Comscore Tracker

Panen Pahala! 10 Rekomendasi Amalan untuk Sukseskan Ramadan Kamu

#RamadanMasaKini Yakin puasa aja udah cukup? Yuk tingkatkan

Suasana bulan Ramadan memang selalu dirindukan. Apa yang mereka rindukan? Rata-rata menjawab rindu buka bersama, rindu suara petasan, rindu keliling bangunin sahur, rindu perang samping sepulang tarawih, rindu libur Ramadan, dan masih banyak lagi.

Hal di atas boleh kamu rindukan, tapi jangan lupa dengan amalan-amalannya juga yang harus diperhatikan. Bahkan, para sahabat nabi mempersiapkan datangnya bulan Ramadan dari 6 bulan sebelumnya dan 6 bulan setelahnya untuk berdo'a supaya amalan-amalan yang telah mereka perbuat itu diterima oleh Allah Subhanahu wa ta'ala.

So, amalan apa saja yang bisa kamu lakukan di bulan penuh berkah ini? Berikut rekomendasinya.

1. Salat berjama'ah di masjid (khusus laki-laki)

Panen Pahala! 10 Rekomendasi Amalan untuk Sukseskan Ramadan KamuPexels.com/vishnudeep-dixit

Salat berjamaah sangat diutamakan di bulan Ramadan, apalagi ditambah kamu yang mengumandangkan adzan. Wah, in syaa Allah kamu kebagian pahala dari setiap orang yang terpanggil untuk berjamaah karena mendengar suara adzan kamu. Pahala sholat kamu ditambah misal 7 orang yang datang itu udah dapat banyak, in syaa Allah.

Salat berjamaah itu sebentar kok, gak akan mengganggu waktu kerja kamu. Jangan lupa salat qobliyah dan ba'diyah-nya. Setelah itu berdoa dan kamu bisa dzikir di jalan atau di jam kerja.

2. Tilawah al-Qur'an

Panen Pahala! 10 Rekomendasi Amalan untuk Sukseskan Ramadan KamuPexels.com/@tayebmezahdia

Jadikan Al-Qur'an sahabat kamu di bulan Ramadan. Jika di bulan lain Al-Qur'an adalah teman, maka jadikan dia lebih dari itu di bulan Ramadan. Boleh juga dijadikan pacar yang selalu mendampingi ke mana pun kamu pergi, daripada dia yang belum tentu jadi pasangan halal.

Kamu boleh menargetkan khatam Al-Qur'an selama bulan Ramadan. Rumusnya :

  1. Khatam 1x (Setiap selesai sholat fardhu sempatkan membaca 2 lembar atau 4 halaman, One Day One Juz)
  2. Khatam 2x (Setiap selesai sholat fardhu sempatkan membaca 4 lembar atau 8 halaman, One Day Two Juz)
  3. Khatam 3x (Setiap selesai sholat fardhu sempatkan membaca 6 lembar atau 12 halaman, One Day Three Juz, rata-rata masyarakat Arab mengkhatamkan Al-Qur'an di level ini)

Catatan : Al-Qur'an yang digunakan adalah cetakan terbaru yang di setiap akhir halaman terdapat akhir suatu ayat.

“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469)

Bayangkan setiap kamu baca 1 huruf Al-Qur'an mendapat 1 kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan ditambah kelipatan pahala yang Allah berikan di bulan Ramadan. In Syaa Allah.

3. Tingkatkan dzikir dan sedekah

Panen Pahala! 10 Rekomendasi Amalan untuk Sukseskan Ramadan KamuPexels.com/rawpixels.com

Dzikir bisa membuatmu tenang, dan setiap dzikir kepada Allah adalah sedekah. Sedekah bisa melancarkan rezeki kamu.

Untuk dzikir ini contoh rekomendasi buat kamu :

  • Shubuh -- Tasbih 33x, Tahmid 33x, Takbir 33x, Tahlil 33x, Istighfar 100x, Sholawat 100x (boleh pendek contoh : 'Allahumma sholli 'ala sayyidina Muhammad').
  • Dzuhur -- Tasbih 33x, Tahmid 33x, Takbir 33x.
  • Ashar -- Tasbih 33x, Tahmid 33x, Takbir 33x.
  • Maghrib -- Tasbih 33x, Tahmid 33x, Takbir 33x, Tahlil 33x, Istighfar 100x, Sholawat 100x (boleh pendek contoh : 'Allahumma sholli 'ala sayyidina Muhammad').
  • Isya -- Tasbih 33x, Tahmid 33x, Takbir 33x.

4. Tingkatkan salat dhuha dan tahajjud (minimal 4 raka'at per hari)

Panen Pahala! 10 Rekomendasi Amalan untuk Sukseskan Ramadan KamuPexels.com/@negativespace

Sempatkan untuk melaksanakan dua salat ini di hari aktivitas kamu selama bulan Ramadan. Jika telah istiqomah, tambahkan dan tambahkan raka'at-nya semakin banyak semakin bagus.

Biasakan di bulan selain bulan Ramadan untuk menjaga dua salat ini, gak lama kok cuma 15 menit.

5. Ikut mempersiapkan buka puasa

Panen Pahala! 10 Rekomendasi Amalan untuk Sukseskan Ramadan KamuPexels.com/@huy-phan-316220

Nah, kalau kamu mau pahala puasanya berkali-kali lipat, lakukan saja amalan ini. Dengan menyediakan makanan pada orang yang berpuasa itu sama dengan pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang tersebut, In syaa Allah.

Kebayang gak kalau kamu nyediain makanan sekeluarga aja itu udah beberapa orang, apalagi di satu perkumpulan, seperti masjid, jalan dan lain-lain.

Baca Juga: Identik dengan Ramadan, Ini 7 Khasiat Blewah Bagi Kesehatan

6. Paksakan salat tarawih, setahun sekali toh!

Panen Pahala! 10 Rekomendasi Amalan untuk Sukseskan Ramadan KamuWikipedia.org/wiki/Tarawih

Salat tarawih emang bawaannya males. Namun setidaknya kamu harus memaksakan karena salat ini juga setahun sekali. Paksain diri kamu buat mendirikan salat sunnah yang ada di bulan Ramadan ini, setelah dipaksakan nanti akan terbiasa dan kamu gak akan keberatan buat salat tarawih lagi.

7. Lakukan hal yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain

Panen Pahala! 10 Rekomendasi Amalan untuk Sukseskan Ramadan KamuPexels.com/@pixabay

Ramadan jangan menjadi alasan kamu buat malas-malasan, lakukan hal yang bermanfaat. Tingkatkan minat dan bakatmu di waktu luang saat bulan Ramadan, kurangi mengerjakan hal-hal yang tidak ada manfaatnya bagi dirimu seperti chat sama gebetan, main game, stalking mantan, dan lain-lain. Percayalah, tidur lebih baik daripada itu semua.

8. Jangan merasa puas dengan setiap amalan

Panen Pahala! 10 Rekomendasi Amalan untuk Sukseskan Ramadan KamuPexels.com/@pixabay

Kamu merasa puas? Apakah kamu menjamin bahwa amalan yang sudah kamu lakukan itu akan diterima oleh Allah Azza wa jalla? So, jangan merasa puas jika selesai melaksanakan suatu ibadah, persiapkan bekal untuk akhirat nanti wahai saudaraku.

Seorang pendosa yang bertaubat lebih dicintai Allah daripada seorang 'alim yang sombong karena ilmu dan ibadahnya.

9. Beri'tikaf saat 10 hari terakhir bulan Ramadan

Panen Pahala! 10 Rekomendasi Amalan untuk Sukseskan Ramadan KamuPexels.com/@vijarindo

I'tikaf atau berdiam diri di masjid adalah amalan yang punya pahala besar. Berdiam diri di masjid bukan berarti melakukan aktivitas rumah tapi pindah ke masjid bukan? Kamu bisa bersholawat bareng bersama teman-teman, tilawah bareng, ngaji bareng, diskusi tentang islam, dan lain-lain.

Biasanya I'tikaf dilakukan di 10 hari terakhir bulan Ramadan.

10. Raih Lailatul Qadar

Panen Pahala! 10 Rekomendasi Amalan untuk Sukseskan Ramadan KamuPexels.com/@ryan-holloway-71499

Lailatul Qadar atau ada yang menafsirkan Malam yang Agung memang malam yang ditunggu-tunggu bagi kita. Allah menurunkan surah khusus dalam Al-Qur'an yang menceritakan tentang Lailatul Qadar.

Bagaimana ciri-ciri Lailatul Qadar? Apakah malam 17 Ramadan adalah malam Lailatul Qadar?  Lailatul Qadar terjadi pada 10 malam terakhir di bulan Ramadan. Hal ini sesuai hadits dari Aisyah radhiyallahu ‘anhu yang mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam beri'tikaf di 10 malam terakhir bulan Ramadan dan beliau bersabda :

“Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan." 

Allah berfirman yang artinya "Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." (QS. Al-Qadr: 3-5)

Itulah rekomendasi amalan-amalan yang bisa kamu lakukan di bulan Ramadan yang sebentar lagi akan datang. Tidak semua ada dalil dan hadits khusus tentang amalan-amalan di atas, tapi itu semua baik untuk dilakukan.

Semoga #RamadanMasaKini lebih baik daripada Ramadan yang telah kita lalui di tahun-tahun sebelumnya, dan semoga amalan-amalan kita diterima oleh Allah subhanahu wa ta'ala.

Baca Juga: 8 Peristiwa Agung yang Hanya Terjadi di Bulan Ramadan

M Adlha Raya Agung Photo Writer M Adlha Raya Agung

Become hard humble

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya