Comscore Tracker

5 Pelajaran Prinsip Hidup dari Pohon, Mengajarkan Etos Kerja

Dari pohon kita bisa memetik pelajaran

Setiap makhluk yang diciptakan oleh Tuhan di muka bumi ini pasti mempunyai fungsi dan manfaatnya. Manusia sebagai makhluk yang dibekali akal dan pikiran seharusnya bisa mengamati dan mengambil pelajaran semua yang ada di muka bumi ini. Tak terkecuali pada sebuah pohon.

Selain manfaatnya pada ekologis ternyata pohon banyak menyimpan pelajaran mengenai prinsip hidup. Inilah beberapa di antaranya. 

1. Mengajarkan kesabaran yang kuat

5 Pelajaran Prinsip Hidup dari Pohon, Mengajarkan Etos Kerjailustrasi pohon (pexels.com/Brett Sayles)

Pohon sering merasakan kesakitan. Misalnya tubuh yang sering terlukai. Pohon juga banyak yang ditebang dan dialih fungsikan.Tapi ia tak marah atau membalas dengan keburukan.

 Tak ada balas dendam yang ada malah balas membaik. Dari itu semua, pohon mengajarkan bahwa punyailah prinsip hidup yang baik terkhususnya sabar yang kuat. Karena dengan kesabaran itu seseorang dapat tumbuh dengan indah. 

2. Memberi banyak manfaat untuk lingkungan sekitar

5 Pelajaran Prinsip Hidup dari Pohon, Mengajarkan Etos Kerjailustrasi buah (pexels.com/ Tim Mossholder)

Keberadaan pohon amatlah penting bagi kehidupan di bumi ini. Memiliki banyak manfaat mulai dari pohonnya, daun dan buahnya. Bahkan pohon juga ikut andil dalam mengendalikan perubahan iklim lho.

Ini yang jadi pelajaran buat kita, bahwasanya sebagai manusia kita harus bisa memberikan manfaat untuk sekitar. Tak boleh egois ya. Karena kita hidup bersama-sama dengan makhluk lain di dunia ini. 

Baca Juga: 5 Tips Penting untuk Menguatkan Prinsip Hidup, Yakin Sudah Tahu?

3. Punya prinsip yang tangguh

5 Pelajaran Prinsip Hidup dari Pohon, Mengajarkan Etos Kerjailustrasi pohon di area kota (pexels.com/Bristol Photography

Masalah di dalam kehidupan itu pasti ada. Hujan badai dan halilintar pasti pernah dirasakan oleh pohon. Hal demikian tak membuatnya lemah.

Pohon tetap mampu berdiri kokok sebab akarnya menguat ke bawah.
Seperti itu pula manusia harus bisa meneladaninya. Punyai prinsip hidup yang kuat, supaya tidak mudah terombang-ambing. Teladani sikap pohon ini yuk. 

4. Sebagai pelindung

5 Pelajaran Prinsip Hidup dari Pohon, Mengajarkan Etos Kerjailustrasi daun yang rindang (pexels.com/ Felix Mittermeier)

Daun yang rindang bisa menjadi pelindung untuk pohonnya. Selain itu juga daun bermanfaat untuk berteduh dari terik dan hujan. Pelajaran hidup dari daun bagian dari pohon ini adalah jadilah pelindung.

Maksudnya pelindung bagi diri sendiri dan orang sekitar. Bisa menjadi pengayom yang bijak untuk orang-orang. Layaknya daun yang menyejukkan bagi siapa pun.

5. Mengajarkan etos kerja tinggi

5 Pelajaran Prinsip Hidup dari Pohon, Mengajarkan Etos Kerjailustrasi pohon (pexels.com/Irina Iriser)

Etos kerja tinggi ini dimiliki oleh akar dalam tanah. Karena keadaannya di dalam, yang bisa kita lihat hanya bagian batang, daun dan buahnya saja. Padahal akar ini mempunyai peranan penting dalam pohon.

Ia bertugas menopang besarnya pohon yang tumbuh di atas. Prosesnya tak diketahui orang lain namun jasanya luar biasa. Dari akar kita belajar bahwa kerja keras itu penting demi mewujudkan hasil yang memuaskan.

Ternyata dari pohon kita dapat mengambil pelajaran mengenai prinsip hidup. Dari mulai kesabaran, menjadi makhluk yang bermanfaat, harapan menjadi pelindung, prinsip yang tangguh dan etos kerja yang tinggi. 

Baca Juga: 5 Prinsip Hidup yang Dipegang Orang Berkelas

Maftukhatul Azizah Photo Verified Writer Maftukhatul Azizah

Berbagi energi positif melalui tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya