Comscore Tracker

5 Negative Self Talk yang Bikin Kamu Sulit Dapat Pasangan

Yakinlah bahwa kamu berharga dan layak dicintai

Self talk adalah keadaan ketika kamu berbicara dengan diri sendiri. Apa yang dibicarakan merupakan cerminan dari pikiran maupun sebuah kepercayaan. Jika ucapan yang kamu lontarkan lebih mengarah pada sesuatu yang negatif, ini disebut dengan negative self talk.

Ternyata, ucapan negatif pada diri sendiri itu punya dampak yang buruk, lho! Bahkan bisa bikin kamu sulit dapat pasangan. Hal ini karena label negatif yang kamu sematkan ke diri sendiri. Apa saja bentuk negative self talk itu? Simak contohnya di bawah ini. 

1. "Tidak ada yang menarik dalam diriku"

5 Negative Self Talk yang Bikin Kamu Sulit Dapat Pasanganilustrasi merenung (pexels.com/Liza Summer)

Pernahkah kamu berpikir bahwa diri sendiri adalah pribadi yang tidak menarik? Nyatanya, pemikiran negatif tersebut tidak selalu benar. Menganggap diri sendiri tidak menarik bisa jadi karena kamu memiliki self esteem yang rendah. 

Menjadi pribadi yang menarik sebenarnya bukan merupakan hal yang sulit. Dengan menjadi pribadi yang selalu berkata jujur, memperlakukan orang lain dengan tulus, menghargai waktu, dan memiliki keingintahuan yang tinggi terhadap dunia luar, ini sudah membuatmu menarik di mata orang lain. 

2. "Aku punya kekurangan yang tidak bisa diterima orang lain"

5 Negative Self Talk yang Bikin Kamu Sulit Dapat Pasanganilustrasi menyendiri (pexels.com/Pixabay)

Menyadari kekurangan diri sendiri memang menjadi suatu keharusan agar kamu bisa lebih berkembang. Tetapi, akan menjadi dampak buruk jika hal ini menjadikanmu seseorang yang merasa rendah di mata orang lain. Daripada terus-terusan overthinking memikirkannya, lebih baik berusaha memperbaiki kekurangan tersebut. 

Misalnya, jika kamu merasa punya badan yang jauh dari kata ideal, perbaikilah dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Dengan mengubah pola makan, memperbaiki waktu istirahat, dan rajin berolahraga, lambat laun kamu akan melihat hasilnya. Jika kekurangan yang kamu miliki adalah hal yang tidak dapat diubah. Maka dari itu, kamu pun bisa menutupinya dengan kelebihan lain. 

Baca Juga: 5 Kalimat Self-Talk Negatif Ini Beri Pengaruh Buruk Pada Self-Esteem

3. "Aku sering gagal dalam hubungan. Pasti ke depannya juga akan seperti itu"

5 Negative Self Talk yang Bikin Kamu Sulit Dapat Pasanganilustrasi menangis (pexels.com/Kath Smith)

Bagi seseorang yang sering mengalami kegagalan dalam hubungan, mungkin akan sulit membuka kesempatan untuk orang baru. Kegagalan-kegagalan di masa lalu bisa membuat seseorang merasa trauma. Jika saat ini kamu sedang merasakannya, cobalah untuk berdamai dengan masa lalu. Caranya adalah dengan memaafkan kesalahmu sendiri dan kesalahan orang-orang yang telah menyakitimu. 

Dari kegagalan-kegagalan yang pernah kamu alami, pasti ada banyak pelajaran yang bisa diambil. Belajarlah dari kegagalan di masa lalu agar tidak terulang lagi di masa depan. 

4. "Mungkin aku bukan tipe pasangan idaman"

5 Negative Self Talk yang Bikin Kamu Sulit Dapat Pasanganilustrasi berpikir (pexels.com/Alex Green)

Lagi-lagi, ini merupakan pemikiran negatif dari orang yang memiliki low self esteem.  Kamu hanya fokus pada kekurangan yang dimiliki hingga kamu lupa akan kelebihan dan pencapaian yang sudah kamu raih. 

Namun, jika kamu benar-benar ingin menjadi tipe pasangan idaman, sebenarnya cukup mudah untuk mengetahui itu. Dengan memposisikan diri sebagai orang lain yang sedang mencari pasangan, kira-kira apa kriteria yang kamu inginkan? Apakah kriteria itu sudah ada dalam dirimu sendiri?

5. "Dibanding teman-temanku, aku adalah yang terburuk"

5 Negative Self Talk yang Bikin Kamu Sulit Dapat Pasanganilustrasi pertemanan (pexels.com/This Is Zun)

Rumput tetangga memang terlihat lebih hijau. Kira-kira, peribahasa tersebut tepat untuk menggambarkan dirimu yang merasa orang lain terlihat lebih baik. Percayalah, orang lain yang kamu anggap lebih sempurna itu juga memiliki kekurangan yang mungkin tidak kamu ketahui. 

Ada baiknya kamu mengingat kembali apa hal terberat yang pernah terjadi di hidupmu. Lalu, sadari bahwa kamu adalah pribadi yang kuat karena telah berhasil menjalaninya dengan baik dan bertahan hingga saat ini. 

Jauhi afirmasi negatif yang sudah disebutkan diatas, dan ganti dengan kata-kata positif yang dapat membuatmu lebih menghargai dirimu sendiri. Seseorang yang bisa menghargai dan memperlakukan diri sendiri dengan baik tentu akan terlihat menarik di mata orang lain.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini kalau Pacarmu Punya Self Esteem Rendah

Lulu Fatikhatul Maryamah Photo Verified Writer Lulu Fatikhatul Maryamah

you can reach me on my IG @lulumaryamah23

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya