Comscore Tracker

5 Ayat Al-Quran yang Punya Makna Memaafkan, Bikin Hati Jadi Adem!

Jangan sampai jadi pendendam, ya! #IDNTimesLife

Manusia tidak pernah luput dari kesalahan. Karena itu islam mengajarkan setiap manusia untuk saling memaafkan. Allah SWT memuliakan orang yang besedia memaafkan kesalahan orang lain. Bahkan, Allah sudah menyiapkan segudang pahala unttuk orang tersebut.

Selain itu, suka memaafkan merupakan salah satu sifat Rasulullah SAW. Beliau selalu memaafkan orang yang membenci dan menyakiti perasaannya.

Ternyata, di dalam Al-Quran, banyak sekali ayat yang bertebaran soal indahnya sifat memaafkan ini. Jika kamu rajin membacanya, semoga bisa menjadi nasehat untuk kita semua agar memiliki akhlak yang baik serta memiliki sifat pemaaf.

Berikut beberapa ayat Al-Quran bermakna memaafkan yang bisa diamalkan di kehidupan sehari-hari.

1.Surat Al-Ma’idah Ayat 13

5 Ayat Al-Quran yang Punya Makna Memaafkan, Bikin Hati Jadi Adem!ilustrasi surat Al Quran (unsplash.com/Aqwam Jembatan Ilmu)

Pada ayat berikut, Allah SWT menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW dalam menghadapi orang-orang yahudi di zaman dahulu janganlah merasa khawatir, tetapi hendaklah memaafkan kesalahan-kesalahan yang pernah mereka lakukan. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik. Seperti ayat di bawah ini. 

Fa bimā naqḍihim mīṡāqahum la'annāhum wa ja'alnā qulụbahum qāsiyah, yuḥarrifụnal-kalima 'am mawāḍi'ihī wa nasụ ḥaẓẓam mimmā żukkirụ bih, wa lā tazālu taṭṭali'u 'alā khā`inatim min-hum illā qalīlam min-hum fa'fu 'an-hum waṣfaḥ, innallāha yuḥibbul-muḥsinīn 

Artinya: (Tetapi) karena mereka melanggar janjinya, Kami kutuki mereka, dan Kami jadikan hati mereka keras membatu. Mereka suka merubah perkataan (Allah) dari tempat-tempatnya, dan mereka (sengaja) melupakan sebagian dari apa yang mereka telah diperingatkan dengannya, dan kamu (Muhammad) senantiasa akan melihat kekhianatan dari mereka kecuali sedikit diantara mereka (yang tidak berkhianat), maka maafkanlah mereka dan biarkan mereka, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.

2. Surat Al-Jatsiyah ayat 14

5 Ayat Al-Quran yang Punya Makna Memaafkan, Bikin Hati Jadi Adem!ilustrasi ayat suci Al Quran (unsplash.com)

Pada ayat ini mengajarkan dan mendidik kaum muslimin agar dapat berlapang dada, suka memaafkan, dan berjiwa besar dalam menghadapi segala sesuatu di hidupnya. Sebabnya ialah karena Allah yang akan memberikan pembalasan yang setimpal  kepada mereka yang sesuai dengan perbuatannya.

Qul lillażīna āmanụ yagfirụ lillażīna lā yarjụna ayyāmallāhi liyajziya qaumam bimā kānụ yaksibụn.

Artinya:  Katakanlah kepada orang-orang yang beriman hendaklah mereka memaafkan orang-orang yang tiada takut hari-hari Allah karena Dia akan membalas sesuatu kaum terhadap apa yang telah mereka kerjakan.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Menjaga Hapalan Al-Quran Biar Gak Cepat Lupa

3. Surat Asy-Syura ayat 37

5 Ayat Al-Quran yang Punya Makna Memaafkan, Bikin Hati Jadi Adem!ilustrasi ayat suci Al Quran (unsplash.comZahra Tavakoli)

Pada ayat ini menerangkan bahwa yang akan memperoleh kesenangan yang abadi di akhirat nanti salah satunya ialah orang-orang yang apabila amarahnya timbul, mereka diam menahan amarahnya, memaafkan orang yang menyebabkan kemarahannya, dan tidak ada dalam batinnya sedikit pun rasa dendam.

Wallażīna yajtanibụna kabā`iral-iṡmi wal-fawāḥisya wa iżā mā gaḍibụ hum yagfirụn 

Artinya:  Dan (bagi) orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan- perbuatan keji, dan apabila mereka marah mereka memberi maaf.

4. Surat Asy-Syura ayat 40

5 Ayat Al-Quran yang Punya Makna Memaafkan, Bikin Hati Jadi Adem!ilustrasi membaca Al-Quran (Pexels.com/Alena Darmel)

Pada ayat ini menjelaskan bahwa untuk tidak membalas kejahatan orang lain, tetapi memaafkan dan memperlakukan dengan baik orang yang berbuat jahat kepada kita. Allah akan memberikan pahala kepada orang-orang yang memaafkan kesalahan orang lain. Memaafkan orang lain juga salah satu kiat penebusan dosa.

Wa jazā`u sayyi`atin sayyi`atum miṡluhā, fa man 'afā wa aṣlaḥa fa ajruhụ 'alallāh, innahụ lā yuḥibbuẓ-ẓālimīn 

Artinya:  Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, maka barang siapa memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya atas (tanggungan) Allah. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang zalim.

5.Surat Asy-Syura ayat 43

5 Ayat Al-Quran yang Punya Makna Memaafkan, Bikin Hati Jadi Adem!ilustrasi ayat Al Quran (unsplash.com/thedancingrain)

Dalam ayat ini menerangkan bahwa orang-orang yang sabar dan memaafkan perbuatan jahat yang dilakukan oleh orang lain atas dirinya, sedangkan ia sanggup membalasnya, mereka itu telah melakukan sesuatu yang utama dan berhak menerima pahala yang banyak.

Wa laman ṣabara wa gafara inna żālika lamin 'azmil-umụr 

Artinya:  Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.

Itu dia sederet ayat Al-Quran yang punya makna memaafkan. Semoga bisa menjadi amalan baik untuk para umat muslim semuanya, ya!

Baca Juga: 5 Ayat Al-Quran Penyemangat Saat Insecure, Kamu Pasti Bisa!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya