Comscore Tracker

5 Sifat yang Harus Disingkirkan agar Hidupmu Lebih Enteng  

#IDNTimesLife Yuk, mulai disingkirkan! 

Kalau boleh jujur, kamu pasti ingin agar perjalanan hidupmu enteng dalam segala hal. Namun, yang terjadi justru kebalikannya. Hidupmu penuh dengan kesusahan dan segala jenis drama yang terkadang membuatmu menyerah begitu saja.

Salah satu penyebabnya adalah sifat. Ya, sifatmulah yang perlu diubah agar hidupmu bisa menjadi lebih enteng dalam segala hal. Berikut ini lima sifat yang sejatinya perlu kamu ubah.

1. Suka melebih-lebihkan sesuatu

5 Sifat yang Harus Disingkirkan agar Hidupmu Lebih Enteng  pexels.com/RODNAE Productions

Kamu gak perlu melebih-lebihkan sesuatu untuk mendapatkan predikat baik atau dipuji oleh orang lain. Sebab, perkataan ini terkadang membebani kamu tanpa disadari. Ketika yang kamu katakan gak benar, kamu bisa dikatain banyak cakap sama orang-orang di sekitarmu.

Kalau sudah begini, hidupmu pasti gak akan enteng. Sebab, kamu jadi punya masalah baru yang mesti diselesaikan, yaitu menghapus gelar banyak cerita itu sehingga orang lain bisa percaya lagi pada perkataanmu. 

2. Suka mengeluh atas semuanya 

5 Sifat yang Harus Disingkirkan agar Hidupmu Lebih Enteng  pexels.com/Gabriela Pereira

Mengeluh bukannya membuat hidup kamu tambah enteng, tapi tambah sulit. Kalimat negatif yang keluar dari mulutmu sering kali jadi kenyataan karena alam bawah sadarmu secara gak langsung membawamu pada apa yang telah diucapkan sebelumnya.

Jika kamu berkata gak berhasil, maka percayalah kamu gak akan berhasil. Tapi kalau kamu mengatakan berhasil, maka alam bawah sadar perlahan-lahan akan membukakan jalan bagimu untuk mencapai kesuksesan.

3. Meminta orang lain memutuskan apa yang terbaik untukmu

5 Sifat yang Harus Disingkirkan agar Hidupmu Lebih Enteng  pexels.com/Any Lane

Sifat ini sama halnya dengan membiarkan orang lain mengontrol hidupmu. Kamu membiarkan dirimu jadi orang lain demi menyenangkan orang lain. Percayalah hidupmu gak akan pernah semudah yang kamu harapkan.

Kamu gak perlu meminta orang lain memutuskan apa yang terbaik untuk kamu. Sebab, kamu sendirilah yang tahu betul apa yang terbaik. Kuncinya adalah percaya pada kata hati karena kata hati jarang meleset, lho!

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Punya Prinsip Memaafkan dan Melupakan dalam Hidup

4. Merasa dirimu kurang beruntung 

5 Sifat yang Harus Disingkirkan agar Hidupmu Lebih Enteng  pexels.com/Thể Phạm

Kamu gak kaya? Memang, tapi terus-menerus memikirkan hal ini hanya akan menambah masalah dalam hidup. Kamu gak akan pernah semangat untuk menjalani hari-hari karena perasaan kurang beruntung ini akan menghantuimu dalam hal segala hal, termasuk saat kamu ingin keluar dari zona nyaman. 

Ujung-ujungnya apa? Kamu gak akan pernah mendapat kehidupan yang lebih baik dari ini. Sebab, kamu sudah terlebih dulu ngejudge diri sendiri kalau kamu gak beruntung. So, sebisa mungkin singkirkan sifat ini, ya!

5. Menjaga perasaan orang lain

5 Sifat yang Harus Disingkirkan agar Hidupmu Lebih Enteng  pexels.com/Andrea Piacquadio

Menjaga perasaan orang lain memang penting supaya orang itu gak sakit hati padamu. Tapi, gak sampai bohong pada diri sendiri. Secara gak langsung kamu juga sudah bohong pada orang lain, lho!

Cobalah mengatakan apa yang sebenarnya. Agar orang itu gak sakit hati, pilih kata-kata yang lebih halus sehingga perasaanmu jauh lebih lega.

Sederhana banget, 'kan? Kamu cuma perlu lebih membiasakan diri agar sifat-sifat di atas bisa tersingkirkan seiring berjalannya waktu, sehingga hidupmu jauh lebih enteng. Pasti bisa, semangat!

Baca Juga: 10 Dasar Pemikiran Hidup Minimalisme Dari Buku 'Seni Hidup Minimalis'

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya