Comscore Tracker

5 Alasan Harus Berprinsip Kuat Saat Semua Orang Menyudutkan

Hanya dirimu yang mampu menolong dirimu sendiri

Momen yang tidak menyenangkan dalam hidup pasti pernah dialami. Seperti saat dimana semua orang tidak berpihak padamu. Pasti rasanya sakit karena kecewa pada perilakunya.

Saat rasanya dunia tidak berpihak padamu dan semua orang menyudutkanmu, inilah pentingnya punya prinsip hidup yang kuat. Berikut beberapa alasannya. 

1. Kamu mampu berdiri sendiri

5 Alasan Harus Berprinsip Kuat Saat Semua Orang Menyudutkanilustrasi wanita bekerja (pexels.com/ Mikhail Nilov)

Ketika seseorang punya prinsip hidup sendiri, dia tidak mudah takut menghadapi dunia. Termasuk menghadapi orang-orang yang menyudutkanmu. Kamu tidak mudah patah hanya masalah diremehkan orang lain. 

Bahkan bagusnya lagi, tatkala kamu punya prinsip hidup berarti kamu punya sikap yang tegar. Kala jatuh dirimu mampu bangkit tanpa bantuan orang lain. Inilah alasan kuat kamu harus punya prinsip hidup.

2. Tidak mudah bergantung karena kamu mandiri

5 Alasan Harus Berprinsip Kuat Saat Semua Orang Menyudutkanilustrasi wanita belajar (pexels.com/cottonbro studio)

Tak dimungkiri banyak orang yang karena tak punya prinsip hidup yang jelas ia sangat mudah bergantung pada orang lain. Ketergantungan ini membuatnya tak punya pilihan lain sebab sudah menjadi kebiasaan. Jika ada masalah ia butuh bantuan orang lain untuk menyelesaikannya.

Beda cerita jika punya arah hidup yang jelas. Tak mudah bergantung dan kuat menghadapi persoalan hidup. Termasuk saat disudutkan orang sekitar tanpa alasan. 

Baca Juga: 5 Bukti Kamu Orang Berprinsip Kuat, Gak Mudah Terpengaruh!

3. Sulit di manfaatkan

5 Alasan Harus Berprinsip Kuat Saat Semua Orang Menyudutkanilustrasi wanita memgang cangkir (pexels.com/Sam Lion)

Ketika semua orang sedang menyudutkannya, seringkali banyak oknum yang berusaha membumbui masalah supaya makin runyam. Inilah letak pentingnya punya prinsip yang kuat. Kamu jadi tidak mudah terprovokasi dengan omongan orang licik.

Kamu jeli mana yang benar-benar baik dan tidak. Kamu jadi sulit dimanfaatkan para oknum tersebut. Sebab kamu tahu mana yang terbaik untukmu. 

4. Kamu bisa menyelesaikan masalah sendiri

5 Alasan Harus Berprinsip Kuat Saat Semua Orang Menyudutkanilustrasi wanita pebisnis (pexels.com/Ono Kosuki)

Karena mempunyai prinsip yang kuat tak sulit dirimu untuk menyelesaikan masalah tersebut. Ketika semua orang berusaha menyudutkanmu kamu tidak pusing memikirkannya. Malah yang ada kamu mampu menghadapinya dan menyelesaikan masalah dengan baik.

Tak perlu bantuan orang lain dirimu sudah cukup mampu untuk menyelesaikannya. Karena bagimu masalah seperti itu cukup mudah dilalui. Hal ini dikarenakan kamu sudah mempunyai value sehingga kamu mudah untuk percaya diri mengambil keputusan sendiri. 

5. Tidak mudah terombang-ambing dengan pendapat orang lain

5 Alasan Harus Berprinsip Kuat Saat Semua Orang Menyudutkanilustrasi dua wanita di caffe (pexels.com/ Alexander S)

Mudah sekali ikut-ikutan pendapat orang lain jika kamu tak punya prinsip. Hal ini sangat merugikan dirimu, lho. Maka dari itu penting kiranya setiap orang punya prinsip yang kuat.
Ia tidak akan terombang-ambing dalam kebimbangan.

Apalagi saat orang di sekitarmu berusaha menyudutkanmu. Dirimu tak akan mudah termakan gosip atau berita miring tentangnya. Teguh pada apa yang dianggap benar dan tidak mudah goyah hanya karena omongan orang lain.

Sungguh penting setiap orang punya prinsip hidup yang tangguh. Ia tidak akan merasakan beberapa kerugian dalam hidupnya. Termasuk saat disudutkan ia tetap mampu berdiri di atas kakinya sendiri. 

Baca Juga: 5 Cara Hadapi Situasi Penuh Intrik, Tetap Berprinsip yang Benar 

Maftukhatul Azizah Photo Verified Writer Maftukhatul Azizah

Berbagi energi positif melalui tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya