Comscore Tracker

5 Trik Menyederhanakan Masalah supaya Mudah Cari Solusinya

#IDNTimesLife Jangan biarkan masalah berlarut-larut!

Hidup kerap kali diselimuti masalah. Gak hanya satu atau dua masalah, tapi banyak dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Dan ketika satu masalah selesai, biasanya masalah yang lainnya akan datang secara serempak.

Meskipun banyak, masalah bukan sesuatu yang harus dihindari, tapi diselesaikan satu per satu sampai tuntas. Agar penyelesaiannya makin mudah, berikut trik menyederhanakan masalah yang bisa kamu lakukan.

1. Ketahuilah masalah terbesar dan paling utama

5 Trik Menyederhanakan Masalah supaya Mudah Cari Solusinyapexels.com/Andrea Piacquadio

Ada banyak masalah, tapi gak semua masalah masuk dalam kategori yang besar dan butuh waktu panjang untuk menyelesaikannya. Ada beberapa masalah yang hitungannya kecil dan dapat diselesaikan dalam hitungan menit.

Inilah tugasmu, memilah masalah sesuai kategorinya supaya sebagian besar energi dan fokusmu ada pada penyelesaian masalah yang besar. Jadi, waktumu gak habis mengurusi suatu masalah yang kategorinya mudah. 

2. Luangkan waktu untuk menyendiri supaya gak terganggu oleh apa pun

5 Trik Menyederhanakan Masalah supaya Mudah Cari Solusinyapexels.com/Laker

Kalau masalahnya bersifat pribadi, alangkah baiknya kalau kamu sisihkan waktu untuk menyendiri sebentar. Tujuannya supaya kamu bisa lebih fokus memikirkan penyelesaiannya. Karena ketika kamu berada di dalam suatu kerumunan, kamu akan lebih mudah terganggu.

Gak melulu di rumah, kamu juga bisa menyendiri di kafe atau restoran yang suasananya hening dan cozy. Jadi konsentrasimu gak gampang terpecah, satu per satu masalah pun dapat terselesaikan. 

3. Perbanyak membaca

5 Trik Menyederhanakan Masalah supaya Mudah Cari Solusinyapexels.com/Alina Vilchenko

Buku adalah jendela dunia. Gak bisa dimungkiri memang, karena hampir semua informasi dituliskan dalam sebuah buku. Dan ketika kamu rajin membacanya, maka pengetahuanmu otomatis bertambah. Sangat berguna saat masalah yang kamu hadapi ada kaitannya dengan masalah ilmiah atau sosial.

Tugasmu adalah mencari satu judul buku yang sekiranya bisa membantu kamu untuk menyelesaikan masalah. Kalau gak ketemu hardcopy-nya, kamu bisa cari softcopy-nya di internet. Pasti masalahmu akan selesai.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Orang Kaya yang Sebaiknya Kamu Ikuti, Fokus pada Solusi!

4. Jangan fokus pada satu sudut pandang saja

5 Trik Menyederhanakan Masalah supaya Mudah Cari Solusinyapexels.com/Dziana Hasanbekava

Suatu masalah dapat menjadi lebih sederhana kalau kamu dapat melihatnya dari berbagai sudut pandang, jadi menemukan sebab dan akibatnya pun lebih mudah. Kalau kamu memilih penyelesaian opsi A, apa yang akan terjadi? Bagaimana dengan opsi B? Begitu seterusnya.

Karena memang setiap sudut pandang memiliki plus minusnya masing-masing. Makanya, pilihlah salah satu yang menurutmu paling tepat untuk masalah yang kali ini sedang kamu hadapi.

5. Tuliskan ide-ide yang berhasil didapatkan

5 Trik Menyederhanakan Masalah supaya Mudah Cari Solusinyapexels.com/RF._.studio

Dapat ide cemerlang? Sebaiknya segera tuliskan sebelum kamu lupa sama ide-ide tersebut. Karena terkadang, banyaknya masalah yang kompleks dapat membuatmu cepat lupa karena fokusmu gak cuma untuk menyelesaikan satu masalah saja.

Tuliskan ide-ide tersebut secara jelas dan terperinci. Catatlah apa pun yang terlintas di pikiranmu kala itu. Dipakai atau gak, urusan belakangan karena yang terpenting kamu sudah berhasil mendapatkan gambarannya.

Mulai dari sekarang, cobalah belajar menyederhanakan masalah yang kamu hadapi. Jadi ketika masalah yang lebih kompleks datang, kamu gak merasa kesulitan lagi untuk menyelesaikannya.

Baca Juga: 5 Pelajaran Hidup Drama True Beauty, Hidup Gak Melulu Soal Penampilan

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya