Comscore Tracker

Gak Hanya Mengeluh, Ini 5 Tanda Kalau Kamu Pesimis Abis

Kamu termasuk gak, ya?

Pesimis dan optimis merupakan dua sikap yang sangat berbeda. Orang yang pesimis biasanya memandang segala sesuatu dari sisi negatifnya saja. Sedangkan orang optimis selalu berpikir positif terhadap hal-hal yang terjadi dalam hidupnya, sehingga dirinya tetap termotivasi untuk menggapai segala sesuatu.

Mengenal orang-orang yang terlahir dengan sikap pesimis tidak begitu sulit. Selain mudah mengeluh, berikut 5 tanda yang biasanya ditunjukkan oleh orang-orang pesimis. Apakah kamu termasuk salah satunya? Yuk, langsung cekidot.

1. Menyerah sebelum mencoba apapun

Gak Hanya Mengeluh, Ini 5 Tanda Kalau Kamu Pesimis Abisunsplash.com/anthony tran

Menyerah sebelum berperang hanya dilakukan oleh orang-orang pesimis. Padahal baik buruknya suatu hasil bisa diketahui kalau kamu sudah mencobanya. Kalau gak pernah coba, ya sama saja bohong. Sampai kapanpun kamu gak akan pernah tahu batas kemampuanmu yang sesungguhnya.

Kalaupun gagal, setidaknya kamu sudah pernah mencoba. Dengan begini, kamu bisa memperbaiki diri di masa yang akan datang, sehingga kualitas dirimu semakin baik ke depannya.

2. Selalu beranggapan kalau pekerjaanmu gak membuahkan hasil

Gak Hanya Mengeluh, Ini 5 Tanda Kalau Kamu Pesimis Abisunsplash.com/naomi august

Ketika mengerjakan sesuatu, hasil yang kamu peroleh bisa saja kurang maksimal. Tapi, bukan berarti pekerjaanmu gak membuahkan hasil, ya! Hasilnya tetap ada, kok. Hanya saja belum semaksimal yang kamu harapkan.

Dengan latihan rutin dan diimbangi dengan kerja keras, percayalah kalau suatu saat nanti kamu akan memperoleh hasil yang maksimal. Tetap positif, ya!

Baca Juga: Jangan Pesimis, 6 Renungan Buat yang Merasa Kerja Keras Gak Dihargai

3. Gagal? Gak perlu heran, sudah biasa

Gak Hanya Mengeluh, Ini 5 Tanda Kalau Kamu Pesimis Abisunsplash.com/zoe deal

Kalimat seperti, “Hm, hasilnya sudah bisa ditebak dari awal, ya sudahlah,” biasanya hanya diungkapkan oleh orang-orang pesimis. Yup, kamu yang pesimis akan memandang kegagalan sebagai hal yang biasa. Hal inilah yang membuatmu menjadi malas mencoba di kesempatan berikutnya.

Padahal kamu bisa menjadikan kegagalan sebagai pelajaran paling berharga dalam hidupmu. Kamu bisa ambil nilai positif dari sebuah kegagalan untuk memperbaiki dirimu di kemudian hari.

4. Memandang sesuatu sebagai keberuntungan

Gak Hanya Mengeluh, Ini 5 Tanda Kalau Kamu Pesimis Abisunsplash.com/joao silas

Orang pesimis memandang kesuksesan sebagai suatu keberuntungan yang akan didapatkan oleh orang-orang terpilih. Padahal kesuksesan merupakan buah dari usaha dan kerja keras yang diperoleh melalui tetesan keringat dan pengorbanan.  

Pola pikir seperti ini akan membuat sikap pesimismu meningkat 180 derajat. Untuk itu, ubah pola pikirmu karena gak ada satu hal pun yang diperoleh secara instan, melainkan melalui proses yang cukup panjang.

5. Berteman sama orang-orang yang pesimis juga

Gak Hanya Mengeluh, Ini 5 Tanda Kalau Kamu Pesimis Abisunsplash.com/sam burriss

Lingkungan pergaulan sangat mempengaruhi pola pikirmu. Kamu yang tadinya optimis mendadak berubah menjadi pesimis karena pengaruh orang-orang yang ada di sekitarmu. Untuk itu, pilih lingkungan pergaulan yang tepat, yang dapat membuat dirimu semakin berkembang bukan semakin pesimis.

Pada kenyataannya, gak semua hal bisa dilakukan dan dicapai dengan mudah. Tapi, kamu gak seharusnya mengeluh apalagi menyerah begitu saja. Cepat atau lambat, pengorbananmu akan membuahkan hasil, kok. So, kikis sikap pesimis dan segera tumbuhkan sikap optimis dalam dirimu.

Baca Juga: 6 Mindset Positif Ini Berguna Mengubah Dirimu Menjadi Pribadi Optimis

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya