Comscore Tracker

5 Sifat yang Mesti Ditinggalkan di Tahun 2019, Welcome 2020!

Jadikan tahun 2020-mu lebih bermakna, guys!

Tahun 2019 akan usai dalam hitungan jam. Wow! Gak terasa banget ya, tahun 2020, tahun yang baru pun akan datang. Agar tahun 2020 benar-benar jadi tahun yang baru, segala sifat buruk di tahun 2019 haruslah ditinggalkan.

Sifat buruk itu tak jarang menjadi penghambat kesuksesan dan kebahagiaanmu, lho! Berikut 5 jenis sifat buruk tahun 2019 yang mesti kamu tinggalkan.

1. Membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain

5 Sifat yang Mesti Ditinggalkan di Tahun 2019, Welcome 2020!unsplash.com/Ethan Sykes

Faktanya, kamu masih sangat sering membandingkan dirimu dan orang lain. Bukan hanya paras, tetapi juga sifat dan materi. Akibatnya, kamu sering merasa terpuruk dan terasingkan karena merasa gak fit in di lingkungan.

Sekarang, hentikan lah sifatmu yang satu ini. Cobalah untuk menerima dirimu apa adanya, sehingga kamu lebih mensyukuri apa yang dimiliki saat ini.

Ya, walaupun dalam praktiknya berat, kamu tetap harus mencoba. Demi kebahagiaan dan kebaikanmu juga, lho!

2. Melakukan apa pun demi membahagiakan orang lain

5 Sifat yang Mesti Ditinggalkan di Tahun 2019, Welcome 2020!unsplash.com/Gokil

Di tahun 2019 ini, kamu mungkin sering mengorbankan dirimu sendiri demi orang lain. Tujuan utamamu tak lain untuk membuat mereka bahagia.

Benar, mereka memang bahagia, tapi kamu sendiri yang merasakan sakitnya. Sementara orang lain sama sekali tidak memikirkan apa yang terjadi padamu.

So, di tahun 2020 ini, kamu boleh tuh mengikis hasrat untuk membahagiakan orang lain. Kalaupun ingin tetap melakukannya, sebaiknya pikirkan dulu dirimu sendiri. Usahakan seimbang, sehingga kamu tak merasakan pahitnya sendirian.

Baca Juga: 5 Hal Negatif Ketika Kamu Memiliki Sifat Egois, Yuk Berubah! 

3. Selalu berkata “nanti saja”

5 Sifat yang Mesti Ditinggalkan di Tahun 2019, Welcome 2020!unsplash.com/Maria Badasian

Menunda pekerjaan memang asyik, bukan? Tapi, sifat ini justru menjauhkanmu dari goals yang sudah kamu buat di awal. Jadi, sangat wajar bila kamu tak pernah mendapatkan apa yang kamu impikan.

Maka dari itu, buang jauh-jauh sifat jelek ini. Ketika kamu punya sesuatu untuk dikerjakan, ya kerjakan sekarang.

Sebab, kamu gak akan pernah tahu tugas yang akan datang. Daripada ujung-ujungnya keteteran dan gak terselesaikan, mending dicicil bukan?

4. Tidak punya independensi

5 Sifat yang Mesti Ditinggalkan di Tahun 2019, Welcome 2020!unsplash.com/Naitian(Tony) Wang

Namanya manusia, pastilah punya kebimbangan dan keraguan dalam hidupnya. Akan tetapi, jangan jadikan dua hal ini sebagai alasan kamu untuk menggantungkan diri kepada orang lain.

Seiring bergantinya tahun, ingatlah kalau umurmu pun akan bertambah. Belajarlah untuk menjadi sosok yang mandiri dan independen, yang tahu mengambil keputusan yang tepat bagi diri sendiri.

Kamu gak perlu khawatir gagal. Asal kamu niat untuk berubah, percayalah kamu pasti bisa menjadi pribadi independen. Waktu akan mengajarkanmu caranya.

5. Kurang peduli terhadap kesehatan

5 Sifat yang Mesti Ditinggalkan di Tahun 2019, Welcome 2020!unsplash.comAli Pazani

Bekerja keras dan berkarier mungkin menjadi salah satu tujuan hidupmu saat ini. Oke fine, tapi apakah kamu sudah menyeimbangkannya dengan pola hidup sehat?

Jawabannya, belum. Buktinya masih banyak di antara kamu yang sering jatuh sakit karena kecapekan bekerja.

Di tahun yang 2020 nanti, pastikan kamu lebih care terhadap kesehatanmu. Sebagus apa pun kariermu dan sebanyak apa pun uangmu, kalau sudah jatuh sakit, semua akan lenyap dalam sekejap. Ingat itu!

Bila kamu ingin hidupmu jauh lebih baik dan bersinar di tahun baru ini, coba jauhkan sifat-sifat jelek di atas ya! Kamu pasti bisa, semangat!

Baca Juga: Tahun Baru, Resolusi Baru? 6 Hal yang Tidak Boleh Terlewatkan

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Just a regular girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya