Comscore Tracker

5 Masalah Ini Muncul kalau Kamu Sering Merekayasa Hidup

Mesti hati-hati nih!

Kalau harus memilih antara hidup enak dan tidak enak, kita pasti bakal pilih yang enak. Benar, kan? Namun, realitasnya kebalikan dari yang kita inginkan. Tak heran kalau makin banyak orang yang merekayasa hidupnya. Pura-pura kaya dan hidup dalam balutan kebahagiaan, padahal nyatanya harus berjuang mati-matian untuk bisa bertahan hidup.

Apakah kamu termasuk salah satu yang suka merekayasa hidup? Kalau iya, siap-siap karena lima masalah ini akan menimpamu cepat atau lambat.

1. Membebani dirimu sendiri

5 Masalah Ini Muncul kalau Kamu Sering Merekayasa Hiduppexels.com/Min An

Exactly! Itu karena hidup yang kamu jalani tidak seperti yang dilihat orang. Namun, karena sudah terlanjur dilihat kaya dan bahagia, kamu terpaksa berpura-pura terus karena kamu tidak siap menanggung malu. 

Sebelum ekspektasi orang lain semakin tinggi, lebih baik jujurlah sama dirimu yang sebenarnya. Lebih baik malu sekarang daripada nanti saat orang lain yang mengetahui kamu yang sebenarnya.

2. Bakal dijuluki drama queen/king

5 Masalah Ini Muncul kalau Kamu Sering Merekayasa Hiduppexels.com/Andrea Piacquadio

Dalam hal bersedih, misalnya, kamu sebenarnya tidak sedih, tapi terpaksa nampak sedih untuk mendapatkan perhatian orang lain. Logikanya, untuk apa? Awalnya, orang lain akan simpati, tapi lama-kelamaan bakal muak dan menjuluki kamu si drama queen/king saat mereka tahu kebenarannya.

Meski dunia ini panggung sandiwara, bukan berarti kamu bisa bebas akting. Baiknya, kurangi kebiasaan untuk merekayasa hidup agar hidup kamu diisi oleh kebenaran saja.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Persahabatan yang Dulu Sempat Renggang dan Bermasalah

3. Ada kemungkinan orang akan menjauhimu

5 Masalah Ini Muncul kalau Kamu Sering Merekayasa Hiduppexels.com/mentatdgt

Ketika orang lain tau kalau kamu hanya bersandiwara, satu per satu dari mereka pasti menjauh. Sejatinya, tidak ada yang tahan bila harus berteman dengan si tukang drama yang suka bohong sama kehidupan pribadinya.

Agar masalah ini tidak bertambah parah, sebaiknya terima dirimu apa adanya. Akui siapa kamu yang sebenarnya di hadapan banyak orang. Ingat, kamu tidak perlu menjadi orang hebat biar bisa punya banyak teman.

4. Orang lain bakal kesulitan mengenalimu

5 Masalah Ini Muncul kalau Kamu Sering Merekayasa Hiduppexels.com/RF._.studio

Kebiasaan yang suka merekayasa hidup akan menyulitkan orang lain untuk mengenalimu. Sebab, kamu terlalu banyak mengubah hal-hal yang ada di dalam hidupmu untuk terlihat sempurna di mata orang lain. Di lain sisi, kamu juga kesulitan untuk membangun hubungan yang serius karena kamu tidak mau jujur sama diri sendiri dan pasangan.

Sejatinya, kamu tidak perlu mengubah apa pun dalam hidupmu dan buat diri sendiri tidak nyaman melakukannya. Lebih enak jadi diri sendiri saja.

5. Kamu terlatih menjadi pembohong

5 Masalah Ini Muncul kalau Kamu Sering Merekayasa Hiduppexels.com/Marcelo Dias

Kelihaianmu dalam merekayasa sesuatu secara tidak langsung melatihmu untuk berbohong sama diri sendiri dan orang lain. Akibatnya, akan semakin sulit bagimu untuk berkata jujur karena muncul rasa gak nyaman saat hendak melakukannya.

Mulai dari sekarang, kikislah sifatmu yang suka merekayasa hidup kalau tujuannya untuk menyenangkan hati orang lain. Terima dirimu apa adanya dan jadilah diri sendiri agar hidupmu lebih enteng.

Merekayasa kehidupan itu sejatinya gak menguntungkan, jadi jangan dilakukan lagi, ya!

Baca Juga: Saking Berharganya, 5 Hal Ini Gak Bakal Bisa Dibeli dalam Persahabatan

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya