Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Selalu Dihantui Bayang-bayang Kegagalan 

Saat yang ada di dalam otakmu adalah gagal dan gagal

Setiap orang mengalami kegagalan dalam hidupnya. Bukan hanya satu kali, tapi berkali-kali bahkan sampai tak terhitung jumlahnya. Namun, kegagalan ini tak lantas membuat kamu patah semangat. Justru karena gagal, makanya kamu harus lebih semangat agar keadaan berbalik menjadi keberhasilan.

Tapi nyatanya, mewujudkan hal ini tidaklah mudah. Kamu justru lebih sering dihantui oleh bayang-bayang kegagalan pada masa mendatang. Mengapa bisa demikian? Yuk, simak alasannya berikut ini.

1. Tidak move on dari kegagalan di masa lampau

5 Alasan Mengapa Kamu Selalu Dihantui Bayang-bayang Kegagalan unsplash.com/Ernest Brillo

Kegagalan akan selalu menghantui hidupmu kalau kamu gak mau move on darinya. Semua yang sudah berlalu, biarlah berlalu. Sekarang saatnya kamu fokus untuk menatap masa depan. Tuliskan apa rencanamu ke depannya sebagai pedoman yang akan senantiasa menuntunmu untuk melangkah maju.

2. Belum berhasil menemukan penyebab kegagalan 

5 Alasan Mengapa Kamu Selalu Dihantui Bayang-bayang Kegagalan unsplash.com/Luis Pereira

Hal yang wajar bila gagal selalu menghantui karena kamu saja pun belum berhasil menemukan akar penyebabnya. Sebaiknya luangkan waktumu untuk flashback walau sebentar agar kamu bisa melihat seperti apa dirimu dan kinerjamu di masa lampau. Sehingga kegagalan yang sama tak terulang kembali di lain waktu.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Justru Butuh Kegagalan untuk Bisa Sukses

3. Terlalu takut untuk meloncat ke batu yang berbeda 

5 Alasan Mengapa Kamu Selalu Dihantui Bayang-bayang Kegagalan unsplash.com/Max Rovensky

Masih banyak hal-hal baru yang bisa kamu coba untuk mengubah kegagalan menjadi kesuksesan. Kamu hanya perlu bertindak saja sebelum terlambat. Apabila kegagalan sudah menjadi bagian dari hidupmu, maka berbuat apa-apa pun kamu sudah tak mau lagi karena takut gagal.

4. Pengaruh cerita maupun pengalaman dari orang lain 

5 Alasan Mengapa Kamu Selalu Dihantui Bayang-bayang Kegagalan unsplash.com/Tina Markova

Bayang-bayang kegagalan yang menghantuimu gak lepas dari cerita atau pengalaman orang lain di sekitarmu. Ini secara tidak langsung akan kembali mengingatkanmu pada kegagalan yang sudah hampir dilupakan. Akibatnya kamu jadi mengundurkan niat untuk berkembang, dan memilih untuk stay pada zona di mana kamu merasa gak akan gagal.

5. Kata “gagal” sudah terlanjur membekas di kepala 

5 Alasan Mengapa Kamu Selalu Dihantui Bayang-bayang Kegagalan unsplash.com/María Victoria Heredia Reyes

Ke mana pun kamu pergi, apa pun yang kamu lakukan, kepada siapa pun kamu minta tolong, semuanya akan gagal, gagal, dan gagal. Kata ini sudah terlanjur membekas di dalam kepala, sehingga kegagalan adalah hasil pertama yang kamu dapatkan. Sebaiknya ubah kata gagal ini menjadi sukses agar apa saja yang dilakukan membuahkan hasil yang sesuai harapan.

Sebanyak apapun kegagalan yang terjadi dalam hidupmu, pastikan kegagalan ini gak merenggut semangatmu untuk terus maju. Wujudkan keinginanmu dan jangan menyerah!

Baca Juga: 5 Alasan Tak Masalah Jika Kamu Menangis Saat Dihadapkan Kegagalan

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya