4 Hal yang Bikin Seseorang Cepat Tanggap Menolong Teman

Punya pengalamannya serupa

Dari banyaknya sifat dan karakter baik seseorang, sifat mudah membantu orang lain yang bikin orang-orang disekelilingnya sangat menghormatinya mereka. Hal ini dikarenakan mereka sangat senang sekali membantu orang lain yang sedang dalam kondisi sulit. Gak di pungkiri jika kita punya teman seperti ini pasti sangat bahagia.

Padahal belum tentu mereka mendapatkan keuntungan serupa setelah membantu. Lantas apa latar belakang mereka gemar menolong ya, berikut akan di jelaskan satu per satu.

1. Hatinya tulus pada orang lain

4 Hal yang Bikin Seseorang Cepat Tanggap Menolong Temanilustrasi membantu penumpang (pexels.com/Pew Nguyen)

Hal pertama ialah mereka memiliki hati yang tulus pada orang sekitar. Bahkan pada orang-orang yang tidak terlalu dekat sekalipun. Mereka tidak main-main dalam berteman atau membangun relasi.

Menurutnya membantu orang lain yang sedang susah adalah kewajibannya, sebab mereka tidak tega melihat orang lain dalam kondisi susah. Hati mereka sangat lembut sekali.

2. Merasa kasihan sebab dulu mengalami hal serupa

4 Hal yang Bikin Seseorang Cepat Tanggap Menolong Temanilustrasi membantu teman (pexels.com/RODNAE Productions)

Penyebab berikutnya adalah karena mereka pernah dalam kondisi sulit yang serupa. Kemungkinan dulu mereka merasakan betapa susahnya menghadapi kondisi sulit ini dan mereka tidak mau menyia-nyiakan bantuan tangannya untuk orang lain. Dulu ia pernah kesusasteraan dan tidak ada yang menolong misalnya. 

Rasa sakit yang pernah dialaminya dulu membuatnya tak mampu membiarkan orang lain merasakan hal yang sama. Jadi pengalamannya yang membuat seseorang jadi cepat tanggap menolong orang lain.

Baca Juga: 5 Penjelasan Kenapa Menolong Orang Lain Membuat Mental Lebih Sehat

3. Untuk mengejar banyak pahala

4 Hal yang Bikin Seseorang Cepat Tanggap Menolong Temanilustrasi membantu (freepik.com/jcomp)

Hal selanjutnya ialah karena dorongan ingin mendapatkan pahala. Dalam agama apapun menolong orang lain akan mendapatkan ganjaran yang besar sehingga membuat para manusia berbondong-bondong melakukannya. Motivasi ganjaran ini membuat seseorang jadi semangat membantu.

Tiada lain jika tak dibalas di dunia pasti di akhirat akan diberikan. Mereka sangat mendambakan pahala setelah membantu orang lain. Bukan mengharap imbalan langsung dari yang di tolong.

4. Mencari kebahagiaan sejati

4 Hal yang Bikin Seseorang Cepat Tanggap Menolong Temanilustrasi wanita bahagia (pexels.com/Daniel Xavier)

Penyebab berikutnya ialah mendamba kebahagiaan. Sejatinya ketika seseorang telah berhasil membantu orang lain keluar dari kesulitannya, akan menciptakan kebahagiaan pada orang yang telah membantu. Kebahagiaan itu bersumber dari kebahagiaan orang lain yang saling mempengaruhi.

Makanya banyak orang yang gemar membantu sebab mereka ingin mendapatkan kebahagiaan sejati. Yang mana kebahagiaan itu hadir di dalam hati dan dapat bertahan lama. 

Bagaimana, dari sebab kenapa seseorang senang menolong di atas apakah relate dengan hatimu yang suka menolong itu?

Baca Juga: 5 Dampak Negatif Jika Kamu Tidak Suka Menolong Orang Lain, Kesepian?

Maftukhatul Azizah Photo Verified Writer Maftukhatul Azizah

I write to inspire and connect with you. Follow me on my Instagram journey @maftukhazizah.🌹

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya