Comscore Tracker

8 Tanda Kamu Belum Mengenali Dirimu Sendiri

#PanjatPoin Apakah kamu sudah mengenali dirimu sendiri?

Apa sih pentingnya mengenali diri sendiri? Mungkin pertanyaan itu pernah muncul di benak kamu. Mengenali diri sendiri sangat penting bagi kehidupan kamu. Dengan mengenali diri sendiri, kamu jadi tahu kekurangan dan kelebihan yang ada pada dirimu.

Sehingga kamu juga tahu apa yang harus kamu perbaiki dan harus kamu tingkatkan pada dirimu. Nah, apakah kamu sudah mengenali diri kamu sendiri? Yuk, disimak 8 tanda ini menunjukkan bahwa kamu belum mengenali dirimu sendiri dengan baik.

1. Kamu tidak tahu apa yang kamu inginkan

8 Tanda Kamu Belum Mengenali Dirimu Sendiridesiringgod.org

Pernahkah kamu memikirkan apa yang sebenarnya kamu inginkan dalam hidup? Misalnya tentang apa yang ingin kamu capai? Jika kamu kesulitan menjawab pertanyaan tersebut, kemungkinan besar kamu belum mengenali siapa dirimu dengan baik.

2. Ada banyak hal yang kamu sesali dalam hidupmu

8 Tanda Kamu Belum Mengenali Dirimu Sendirievoke.ie

Jika kamu mengenali dirimu sendiri, kamu akan membuat keputusan yang sesuai dengan apa yang ingin kamu perjuangkan. Namun jika kamu memiliki banyak penyesalan terhadap berbagai keputusan yang telah kamu buat, berarti kamu tidak mengenali dirimu sendiri.

3. Kamu sering berubah pikiran

8 Tanda Kamu Belum Mengenali Dirimu Sendirithe-therapod.co.uk

Karena kamu tidak tahu apa yang kamu inginkan, kamu akan selalu berubah pikiran. Bisa jadi di satu waktu kamu menyukai suatu hal dan ingin menekuninya, tetapi di hari berikutnya kamu berubah pikiran dan ingin mengerjakan hal lain.

4. Kamu kurang percaya diri

8 Tanda Kamu Belum Mengenali Dirimu Sendiriaddicted2success.com

Kamu pasti akan percaya pada orang yang telah kamu kenal dengan baik bukan? Dan kamu tidak percaya pada orang yang tidak kamu kenal. Ini juga berlaku terhadap dirimu. Jika kamu telah mengenal dirimu, tahu apa tujuan hidupmu, tahu apa yang kamu inginkan, kamu akan percaya pada dirimu sendiri.

Sebaliknya, jika kamu tidak tahu siapa kamu, kamu akan selalu merasa tidak yakin dan tidak percaya akan diri sendiri dan kemampuan yang kamu miliki. Bagaimana mungkin kamu percaya pada seseorang yang tidak kamu kenal?

Baca Juga: 10 Website Tes Psikologi buat Lebih Mengenali Diri, Gratis Semua Lho!

5. Ada banyak drama dalam hidupmu

8 Tanda Kamu Belum Mengenali Dirimu Sendirilifehacker.com

Ketika kamu tidak ingin menghadapi hal-hal tertentu, kamu akan membuat drama untuk berusaha menghindari hal tersebut. Misalnya kamu memiliki rasa tidak aman berada di sekitar orang tertentu sehingga kamu berlaku kasar pada orang tersebut. Jika kamu sengaja melakukan itu, berarti kamu sedang bersembunyi dari sesuatu. Dan jika kamu bersembunyi dari sesuatu, itu artinya kamu tidak sepenuhnya tahu siapa diri kamu.

6. Kamu tidak pernah merasa puas

8 Tanda Kamu Belum Mengenali Dirimu Sendiridreamonelove.com

Orang yang mengenali siapa dirinya akan selalu memiliki tingkat kepuasan tertentu. Hambatan pasti selalu ada, namun mereka masih merasakan kepuasan dalam hidup. Jika kamu tidak pernah merasa puas, berarti kamu belum mengenali diri sendiri. Kamu tidak tahu apa yang membuat kamu merasa puas. Jika kamu tahu, kamu pasti akan berjalan menuju kepuasan itu.

7. Kamu bersikap berbeda terhadap orang yang berbeda

8 Tanda Kamu Belum Mengenali Dirimu Sendirithemodernman.com

Hampir semua orang pasti pernah memunculkan sisi yang berbeda dari mereka bukan? Namun, jika sikap kamu berubah tergantung dengan siapa kamu berinteraksi, dalam artian kamu mengubah diri kamu saat bersama orang-orang tertentu, itu berarti kamu tidak percaya diri dan tidak mengetahui siapa kamu.

8. Apa yang kamu perlihatkan berbeda dengan apa yang kamu rasakan tentang kamu

8 Tanda Kamu Belum Mengenali Dirimu Sendiriba-bamail.com

Pernah kah kamu merasa orang lain menganggap kamu itu bukan kamu yang sebenarnya? Ini bisa jadi karena ada ketidak sesuaian antara bagaimana kamu menampilkan diri di depan orang lain dengan apa yang kamu percaya tentang siapa kamu sebenarnya. Ketidak sesuaian ini menandakan kamu belum mengenali diri kamu sepenuhnya.

Itu mungkin sebagian tanda kamu belum benar-benar tahu siapa kamu. Gimana? Jadi, apakah kamu termasuk orang yang sudah mengenali dirimu sendiri atau justru malah belum?

Baca Juga: Ayo Kenali Dirimu Lebih Baik di Akhir Tahun dengan 6 Pertanyaan Ini!

Lutfia Afifah Photo Verified Writer Lutfia Afifah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya