Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Wajib Bermimpi meski Background Keluarga Gak Mendukung

#IDNTimesLife Jangan jadikan background keluarga alasan

Apakah kamu seorang pemimpi? Nyatanya, menjadi seorang pemimpi itu gak ada salahnya. Malahan disarankan karena mimpi itulah yang secara gak langsung memberikan semangat lebih untukmu menjalani hidup.

Yang menjadi pertanyaan, bagaimana kalau latar belakang keluarga gak mendukung? Tentu bukan menjadi suatu persoalan, kamu tetap harus fokus meraih mimpi-mimpi itu. Ini dia beberapa alasannya.

1. Ini hidupmu, bukan hidup keluargamu

5 Alasan Kamu Wajib Bermimpi meski Background Keluarga Gak Mendukungpexels.com/Lê Minh

Kamu mungkin gak terlahir sebagai anak beruntung, yang punya banyak uang, bisa beli ini dan itu dengan mudah. Tapi, kamu punya hak untuk menjadi orang sukses meskipun latar belakang keluarga gak mendukung. Ini hidupmu, bukan keluargamu.

Keluargamu boleh saja ada di dalam kondisi yang sekarang, tapi kamu jangan. Maka dari itu, berjuanglah sebisamu agar hidupmu jauh lebih baik dari hidup keluargamu.

2. Cuma kamu yang bisa mengubah hidupmu

5 Alasan Kamu Wajib Bermimpi meski Background Keluarga Gak Mendukungpexels.com/Thirdman

Satu-satunya kunci perubahan dan kesuksesan adalah kamu. Ya, kamu, bukan keluargamu apalagi orang lain. Tentukan kehidupan seperti apa yang kamu inginkan, pikirkan rencana yang hendak dilakukan, dan bertindaklah.

Gagal? Gak apa-apa karena sejatinya seseorang perlu gagal terlebih dahulu sebelum akhirnya bisa menjadi orang sukses. Semangat dan jangan mudah menyerah.

3. Kamu juga yang akan menjadi eksekutor mimpi-mimpi tersebut

5 Alasan Kamu Wajib Bermimpi meski Background Keluarga Gak Mendukungpexels.com/Oleg Magni

Bukan keluargamu yang membuat mimpi-mimpimu menjadi kenyataan, tapi kamu sendiri. Makanya jangan karena latar belakang keluarga gak mendukung, kamu jadi menyerah begitu saja. Lagipula, kamu juga gak pernah tahu dari keluarga seperti apa kamu akan dilahirkan, juga gak bisa meminta ataupun memilih.

Daripada menyalahkan keadaan, lebih baik bangkit. Waktumu masih banyak, peluangmu pun demikian. Tetap semangat dan fokus karena keadaan pasti akan berbalik selagi kamu mau berjuang.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Gak Harus Punya Cita-cita yang Setinggi Langit

4. Mimpimu gak akan menjadi realita kalau kamu stuck pada kondisi keluargamu

5 Alasan Kamu Wajib Bermimpi meski Background Keluarga Gak Mendukungpexels.com/Yasin Gündogdu

Kalau latar belakang keluarga menjadi penghalang untuk meraih mimpi, percayalah mimpimu gak akan pernah menjadi kenyataan. Terkadang, kamu harus melupakan latar belakang keluargamu. Bukan berarti menjadi kacang lupa kulit, tapi supaya kamu gak stuck pada keadaan.

Anggaplah latar belakang keluarga sebagai salah satu kondisi yang kamu gak kamu harapkan supaya kamu bisa move on dari keadaan. Jadi, satu per satu mimpimu bisa terealisasi secara perlahan meskipun prosesnya gak mudah. 

5. Kalau sungguh-sungguh, hasilnya bisa melebihi ekspektasi

5 Alasan Kamu Wajib Bermimpi meski Background Keluarga Gak Mendukungpexels.com/Anna Shvets

Kamu bukan satu-satunya orang yang dilahirkan dari keluarga kurang beruntung. Ada banyak orang yang bernasib sama dan memilih untuk berjuang pada mimpi-mimpinya. Kamu pun harus seperti mereka.

Jangan mau dihentikan oleh keadaan karena kamu juga gak menginginkan hal ini. Baik kamu, keluarga, maupun keadaan, gak ada yang bisa disalahkan karena memang sudah begitu adanya.

Bermimpi maupun meraih mimpi adalah hak semua orang, begitu pula kamu. Jadi jangan biarkan apa pun menghalangimu, termasuk latar belakang keluarga. Karena ketika kamu berhasil, maka akan ada proud tersendiri yang membuatmu malah bersyukur pada keadaan.

Baca Juga: 5 Alasan Punya Cita-cita Menjadi Orang Kaya dan Tenar Itu Gak Salah 

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya