Comscore Tracker

5 Alasan Masuk Akal Kenapa Orang Sinis Sering Kali Dijauhi

#IDNTimesLife Kamu termasuk?

Punya teman yang sinis? Atau kamu mungkin sering dicap sebagai orang sinis? Apapun itu, yang pasti sebagian besar orang sinis kerap kali dijauhi orang lain. Rasanya sudah pasti gak mengenakkan, padahal muka sinis itu mungkin saja sudah menjadi pembawaan seseorang.

Jadi, orang sinis gak melulu dijauhi karena mereka pernah ngejahatin atau bermaksud memanfaatkan orang lain. Tapi, mungkin dijauhi karena beberapa alasan yang akan disebutkan di bawah ini. Apa saja ya kira-kira? 

1. Langsung dicap galak

5 Alasan Masuk Akal Kenapa Orang Sinis Sering Kali Dijauhipexels.com/Craig Adderley

Kebanyakan raut wajah orang sinis itu galak, seperti ingin memangsa seseorang. Padahal kenyataannya belum tentu seperti ini. Bisa jadi dia tipikal orang yang sangat baik atau lucu, cuma karena pembawaannya agak sinis, makanya kurang enak dilihat.

Inilah mengapa kamu gak boleh langsung ngejudge seseorang cuma berdasarkan bentukan luarnya saja. Kamu perlu mengenali dia lebih dalam lagi untuk membuktikan apakah wajah sinisnya memang selaras dengan sifat dan perbuatannya atau sebaliknya.

2. Bukan tipikal orang yang friendly

5 Alasan Masuk Akal Kenapa Orang Sinis Sering Kali Dijauhipexels.com/Pavel Danilyuk

Mengetahui seseorang friendly atau gak sebenarnya bisa dilihat dari raut wajahnya. Dan kebanyakan orang sinis gak punya wajah yang friendly, makanya mereka kerap kali dijauhi banyak orang. Jangankan berteman, untuk mendekat pun orang lain sudah takut.

Padahal gak selamanya seperti ini, ya! Justru ada beberapa orang yang kelihatan friendly dari luar, tapi di dalam malah sebaliknya. Cukup jahat, bahkan sering kali mengadu domba orang lain.

3. Sering dianggap memberi pengaruh buruk

5 Alasan Masuk Akal Kenapa Orang Sinis Sering Kali Dijauhipexels.com/Andrea Piacquadio

Bentuk wajahnya yang kurang enak dilihat membuat orang sinis kerap kali dinilai akan memberi pengaruh buruk kepada orang-orang di sekitarnya. Gak heran kenapa orang lain memilih menjauh karena memang mau menghindar dari pengaruh buruk itu.

Padahal terkadang, mereka yang sinis inilah yang bisa memberi pengaruh baik kepada seseorang. Cuma mungkin dengan cara yang tegas agar orang lain gak bisa memperlakukan mereka dengan seenaknya.

Baca Juga: 5 Tips untuk Menghindarkan Kita Menjadi Orang Sinis, Apa Saja?

4. Muncul rasa sungkan saat ingin berbicara dengan orang sinis

5 Alasan Masuk Akal Kenapa Orang Sinis Sering Kali Dijauhipexels.com/Budgeron Bach

Auranya yang kurang bersahabat tentunya membuat siapa saja takut untuk mengobrol dengan orang sinis. Bukannya takut bahan obrolannya gak nyambung, tapi lebih ke takut dicueki dan dianggap mengganggu. Wajar kalau orang lain menjauh daripada ujung-ujungnya sakit hati.

Orang lain cuma mau berbicara kalau ada hal penting atau kalau dicakapin duluan oleh orang sinis. Dan setelah beberapa kali berbicara, biasanya orang lain akan merasa nyaman karena apa yang ada di pikirannya ternyata gak sesuai dengan realita.

5. Ada orang yang takut "disembur"

5 Alasan Masuk Akal Kenapa Orang Sinis Sering Kali Dijauhipexels.com/Alex Green

"Disembur" dalam arti dimarahi padahal gak salah apa-apa. Gak ada yang mau, kan? Karena memang orang sinis itu ketus, omongan yang keluar dari mulutnya itu tepat sasaran, tajam, dan menusuk. 

Orang yang gak terbiasa pasti akan sakit hati dan gak akan mau bicara sama orang sinis lagi karena memang gak siap kalau harus menerima "semburan" untuk kedua kalinya.

Sekarang sudah tahu kan kenapa orang sinis kerap kali dijauhi? Kalau kamu salah satunya, ada baiknya berubahlah sedikit saja. Ubahlah pembawaanmu menjadi lebih bersahabat agar orang lain suka dekat denganmu.

Baca Juga: 5 Alasan Stop Memandang Sinis Orang yang Menangis Karena Patah Hati

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya