself', Jangan Asal Ngomongunsplash.com/Antor Paul

Kebencian menjadi asal-muasal timbulnya amarah. Tingkat amarah yang menimpa dirimu pun akan semakin sulit dikendalikan saat kebencian tersebut sudah sampai pada level tertinggi. Bahkan untuk hal-hal yang gak perlu diperpanjang saja bakal kamu perpanjang karena amarah sudah menguasai diri.

So, usahakan untuk lebih hati-hati terhadap setiap ucapan yang keluar dari mulutmu ya!

Baca Juga: Jangan Suka Emosi, Ini 5 Efek Negatifnya Bagi Kesehatan

Louisa Gabe Photo Community Writer Louisa Gabe

Just a regular girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You