Comscore Tracker

5 Hal Toxic Ini Terjadi Bila Kamu Tak Pernah Mencintai Diri Sendiri

Hal toxic yang akan menjauhkanmu dari kebahagiaan

Belajar mencintai diri sendiri bukan hal yang mudah. Hal ini sangat wajar, karena kamu dituntut untuk mencintai dirimu secara utuh. Termasuk mencintai kekuranganmu sendiri, suatu hal yang mungkin sangat kamu benci.

Tapi bila kamu tidak memulainya, hal-hal toxic akan muncul dalam hidup secara silih berganti. Beberapa di antaranya adalah lima hal toxic berikut ini.

1. Munculnya rasa takut yang berlebihan

5 Hal Toxic Ini Terjadi Bila Kamu Tak Pernah Mencintai Diri Sendiriunsplash.com/Iris Juana

Kamu, semua orang pasti punya rasa takut. Tetapi, rasa takut yang kamu alami sedikit berbeda dari kebanyakan orang pada umumnya. Bila orang lain takut pada satu atau dua hal saja, kamu justru takut hampir pada semua hal dalam hidup.

Rasa takut inilah yang sering kali menjadi batu sandungan saat ingin melangkah maju. Karena belum dimulai saja, kamu sudah merasa takut.

Coba bayangkan bila hal ini terjadi secara berkelanjutan, yang ada hidupmu akan sia-sia. Sebab, kamu tidak pernah bisa mencapai apa yang diinginkan.

2. Kamu jadi sosok yang sulit percaya kepada orang lain

5 Hal Toxic Ini Terjadi Bila Kamu Tak Pernah Mencintai Diri Sendiriunsplash.com/DeMorris Byrd

Akibat sulit mencintai diri sendiri, kamu pun jadi sulit percaya kepada orang lain. Tidak peduli seberapa besar usaha dan niat mereka untuk membuatmu percaya. Kamu tetap akan sulit untuk menaruh kepercayaan itu.

Ini terjadi sebagai akibat karena kamu juga sangat sulit untuk percaya kepada diri sendiri. Sehingga, dampaknya juga merembes kepada orang lain, termasuk orang-orang yang sangat dekat denganmu.

Baca Juga: 5 Indikasi Nyata Kamu Meremehkan Diri Sendiri & Harus Segera Diakhiri

3. Sulit merasakan cinta yang sesungguhnya

5 Hal Toxic Ini Terjadi Bila Kamu Tak Pernah Mencintai Diri Sendiriunsplash.com/Annie Gray

Mencintai orang lain? Sampai kapan pun kamu tidak akan pernah bisa melakukannya. Usahamu untuk mencintai mereka akan sia-sia karena kamu sendiri pun tidak pernah berhasil untuk mencintai dirimu sendiri.

Lantas, apa akibatnya? Tentunya, kamu akan sulit untuk merasakan cinta dan kasih sayang dari orang lain. Sebab, apa yang orang lain lakukan selalu kamu anggap palsu.

4. Sering merasa kesepian, padahal kamu punya banyak teman

5 Hal Toxic Ini Terjadi Bila Kamu Tak Pernah Mencintai Diri Sendiripexels.com/demeter attila

Punya banyak teman adalah hal paling membahagiakan. Apalagi kalau semua temanmu gak muluk-muluk, ya! Tapi apa yang kamu rasakan justru sebaliknya, kamu malah sering merasa sedih bahkan kesepian.

Sebab, kamu lebih sering mengurung diri dalam belenggu benci pada diri sendiri daripada berbaur dan menjalin relasi. Akibatnya, tingkat kebencianmu terhadap diri sendiri akan bertambah. Sehingga hidupmu jauh dari kata bahagia.

5. Selalu merasa kekurangan

5 Hal Toxic Ini Terjadi Bila Kamu Tak Pernah Mencintai Diri Sendiriunsplash.com/Yuliya Kosolapova

Kamu mungkin sudah punya apa yang dibutuhkan dalam hidup ini. Mulai dari paras, uang, kepintaran, dan masih banyak lagi. Tetapi, semuanya ini tak pernah membuatmu merasa cukup. Justru kamu sering kali merasa kurang dan kurang.

Untuk mengisi kekurangan itu, kamu sering melakukan hal yang tidak seharusnya dilakukan. Tujuannya tak lain untuk mendapat kebahagiaan yang sifatnya semu alias sementara.

Melihat hal-hal toxic di atas, yakin gak mau belajar mencintai diri sendiri? Praktiknya memang sulit sih, tapi apa salahnya untuk dicoba ya! Yakinkan diri agar kamu bisa melakukannya.

Baca Juga: 5 Tips Agar Kamu Tak Ragu pada Kemampuan Diri Sendiri, Coba Terapkan!

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya