Comscore Tracker

5 Trik Jitu Menghilangkan Pikiran Negatif yang Sering Menghampiri Kita

Pikiran negatif itu sebenarnya gak ada, lho!

Ada banyak hal yang membuat kita berpikiran negatif. Pikiran ini biasanya muncul saat kita sudah terlanjur nge-judge suatu hal buruk, membuat kita sulit untuk mengubah jalan pikiran ke arah yang positif.

Pikiran negatif sejatinya dapat dihilangkan. Tentunya dengan beberapa trik jitu seperti yang akan disebutkan di bawah ini, sehingga arah pikiranmu perlahan-lahan menjadi positif. Intip, yuk!

1. Latihan mengontrol pikiran sesering mungkin

5 Trik Jitu Menghilangkan Pikiran Negatif yang Sering Menghampiri Kitapexels.com/Marlene Leppänen

Yang pertama kali harus dilakukan adalah mengontrol pikiran sesering mungkin. Praktiknya memang gak mudah, tapi dengan sedikit latihan, pasti berhasil. Di sini kita harus berusaha untuk menjauhkan hal-hal negatif yang mungkin sudah terlebih dulu terlintas di pikiran.

Anggaplah kalau itu cuma prasangka kita saja, yang tingkat kebenarannya sangat kecil. Setelah itu, biarkan hal-hal positif masuk secara perlahan.

2. Anggaplah kalau pemikiran negatif itu cuma ingin menakut-nakuti kita saja

5 Trik Jitu Menghilangkan Pikiran Negatif yang Sering Menghampiri Kitapexels.com/Andrea Piacquadio

Don't be fooled by your thoughts. Ya, kita gak seharusnya dipermainkan oleh apa yang ada di dalam pikiran karena kenyataannya pikiran tersebut gak selamanya benar. Terkadang, pikiran negatif itu datang cuma untuk menakut-nakuti kita saja.

Sementara dalam realisasinya, apa yang kita pikirkan sama sekali gak terjadi. Makanya jangan pernah terbuai dengan permainan pikiran. Bisa stres, lho!

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Mempertanyakan Pikiran Negatif yang Muncul

3. Biasakan mendengar hal-hal positif

5 Trik Jitu Menghilangkan Pikiran Negatif yang Sering Menghampiri Kitapexels.com/Burst

Trik selanjutnya adalah biasakan mendengar hal-hal positif. Caranya dengan bergaul dengan orang yang berpikiran positif atau sering mendengar podcast tentang hal-hal positif. Dengan demikian, kita ikut terbawa arus pemikiran positif.

Sebaiknya luangkan waktu yang cukup agar kita bisa mendengar lebih banyak dari orang lain. Jadi, bisa sekaligus belajar dan saling mengenal satu dengan yang lain.

4. Jangan biarkan kita menghayal dalam waktu yang cukup lama

5 Trik Jitu Menghilangkan Pikiran Negatif yang Sering Menghampiri Kitapexels.com/Chad Witbooi

Berkhayal memang enak, tapi apa yang kita khayalkan gak selamanya tentang mimpi atau apa yang diinginkan di masa depan. Terkadang, yang sering muncul justru hal-hal negatif tentang hubungan kita dengan orang lain atau perjalanan karier yang gak kunjung membaik.

Sebelum khayalan kita semakin jauh, ayo sadar! Jangan mau terbuai dengan apa yang kita khayalkan. Selain memicu kesedihan, khayalan ini juga dapat memicu kebencian terhadap orang yang mungkin pernah menyakiti kita meskipun kita sudah melupakannya.

5. Ambil hal-hal positif dari setiap kejadian yang terjadi

5 Trik Jitu Menghilangkan Pikiran Negatif yang Sering Menghampiri Kitapexels.com/Andrea Piacquadio

Dari setiap perjalanan di dalam hidup, tentunya ada berbagai nilai positif dan negatif. Coba ambil nilai positifnya dan buang yang negatif agar kita merasa jauh lebih baik daripada sebelumnya. 

Percayalah, pikiran positif memberikan secerca kebahagiaan ke dalam kehidupan meskipun kita sedang berada di situasi sulit. Pikirkan level kebahagiaan yang akan didapatkan agar pikiran negatif dapat kita buang jauh dari kehidupan.

Ujung tombak dari pikiran adalah diri kita sendiri. Sebaiknya miliki kontrol pikiran yang baik untuk memilah mana yang positif, sehingga yang negatif terkikis secara perlahan. 

Baca Juga: 5 Tips Ampuh untuk Menepis Pikiran Negatif yang Suka Berkeliaran

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya