Comscore Tracker

Jangan Pernah Kubur Mimpimu Cuma karena 5 Alasan Ini

#IDNTimesLife Mimpimu harus diwujudkan!

Mimpi, semua orang punya mimpi yang berbeda-beda dalam hidupnya. Ada yang bermimpi bisa bekerja di perusahaan terbaik di dunia, ada yang mimpi bisa punya rumah sebelum usia 30, dan lain sebagainya. Hal yang paling menarik adalah mimpi tersebut gak cuma satu, tapi banyak. 

Sayangnya, beberapa orang justru mengubur mimpinya dalam-dalam karena berbagai alasan. Apakah kamu salah satunya? Sebaiknya jangan pernah kubur mimpimu, apalagi cuma karena lima alasan berikut ini.

1. Keluarga kurang setuju sama mimpimu

Jangan Pernah Kubur Mimpimu Cuma karena 5 Alasan Inipexels.com/Hải Nguyễn

Banyak yang rela melakukan apa pun demi keluarganya. Masuk akal, tapi mengubur mimpi karena keluarga gak setuju bukanlah pilihan yang tepat. Justru di sini kesungguhanmu untuk menggapai mimpi tersebut diuji. Kalau kamu mundur, berarti kamu sudah lelah memperjuangkannya.

Siapa saja boleh gak setuju sama mimpimu, tapi akan lebih baik kalau kamu memberikan alasan yang jelas kenapa kamu ingin mencapainya. Yakinkan mereka dengan semua rencana yang telah kamu susun, jadi keraguan mereka terhadapmu hilang.

2. Kondisi keuangan gak mencukupi

Jangan Pernah Kubur Mimpimu Cuma karena 5 Alasan Inipexels.com/Karolina Grabowska

Ada juga beberapa orang yang harus mengubur mimpinya dalam-dalam karena perkara finansial. Gak bisa dimungkiri, meraih sesuatu memang butuh uang. Tapi, setidaknya kamu masih bisa menabung dalam kurun waktu tertentu untuk mengumpulkan modalnya. 

Kamu masih punya pilihan, jadi jangan dengan gampangnya mengubur mimpi cuma karena gak ada uang. Tetaplah berjuang karena semuanya pasti akan dicukupkan asal kamu serius.

3. Takut dikatain orang lain

Jangan Pernah Kubur Mimpimu Cuma karena 5 Alasan Inipexels.com/C Technical

Ada juga orang yang mengubur mimpinya karena takut dikatain orang lain. Takut dibilang berlebihan, ngaco, terlalu banyak berharap, dan lain-lain. Padahal apa yang orang lain katakan sebenarnya gak perlu didengar.

Lagipula, kunci tercapai atau gaknya mimpi ada di tangan kamu, bukan di tangan orang lain. Lebih baik tutup telingamu rapat-rapat supaya kamu gak lagi mendengar perkataan orang lain.

Baca Juga: Meski Bukan Karier Impian, 5 Alasan Kamu Harus Mensyukuri Pekerjaanmu

4. Banyaknya persaingan

Jangan Pernah Kubur Mimpimu Cuma karena 5 Alasan Inipexels.com/Karabo Lengwadi

Terkadang, apa yang kamu inginkan juga diinginkan oleh orang lain. Gak heran kalau persaingan banyak dan semakin ketat dari waktu ke waktu. Meski begitu, mengubur mimpi sama sekali gak disarankan, ya. Kamu bisa dikatakan pengecut kalau sampai mengubur mimpimu sebelum bersaing.

Lebih baik coba dulu sebisa kamu, nanti kalau hasilnya nihil setelah beberapa kali mencoba, baru deh boleh beralih ke mimpi lain. Setidaknya kamu memberi ruang untuk rehat sejenak sebelum akhirnya kembali berjuang untuk menggapai mimpimu yang semula.

5. Banyaknya pilihan yang kedengarannya jauh lebih baik

Jangan Pernah Kubur Mimpimu Cuma karena 5 Alasan Inipexels.com/Streetwindy

Hidup itu pilihan, sama seperti mimpi-mimpimu yang juga bisa dipilih. Kamu bisa memilih mau mencapai mimpi yang mana dulu, tapi jangan sampai mengubur mimpi yang sudah lama ingin dicapai cuma karena banyaknya pilihan lain yang kedengarannya lebih menarik.

Sebab, menarik kedengarannya, belum tentu bisa kamu capai juga. Sesuaikan dengan kapabilitas kamu agar usaha yang dilakukan dapat memberi hasil yang maksimal. 

Sadar atau gak, mimpi-mimpimu lah yang membawamu sampai di titik ini. Makanya, teruslah bermimpi agar kamu tetap semangat menjalani hari-hari sehingga kehidupanmu pun jadi lebih baik lagi.

Baca Juga: 5 Hal Ini Sering Menjadi Hambatan Terbesar dalam Mewujudkan Impian

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya