Comscore Tracker

Sebelum Iri, Ini 5 Fakta Postingan di Instagram yang Wajib Kamu Tahu

Jangan sampai terkecoh!

Saat buka aplikasi Instagram, kamu akan melihat banyak foto-foto terbaik seseorang yang bisa jadi inspirasi. Namun, kebanyakan foto tersebut justru bikin kamu insecure terhadap diri sendiri. Bahkan gak sedikit yang merasa iri karena menganggap betapa sempurnanya kehidupan orang lain.

Well, sebelum level insecure dan iri bertambah parah, ini lima hal yang perlu kamu ketahui tentang postingan di Instagram. Yuk, disimak!

1. Yang diunggah cuma yang terbaik, bukan behind the scenes-nya

Sebelum Iri, Ini 5 Fakta Postingan di Instagram yang Wajib Kamu Tahupexels.com/Maddog 229

Sudah pasti karena foto behind the scenes pasti berantakan, gak jelas, pokoknya kurang cocok di-posting. Makanya yang diunggah selalu foto terbaik, dengan pakaian dan mimik wajah terbaik pula agar mendapat banyak respons positif seperti likes dan komentar. 

Jadi, jangan iri sama unggahan yang bagus. Kalau mau, kamu juga bisa posting foto sebagus mereka asal ada usaha. Misalnya pakai kamera yang bagus, atur pencahayaan, dan pilih background yang mendukung. 

2. Butuh puluhan bahkan ratusan jepret untuk mendapatkan satu foto terbaik

Sebelum Iri, Ini 5 Fakta Postingan di Instagram yang Wajib Kamu Tahupexels.com/Daria Shevtsova

Gak dapat dimungkiri untuk mendapat satu foto terbaik butuh puluhan bahkan ratusan jepretan sekaligus. Bayangkan berapa banyak waktu dan tenaga yang dikorbankan cuma demi satu foto, jadi jangan pernah insecure sama fotomu yang cuma biasa saja. 

Sebab, usahamu untuk mendapatkan foto itu gak sebesar yang lain. Bahkan gak sedikit orang yang bela-belain sewa fotografer demi hasil foto yang ciamik. 

Baca Juga: 5 Bukti Kurangi Konsumsi Media Sosial Baik untuk Kesehatan Mental

3. Posting-an digunakan untuk menutupi kekurangan diri dan hidupnya

Sebelum Iri, Ini 5 Fakta Postingan di Instagram yang Wajib Kamu Tahupexels.com/Andrea Piacquadio

Konten yang orang lain posting di Instagram cuma yang baik-baiknya saja. Saat liburan, belanja, nongkrong, dan diberi hadiah oleh orang terkasih. Jarang orang mem-posting kehidupan nyata di sosial media karena aslinya memang gak sebahagia yang difoto. Ada ups and downs yang bikin mereka sendiri terkadang merasa terpuruk.

Sebahagia atau sesempurna apa pun kehidupan orang di sosial media, ingat itu hanya potret saja. Gak sedikit dari mereka menggunakan potret itu untuk menutupi kekurangan diri dan hidupnya. Jadi, jangan merasa gak ada apa-apanya dibandingkan orang lain, ya!

4. Banyak editan!

Sebelum Iri, Ini 5 Fakta Postingan di Instagram yang Wajib Kamu Tahupexels.com/Maksim Goncharenok

Ini sudah pasti, entah itu pencahayaan yang diedit, ketajaman, dan lain-lain untuk mendapatkan foto terbaik. Jadi, jangan mengira itu foto asli dengan wajah yang glowing atau background yang super bagus, misalnya. Memang, beberapa orang berani posting foto mentah alias gak diedit. Tapi, cuma beberapa orang karena kebanyakan pasti sudah diedit. 

Intinya, jangan terlalu percaya sama postingan di Instagram. Kalau mau kamu bisa buktikan sendiri dengan datang langsung ke tempatnya atau bertatap muka dengan orangnya.

5. Bagian dari pekerjaan seseorang

Sebelum Iri, Ini 5 Fakta Postingan di Instagram yang Wajib Kamu Tahupexels.com/murat esibatir

Pekerjaan yang ada hubungannya dengan sosial media, seperti content creator, influencer, bahkan selebriti sekalipun sudah pasti mengunggah foto terbaik. Sebab, ini bagian dari pekerjaannya. Kalau misalnya konten yang mereka unggah gak atau kurang bagus, yang ada mereka gak akan dipercaya lagi untuk mempromosikan suatu brand.

Kalau kamu ada di posisi mereka, pasti akan melakukan hal yang sama. Tapi karena saat ini kamu gak ada di posisi mereka, untuk apa? 

Merasa iri apalagi insecure karena postingan seseorang di Instagram itu semestinya dikurangi. Kamu gak perlu membandingkan diri atau kehidupan kamu dengan mereka karena kelasnya berbeda. Semakin kamu bandingkan, semakin gak bahagia hidupmu. So, hentikan dan tetaplah bersyukur!

Baca Juga: 6 Alasan Kamu Butuh Detoks Media Sosial saat Pandemik, Perlu Dicoba

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya