Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Harus Lebih Memperhatikan Diri Sendiri, Jangan Cuek!

Bukan hanya orang lain, diri sendiri juga harus diperhatikan

Dalam menjalin relasi sosial, sering kali seseorang berusaha untuk memiliki rasa kepedulian terhadap sesama. Kita kerap berusaha untuk selalu ada di saat orang lain membutuhkan pertolongan, memikirkan perasaan orang lain atas keputusan yang akan kita ambil dan lain sebagainya yang berhubungan dengan hidup orang lain.

Namun, tak jarang seseorang lupa akan dirinya sendiri. Banyak dari kita yang memiliki perhatian lebih dengan orang lain, justru bersikap acuh dan tak memiliki perhatian khusus terhadap diri sendiri. Berikut adalah tanda-tanda yang menunjukkan bahwa mulai saat ini kamu harus lebih memperhatikan dirimu sendiri.

1. Menjalani aktivitas dengan tujuan melupakan kenyataan yang sedang terjadi

5 Tanda Kamu Harus Lebih Memperhatikan Diri Sendiri, Jangan Cuek!ilustrasi seorang sedang berlari (pexels.com/Paul Sky)

Kenyataan hidup meski sepahit apapun harus tetap dihadapi. Jika saat ini hidupmu sedang dihadapkan dengan masalah, selesaikan masalah tersebut, bukan malah mencari pelarian. Boleh saja kamu mencari kegiatan lain untuk sejenak melupakan masalah yang sedang terjadi. Namun, bukan berarti hal tersebut bisa dilakukan sampai berlarut-larut.

Mungkin selama ini waktumu dihabiskan untuk memperhatikan orang lain, sehingga membuatmu lupa bahwa kamu sedang membutuhkan perhatian lebih. Merupakan hal wajar jika kamu membutuhkan personal space untuk menyelesaikan segala permasalahan hidupmu. Jangan takut untuk sejenak menarik diri dari lingkungan agar bisa fokus terhadap dirimu sendiri.

2. Kamu tetap merasa lelah meski sudah beristirahat

5 Tanda Kamu Harus Lebih Memperhatikan Diri Sendiri, Jangan Cuek!ilustrasi seorang yang sedang beristirahat (pexels.com/Ron Lach)

Kita kerap berusaha untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Meski memiliki rutinitas pekerjaan di kantor dari jam 9 pagi sampai 5 sore, kita masih memiliki sisa waktu pada saat berada di rumah. Daripada digunakan untuk sesuatu yang kurang penting, tak jarang seseorang lebih memilih untuk mengambil pekerjaan freelance atau mengisi waktu luang dengan mengikuti kursus online.

Namun, rutinitas yang begitu padat membuat kita merasa lelah. Jika kamu sudah meluangkan waktu untuk mengistirahatkan diri tetapi rasa lelah itu gak kunjung hilang, kini saatnya untuk lebih lebih memperhatikan kebutuhan dirimu. Mungkin saja, yang sebenarnya kamu rasakan adalah stres atau burn out. Mungkin juga kamu butuh self healing sejenak, menyembuhkan luka batin yang selama ini dibiarkan karena kamu dengan sengaja mengabaikannya.

3. Merasa lebih sensitif dan emosional dari biasanya

5 Tanda Kamu Harus Lebih Memperhatikan Diri Sendiri, Jangan Cuek!ilustrasi seorang wanita sedang merasakan emosi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sebagian besar orang hanya memperhatikan apa yang tampak dari luar, contohnya kondisi fisik yang terlihat dan mudah dirasakan. Saat kesehatan menurun, kita dapat dengan mudah menyadarinya dan mungkin akan langsung mengambil tindakan dengan mendatangi layanan kesehatan terdekat.

Namun, seseorang kadang gak menyadari dengan apa yang sedang menimpa mentalnya. Masalah yang datang dari berbagai arah membuat kita tertekan, alhasil menjadikan kita seorang yang lebih sesitif, emosional dan mudah tersinggung. Jika saat ini kamu sedang mengalaminya, segera atasi penyebabnya agar hidupmu menjadi normal kembali.

Baca Juga: Sering Gak Sadar, 5 Hal Berharga Ini Bisa Bantu Atasi Stres!

4. Kamu gak mengerti dengan apa yang menjadi keinginanmu

5 Tanda Kamu Harus Lebih Memperhatikan Diri Sendiri, Jangan Cuek!ilustrasi seorang pria di depan laptopnya (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Memasuki usia dewasa awal memang menjadi sebuah tantangan yang besar. Pasalnya, sering kali kita melihat teman-teman sebaya nampak lebih sukses dalam karier maupun bisnisnya. Kenyataan ini terkadang menjadi tekanan yang membuat seseorang menjadi lebih getol dalam berusaha. Apapun dilakukannya, dengan harapan dapat segera mencapai kesuksesan.

Namun, saat sedang mengusahakan berbagai cara, terkadang kamu justru gak mengerti apa yang menjadi keinginanmu. Kamu gak paham apa yang menjadi tujuanmu melakukan semua hal yang kerap membuat lelah. Hal ini cukup menjadi sebuah peringatan agar kamu lebih memperhatikan diri sendiri.

Tanyakan kepada diri sendiri, apa keinginanmu dan apakah yang selama ini dilakukan sudah sesuai dengan tujuan hidupmu. Jangan sampai kamu melakukan sesuatu padahal hal tersebut bukan keinginanmu sendiri.

5. Tampak sedang mengerjakan sesuatu tapi pikiranmu ke mana-mana

5 Tanda Kamu Harus Lebih Memperhatikan Diri Sendiri, Jangan Cuek!ilustrasi seseorang yang sedang berdiskusi (pexels.com/Kampus Production)

Apakah kamu pernah melakukan sebuah aktivitas tapi pikiranmu gak benar-benar ada di situasi tersebut dan justru memikirkan hal lain? Jika ya, hal ini menandakan bahwa kamu gak menyadari apa yang sedang batinmu rasakan.

Terdapat banyak kemungkinan yang menyebabkan hal ini terjadi. Bisa jadi, kamu gak benar-benar menyukai aktvitasmu, atau kamu sedang menemui masalah namun berusaha mengabaikannya hingga mengakibatkan konsentrasimu menurun. Hal tersebut hanya bisa terjawab ketika kamu lebih memperhatikan dan mencoba memahami dirimu sendiri.

Dari kelima tanda-tanda yang sudah disebutkan, apakah saat ini kamu mengalaminya? Jika ya, mulai sekarang jangan mengabaikan diri sendiri, ya. Berusahalah untuk memberi perhatian lebih kepada diri sendiri untuk membuat hidupmu lebih mudah.

Lulu Fatikhatul Maryamah Photo Verified Writer Lulu Fatikhatul Maryamah

you can reach me on my IG @lulumaryamah23

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya