Comscore Tracker

5 Dampak Buruk jika Kamu Terlalu Sering Melihat ke Atas

#IDNTimesLife Melihat ke bawah juga perlu, lho!

Kalimat "lihatlah ke atas, tapi jangan lupa lihat ke bawah" mungkin sudah sering kamu dengar dalam keseharianmu. Melihat ke atas secara gak langsung akan memotivasimu untuk bekerja lebih keras dalam meraih kesuksesan. Sedangkan melihat ke bawah agar kamu gak lupa sama kondisimu yang dulu ketika sebelum menjadi orang sukses.

Tapi dalam praktiknya, kamu justru terlalu sering melihat ke atas yang secara otomatis memberikan dampak buruk bagi kehidupanmu. Dampak buruk seperti apa yang mungkin kamu rasakan? Yuk, dicek dalam poin-poin berikut ini. 

1. Membuatmu kurang bersyukur atas banyak hal

5 Dampak Buruk jika Kamu Terlalu Sering Melihat ke Ataspexels.com/Gift Habeshaw

Terlalu sering melihat ke atas nyatanya membuatmu merasa serba kekurangan dalam hidup. Sudah punya rumah, misalnya, mau punya apartemen, tanah, ruko, semuanya kalau bisa diborong olehmu. Rasa serba kekurangan inilah yang akhirnya membuatmu kurang bersyukur dalam hidup.

Padahal kalau kamu membuka mata lebar-lebar, masih banyak orang yang hidupnya jauh di bawahmu dan mereka masih bisa bersyukur. Sesekali cobalah lihat ke bawah agar kamu sadar kalau hidupmu bisa dikatakan beruntung.

2. Kamu dengan mudahnya meremehkan orang lain

5 Dampak Buruk jika Kamu Terlalu Sering Melihat ke Ataspexels.com/Eduardo Lempo

Nyatanya, gak semua orang yang hidupnya di atas berkelakuan baik. Ketika kamu terjerat di lingkungan mereka, sikap dan kelakuanmu pun akan ikut berubah ke arah negatif. Kamu biasanya akan dengan mudahnya meremehkan orang-orang di bawahmu karena memang lingkunganmu melakukan hal sama dalam kesehariannya.

Terkadang, penting untuk melihat ke bawah agar kamu gak lupa sama kondisimu yang dulu. Kamu gak seharusnya berlagak superior cuma karena sudah sukses. Justru harus lebih rendah hati dan menghargai orang-orang di bawah karena kamu sudah pernah berada di posisi yang sama sebelumnya.

3. Segala sesuatunya terlalu gampang di matamu

5 Dampak Buruk jika Kamu Terlalu Sering Melihat ke Ataspexels.com/Kebs Visuals

Sama seperti kebanyakan kehidupan orang kalangan atas yang serba mudah karena uang. Kamu yang terlalu melihat ke atas secara gak langsung akan mengikuti gaya hidup mereka yang memudahkan segalanya dengan uang. Ketika hidupmu bermasalah, uanglah yang bermain.

Akibat segala sesuatunya terlalu gampang di matamu, kamu jadi kurang menghargai kerja keras orang lain. Bahkan mengira kalau apa yang mereka capai sejauh ini gak lepas karena pengaruh uang.

Baca Juga: 5 Langkah Perubahan untuk Hidup yang Lebih Baik dan Bahagia

4. Secara gak langsung membuatmu lupa sama orang di sekitar

5 Dampak Buruk jika Kamu Terlalu Sering Melihat ke Ataspexels.com/Jacob Prose

Sudah pasti karena kamu terlalu sibuk melihat kehidupan orang-orang yang ada di atasmu. Jadi, waktu dan energi yang dimiliki habis untuk mencari tahu apa saja yang berhasil orang lain dapatkan dalam hidupnya, lalu kamu mencoba bandingkan dengan dirimu.

Padahal, titik dimana kamu berada sekarang gak lepas dari orang-orang di sekitarmu. Doa dan dukungan mereka jugalah yang membuatmu bisa seperti sekarang. Jadi, sebaiknya jangan pernah melupakan mereka yang telah berjasa untukmu.

5. Muncul keinginan untuk bersaing secara gak sehat

5 Dampak Buruk jika Kamu Terlalu Sering Melihat ke Ataspexels.com/Talal Hakim

Secercah harapan untuk berada di posisi yang sama seketika muncul saat kamu sering melihat kehidupan orang di atasmu. Dan ketika kamu ingin cepat-cepat mewujudkannya, maka muncullah keinginan untuk bersaing secara gak sehat. Kamu akan melakukan segala cara untuk menjatuhkan mereka agar posisi mereka digantikan olehmu. 

Padahal kalau dipikir-pikir, kamu pun bisa ada di posisi mereka. Gak sekarang, tapi nanti dan tentunya melalui proses yang cukup panjang. Dengan kesabaran, ketekunan, dan kerja keras, kamu pasti bisa. 

Boleh melihat ke atas untuk memberimu motivasi, tapi lihatlah dalam kacamata positif. Petik hal-hal positif yang bisa didapatkan dari orang yang sudah lebih dulu sukses, lalu terapkan dalam hidup agar kamu ikut kecipratan sukses. Jadi, kamu gak perlu merasakan kelima dampak buruk di atas, deh!

Baca Juga: 5 Langkah Perubahan untuk Hidup yang Lebih Baik dan Bahagia

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya