Comscore Tracker

Ini Dia 5 Cara untuk Menghargai Seorang People Pleaser

Belajar menghargai kebaikan, yuk!

Kamu pasti memiliki teman atau kenalan yang sangat dermawan atau ringan tangan. Mereka rela membantumu atau memberi sesuatu secara cuma-cuma. Orang seperti ini bisa dikatakan sebagai people pleaser, yaitu seseorang yang senang membahagiakan orang lain.

Sebagai orang yang tahu diri, tentu kamu ingin selalu bisa mengapresiasi kebaikan hatinya, bukan? Yuk, kita simak cara menghargai seorang people pleaser ala penulis. Meski sederhana, poin-poin ini dapat menjadi pengingat agar kita lebih mengapresiasi kebaikan orang lain.

1. Ucapkan terima kasih atas kebaikannya

Ini Dia 5 Cara untuk Menghargai Seorang People Pleaserpexels.com/Giftpundits.com

Setiap kali ia memberimu sesuatu atau membantumu, jangan lupa ucapkan terima kasih dengan tulus. Hal ini memang sesuatu yang sederhana dan sejak dulu diajarkan oleh orang tua dan guru, tetapi terkadang kita masih lupa menerapkannya. Oleh sebab itu, poin ini ditulis sebagai pengingat bagi kita semua agar senantiasa berterima kasih kepada mereka yang berbuat baik, sebab itu akan menjadi penghargaan atas tindakan mereka.

2. Membalas budi

Ini Dia 5 Cara untuk Menghargai Seorang People Pleaserpexels.com/Pixabay

Pernahkah kita berpikir untuk membalas kebaikan orang lain? Meskipun orang lain tulus membantu kita, ada baiknya kita membalas budi. Saat ia membantumu atau memberimu sesuatu, tentu ada waktu dan uang yang ia korbankan. Maka dari itu, biarkan juga ia merasakan bahagianya mendapat bantuan atau pemberian dari kita.

Tawarkanlah bantuan mengerjakan tugas atau berbagi makanan dengannya. Kamu tidak wajib melakukan ini setiap saat. Lakukan saja semampumu. Jika memang tidak mampu, setidaknya jangan merepotkan dia dan bersikap ramah.

Baca Juga: 5 Ciri People-Pleaser dalam Hubungan Asmara, Kamu Termasuk?

3. Akrabkan diri dengannya

Ini Dia 5 Cara untuk Menghargai Seorang People Pleaserpexels.com/iPrice Group

Biasanya, orang akan berbuat baik agar ia dapat diterima oleh orang lain. Maka dari itu, jadikanlah seorang people pleaser sebagai teman dekatmu. Ia dapat menjadi contoh agar kamu juga termotivasi melakukan banyak kebaikan. Ingatlah bahwa kamu berteman dengannya secara tulus tanpa ada maksud memanfaatkannya demi kepentingan pribadimu saja.

4. Jangan memanfaatkan kebaikannya

Ini Dia 5 Cara untuk Menghargai Seorang People Pleaserpexels.com/Helena Lopes

Ini merupakan penyambungan dari poin ketiga. Hanya karena ia berhati baik dan mau melakukan apa pun untuk membahagiakan orang lain, bukan berarti kamu bebas memanfaatkannya demi kemudahanmu saja. Hindari meminta bantuan atau pinjaman uang darinya secara terus - menerus, kecuali kamu terjebak dalam keadaan yang benar - benar mendesak. Memanfaatkan kebaikan hati orang lain semata demi keuntungan sendiri, adalah tanda bahwa seseorang tidak memiliki kemampuan dan harga diri.

5. Sesekali menolak tawaran bantuan atau pemberiannya

Ini Dia 5 Cara untuk Menghargai Seorang People Pleaserpexels.com/Pixabay

Apabila kamu merasa tindakan people pleasing seseorang terhadapmu sudah terlalu banyak, kamu berhak menolak tawaran bantuan atau pemberiannya. Hal ini bermaksud untuk menunjukkan bahwa kamu tidak mau merepotkannya lebih jauh.

Tolak secara halus dan katakan saja bahwa kamu tidak mau membebaninya terus-menerus. Akan tetapi, apabila ia tetap memaksamu untuk menerima bantuan atau pemberiannya, terimalah. Itu juga merupakan bentuk apresiasimu atas apa yang ia berikan.

Nah, itulah kelima tips menghargai seorang people pleaser versi penulis. Semoga kita semua senantiasa bisa menghargai tindakan kebaikan sesederhana apa pun. Apa kamu punya tips lain dalam menghargai people pleaser?

Baca Juga: Kami Tahu Apakah Kamu Seorang People Pleaser dari Pertanyaan Ini

Madda Putra Photo Writer Madda Putra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya