Comscore Tracker

Guys, Ini 5 Tipe Negatif Self-Talk yang Mesti Dijauhi Demi Kebaikanmu

 Negative self-talk memang tidak dianjurkan

Dari namanya, kamu sudah bisa mengartikan apa itu self-talk. Yep, self-talk adalah suatu tindakan mengkritik diri sendiri yang dapat menimbulkan perasaan cemas dan kurang percaya diri. Akibat self-talk yang terlalu sering, kamu merasa kalau dirimu kurang layak dan pantas ada di dunia ini.

Dari sekian banyak hal-hal negatif yang kamu lakukan dan ucapkan, berikut 5 jenis negatif self-talk yang paling berbahaya.

1. Membanding-bandingkan

Guys, Ini 5 Tipe Negatif Self-Talk yang Mesti Dijauhi Demi Kebaikanmuunsplash.com/Alexander Dinamarca

“Kenapa dia lebih cantik, pintar, disenangi banyak orang, dan famous dari aku ya?” Kalimat seperti ini sering kali terbersit di dalam hatimu. Kamu selalu menganggap dirimu kurang ini dan itu, sementara orang lain kamu anggap paling sempurna.

Akibat hal ini, rasa percaya dirimu akan otomatis turun. Secantik dan sebagus apa pun kamu berdandan, kamu tetap saja kurang pede karena self-talk negatif ini sudah membekas dalam dirimu. Sesekali, pujilah dirimu sendiri untuk mengembalikan rasa percaya diri secara perlahan.

2. Menyalahkan diri sendiri

Guys, Ini 5 Tipe Negatif Self-Talk yang Mesti Dijauhi Demi Kebaikanmuunsplash.com/Ioana Casapu

Saat rencana tidak berjalan sesuai harapan, kamu sering menyalahkan dirimu sendiri. Benar, kan? Kamu mengatakan hal-hal yang tidak baik kepada dirimu, bahkan rela mengurung diri. Bukannya semakin membaik, perilakumu ini tanpa disadari dapat menimbulkan stres.

Sesekali, coba ambil nilai positifnya. Anggaplah kesalahan ini sebagai bagian dari proses belajar. Toh, waktu dan harimu masih sangat panjang untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Santai saja!

Baca Juga: Memahami Self-Care dan Self-Love, Meski Berbeda Tapi Sama Pentingnya

3. Underestimate diri sendiri

Guys, Ini 5 Tipe Negatif Self-Talk yang Mesti Dijauhi Demi Kebaikanmuunsplash.com/Alex Holyoake

Sekali saja kamu merendahkan diri sendiri, percayalah, kamu akan sulit meraih kesuksesan. Hal ini terjadi karena kamu sudah me-mindset diri dengan kata “gagal” atau “tidak bisa”, padahal kamu belum mencobanya sama sekali.

Jadi, berhentilah meremehkan kemampuanmu. Mulailah memotivasi diri agar kamu semakin semangat dan apa pun yang diinginkan bisa terwujud.

4. Memprovokasi masalah

Guys, Ini 5 Tipe Negatif Self-Talk yang Mesti Dijauhi Demi Kebaikanmuunsplash.com/Naitian(Tony) Wang

Negatif self-talk berikutnya adalah memprovokasi masalah, di mana masalah kecil suka sekali kamu besar-besarkan. Tindakan ini tentu saja tidak akan menyelesaikan masalah, melainkan membuat masalah semakin pelik dan runyam.

Ketika masalah muncul, tenangkan diri dan diamlah sejenak sembari memikirkan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dengan demikian, pikiranmu bisa kembali tenang, kamu juga terhindar dari tekanan.

5. Emosional based

Guys, Ini 5 Tipe Negatif Self-Talk yang Mesti Dijauhi Demi Kebaikanmuunsplash.com/AndriyKo Podilnyk

Dan negative self-talk terakhir adalah mengandalkan emosi saat menghadapi sesuatu. Ketika kamu ditimpa masalah, kamu malah sibuk mencari pelarian. Misalnya saat urusan kantor tidak selesai, kamu cenderung mencari makanan untuk menenangkan dan memperbaiki mood.

Memang, cara ini akan membuat mood tetap stabil, tapi hanya sementara saja. Setelah itu, kamu akan kembali merasa tertekan karena urusan tersebut. Jadi, lebih baik belajar kontrol emosimu dari sekarang demi kebaikan dan kesehatan jiwa ragamu.

Negatif self-talk memang sangat berbahaya. Jadi, jangan biarkan tumbuh dan berkembang dalam dirimu ya! Jauhkan sesegera mungkin demi kebahagiaanmu.

Baca Juga: Ini 6 Cara Mudah Meningkatkan Self-Worth dalam Dirimu

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Just a regular girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya