Comscore Tracker

8 Upaya Utama Mengatasi Rasa Tidak Bahagia, Ayo Semangat!

#ANGPOIN Jadikan hidupmu lebih berarti!

Hidup kadang tak selalu berjalan sesuai keinginan, hidup juga tak seindah apa yang dibayangkan, banyak warna yang akan mewarnai lika-liku kehidupan, hidup itu takkan selamanya berjalan dengan mulus seperti harapan kita.

Bagaimana pun juga masalah dan ujian yang menimpa hidup jangan sampai membuat kita hilang kendali dan berputus asa bila tidak menemukan solusi.

Banyak peristiwa fatal terjadi hanya karena seseorang tak sanggup menerima kenyataan dan tak bisa memikul beban hidup yang begitu berat. Hal itu lantas menjadikan dirinya lupa dengan Tuhan pemilik segala dan mengakibatkan ia mengambil jalan pintas dan mengakhiri hidupnya.

Cara ini sangat tidak dianjurkan dan ditentang keras oleh agama, karena hidup itu hanya sekali dan harus dinikmati bagaimana pun juga. Berikut cara untuk mengatasi rasa tidak bahagia.

1. Selalu bersyukur

8 Upaya Utama Mengatasi Rasa Tidak Bahagia, Ayo Semangat!Pixabay/rudolf_langer

Bersyukur atas apa yang diberikan Tuhan akan membuat seseorang merasa lebih baik, karena ia selalu berusaha menerima segalanya dalam hidup. Seseorang yang bersyukur tidak akan membandingkan-bandingkan apa yang dimiliki orang lain dengan apa yang ada pada dirinya.

2. Berani mengakui kesalahan

8 Upaya Utama Mengatasi Rasa Tidak Bahagia, Ayo Semangat!pexels.com/pixabay

Jangan selalu bersembunyi dengan kesalahan, karena serapat apa pun bangkai yang disembunyikan pasti akan terbongkar juga. Jika kamu punya kesalahan, maka segeralah mengaku dan meminta maaf, karena dengan begitu kamu bisa merasa lebih lega dan tidak dibuntuti terus oleh dosa dan kesalahanmu.

Baca Juga: 5 Tips Hidup Bahagia yang Bisa Kamu Dapatkan dari Anak-anak

3. Bergaul karena kita butuh teman

8 Upaya Utama Mengatasi Rasa Tidak Bahagia, Ayo Semangat!unsplash.com/ Felix Rostig

Di dunia kita tidak hidup sendiri, kita pasti membutuhkan orang lain karena kita makhluk sosial. Oleh sebab itu, jagalah hubunganmu dengan sahabat dan kawan-kawanmu karena kamu membutuhkan mereka.

4. Bersedia memaafkan

8 Upaya Utama Mengatasi Rasa Tidak Bahagia, Ayo Semangat!pexels.com/rawpixel.com

Jadilah orang yang bisa memaafkan seberapa pun besarnya kesalahan orang lain terhadap kita. Dengan maaf, perasaan menjadi lebih tenang dan hilang keresahan, maka akan berakibat pada kebahagiaan dirimu, jadi untuk apa memendam amarah, karena toh akan menjadi penyakit juga buat diri kita sendiri.

Kita tak perlu menghakimi seseorang, namun maafkan saja karena tiap amal perbuatan  akan selalu ada balasan dari Tuhan.

5. Selalu optimis

8 Upaya Utama Mengatasi Rasa Tidak Bahagia, Ayo Semangat!pexels.com/rawpixel.com

Orang yang memiliki sikap optimis akan selalu yakin terhadap dirinya, karena ia akan selalu berusaha keras untuk meraih apa yang dia inginkan. Namun jika sebaliknya, ia akan kehilangan semangat dan keyakinan untuk mencapai sesuatu sehingga menjadikan dirinya tidak bahagia.

6. Rajin memberi atau berbagi

8 Upaya Utama Mengatasi Rasa Tidak Bahagia, Ayo Semangat!pexels.com/Bogdad Vacarcius

Berbagi menjadikan hidup lebih bahagia karena dengan memberi, orang-orang yang kamu beri akan merasa bahagia dan kebahagiaan itu juga akan tertular pada diri sendiri. Tentu akan jadi kepuasaan tersendiri jika kita berhasil membuat orang bahagia.

7. Cara pandang mempengaruhi cara berpikir

8 Upaya Utama Mengatasi Rasa Tidak Bahagia, Ayo Semangat!pexels.com/pixabay

Kita adalah apa yang kita pikirkan, jadi positif lah terhadap diri sendiri dan orang lain. begitupun dengan masalah. Jangan memandang suatu masalah hanya pada satu sisi, tapi lihatlah sisi positif lainnya. Terkadang dalam sebuah masalah banyak hikmah yang bisa kita ambil dan mampu mendewasakan diri kita.

8. Banyak berdoa

8 Upaya Utama Mengatasi Rasa Tidak Bahagia, Ayo Semangat!unsplash/DavidMonje

Berdoa adalah senjata paling ampuh, kita bisa saja tiba-tiba merasa tenang karena kekuatan doa, terkadang ketika kesedihan melanda, maka segeralah mendekat pada Tuhan dan berdoa, niscaya hati akan terasa lebih nyaman.

Jadi tidak ada alasan untuk tidak bahagia, ya, karena kebahagiaan itu adalah bisa menikmati dan mensyukuri apa yang telah dimiliki saat ini dan menjalaninya dengan penuh keikhlasan. Jangan sampai masalah membuatmu melupakan Tuhan yang maha segalanya, kamu tidak sendiri, serahkan semua pada-Nya.

Baca Juga: 7 Keyakinan yang Harus Kamu Miliki Agar Hidup Lebih Bahagia

Lathifah. B Photo Verified Writer Lathifah. B

Try to be better and be a kind woman.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You