Comscore Tracker

5 Karakter Teman Ini Dibutuhkan Saat Usia Makin Matang, Gak Cuma Baik!

#IDNTimesLife Pertemanan harus makin berkualitas!

Tingkat selektifitas seseorang semakin meningkat seiring bertambahnya umur. Bukan hanya saat mencari pacar, tapi juga teman. Sebab, sebelum bertemu jodoh, kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu bersama teman-temanmu. 

Jika seandainya kamu dipertemukan dengan karakter teman seperti berikut, please jangan sia-siakan mereka. Sebab, menemukan teman seperti mereka ini sulitnya minta ampun, lho!

1. Teman yang gak seenaknya judge kamu cuma karena beda pendapat

5 Karakter Teman Ini Dibutuhkan Saat Usia Makin Matang, Gak Cuma Baik!pexels.com/mentatdgt

Perbedaan itu akan selalu ada dalam hal apa pun, terlebih lagi dalam kehidupan sehari-hari. Logikanya saja antara kamu dan saudara kandungmu yang dilahirkan dari rahim yang sama saja sering berbeda pendapat, apalagi dengan orang lain.

Dalam mengatasi perbedaan inilah kamu butuh sosok teman yang gak seenaknya judge orang lain cuma karena masalah kecil. Tapi, lebih menghargai sejumlah perbedaan karena inilah yang membuat pertemanan semakin kuat.

2. Gak ikut campur saat mengambil keputusan

5 Karakter Teman Ini Dibutuhkan Saat Usia Makin Matang, Gak Cuma Baik!pexels.com/Craig Adderley

Teman yang gak mau ikut campur sama urusanmu juga patut dicari kala usia semakin tua. Bukannya gak peduli, dia tetap memberi saran saat kamu membutuhkannya. Namun, dia memilih untuk membiarkanmu menentukan yang terbaik menurut versimu sendiri.

Sebab, kamu sendirilah yang menjalani keputusan tersebut, bukan dia. Lagipula sebelum memutuskan, kamu pasti sudah mempertimbangkan dampaknya terlebih dahulu, jadi gak sembarangan mengambil keputusan. 

3. Teman yang tetap membelamu di saat yang lain mulai menyudutkanmu

5 Karakter Teman Ini Dibutuhkan Saat Usia Makin Matang, Gak Cuma Baik!pexels.com/Andrea Piacquadio

Banyak orang yang datang padamu di saat senang saja, tapi giliran kamu susah, langsung ditinggalkan. Bahkan di momen susah ini, ada pula orang yang berusaha menyudutkanmu agar kamu semakin terpuruk. Namun, dia yang menjadi temanmu gak melakukan hal ini. Dia justru berusaha membelamu karena dia lebih tahu jalan cerita kesusahanmu.

Jika pembelaannya sia-sia, dia memilih menutup telinga, masa bodoh, atau meninggalkan perkumpulan untuk menyibukkan diri. Sebab, mendengarkanmu disudutkan orang lain bikin dia sakit hati. Yakin mau melewatkan karakter teman seperti ini?

Baca Juga: 5 Tipe Teman Kantor yang Bikin Jengkel Setengah Mati, Banyak Sabar!

4. Tetap menanyakan kabarmu meskipun dia sudah punya kehidupan yang baru

5 Karakter Teman Ini Dibutuhkan Saat Usia Makin Matang, Gak Cuma Baik!pexels.com/Andrea Piacquadio

Cepat atau lambat, seseorang yang kamu anggap teman atau sahabat akan mempunyai kehidupan baru. Entah dia punya pacar, menikah, atau menimang momongan. Dan di saat seperti ini, duniamu berubah secara perlahan.

Namun, dia gak seenaknya meninggalkanmu begitu saja karena kehidupan barunya. Dia justru membuat tali silaturahmi di antara kalian semakin kuat. Sebab, akan ada saat dimana dia membutuhkanmu, begitu pula sebaliknya, jadi bisa tetap saling membantu.

5. Yang ikut tertawa meskipun leluconmu agak garing

5 Karakter Teman Ini Dibutuhkan Saat Usia Makin Matang, Gak Cuma Baik!pexels.com/Elle Fairytale

Bukan supaya terlihat asyik di depanmu, tapi karena dia ikut merasakan kebahagiaan yang kamu rasakan saat tertawa kencang. Ini membuat hatinya bersorak ria karena salah satu orang yang disayanginya berhasil bahagia kala itu, apalagi setelah melewati pergumulan yang begitu berat.

Dia lega karena gak perlu mengkhawatirkan kondisimu lagi. Kamu sudah berhasil pulih dari kondisi terpuruk dan kini dapat menjalani hidup penuh warna.

Sebisa mungkin hindarilah karakter teman yang membawa toxic dalam kehidupanmu. Carilah teman yang karakternya berkualitas agar kamu terbentuk menjadi pribadi yang lebih berkualitas pula.

Baca Juga: Jaga Jarak, Ini 5 Tipe Teman yang Bisa Bikin Kita Merasa Insecure!

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya