Comscore Tracker

5 Teknik Mudah Melakukan Positive Self Talk, Yuk Afirmasi Diri Sendiri

Yuk, mengenal lebih dalam diri sendiri

Kita terlalu sering mendengar apa yang orang lain katakan. Hingga tak sadar kita sering lupa bahwa ada hati yang butuh didengarkan. Akibat dari terlalu sering mengabaikan diri sendiri salah satunya adalah hilang jati diri. 

Mudah terombang-ambing karena tak berprinsip, inilah pentingnya positive self talk. Kegiatan berbicara dengan diri sendiri dan berusaha mendengarkan apa kata hati mampu membawa banyak manfaat salah satunya lebih bisa mencintai diri sendiri. Lantas bagaimana teknik positif untuk menerapkan positive self talk? Berikut lima hal di antaranya.

1. Afirmasi diri dengan kata-kata positif

5 Teknik Mudah Melakukan Positive Self Talk, Yuk Afirmasi Diri Sendiriilustrasi berkaca (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kita semua setuju bahwa pikiran memiliki kekuatan yang amat luar biasa. Pikiran yang positif akan menghadirkan yang-hal yang bernilai positif. Tak jarang suatu ia menghasilkan keuntungan yang luar biasa. Berkat pikiran positiflah yang mendorong seseorang untuk terus maju.

Maka dari itulah saat melakukan positive self talk teknik yang perlu diterapkan adalah berpikiran positif. Afirmasi diri dengan kata-kata positif agar pikiran ikut memikirkan hal positif. Dengan begitu akan mudah diri kita melakukan dialog internal. 

2. Melihat hal-hal yang membuat tertawa

5 Teknik Mudah Melakukan Positive Self Talk, Yuk Afirmasi Diri Sendiriilustrasi tertawa (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Saat melakukan self talk, tubuh memerlukan ketenangan. Sebab ketenangan yang hadir akan mempermudah seseorang mendalami pikirannya sendiri. Maka ketika tubuh sedang di fase berantakan pikirannya itu yang menjadi kendala. Untuk menghadirkan ketenangan langkah pertama yang kamu bisa lakukan ialah melihat hal-hal yang membuat tertawa.

Mengapa begitu? Sebab saat tubuh sedang tertawa ia akan merasakan bahagia. Atas dasar kebahagiaan itulah seseorang lebih bisa berpikir jernih dan memiliki daya untuk berpikir mendalam dalang rangka positive self talk. 

Baca Juga: 5 Kalimat Self-Talk Negatif Ini Beri Pengaruh Buruk Pada Self-Esteem

3. Berkumpul dengan orang-orang positif

5 Teknik Mudah Melakukan Positive Self Talk, Yuk Afirmasi Diri Sendiriilustrasi bersama teman (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Untuk melakukan positive self talk memang tak hanya butuh dukungan dari dalam diri saja. Tetapi, dorongan dari luar juga perlu untuk mempermudah melakukannya.

Contohnya adalah dengan berkumpul bersama lingkungan yang positif. Lingkungan yang positif biasanya memiliki jiwa ootimis yang luar biasa. Di mana jiwa optimis ini akan menghasilkan energi positif lainnya seperti semangat dan motivasi.

Lingkungan seperti ini akan mudah mempengaruhi diri untuk selalu mendapatkan energi yang positif pula. Alih-alih kesulitan untuk melakukan self talk, kamu akan semakin termudahkan dengan lingkunganmu itu. 

4. Keluarkan emosi negatif yang terpendam

5 Teknik Mudah Melakukan Positive Self Talk, Yuk Afirmasi Diri Sendiriilustrasi curhat ke teman (pexels.com/Edmond Dantès)

Kendala yang sering tidak disadari saat melakukan positive self talk adalah emosi negatif yang masih terpendam. Jika emosi negatif masih tersimpan sulit kemungkinan seseorang bisa melakukan positive self talk. Karena seseorang belum selesai dengan dirinya sendiri. Saat melakukan positive self talk tubuh membutuhkan ketenangan dan terlebih lagi tidak menyimpan masalah. 

Jika hal ini terjadi padamu, maka hilangkan emosi negatif tersebut. Kamu bisa menghilangkannya dengan menyalurkan emosi negatif seperti bercerita pada orang lain. Asalkan emosi negatif tersebut tidak ada lagi di dalam diri.

Dengan begitu saat kamu melakukan positive self talk tidak ada lagi rasa trauma akibat emosi negatif. Sehingga semakin memepermudah kamu melakukan praktik positive self talk.

5. Ambil jeda untuk melakukan perenungan

5 Teknik Mudah Melakukan Positive Self Talk, Yuk Afirmasi Diri Sendiriilustrasi menyendiri (pexels.com/Oleksandr Pidvalnyi)

Kesibukkan yang padat merayap membuat banyak orang sering tak sempat memperhatikan diri sendiri. Sebab mungkin terlalu banyak tuntutan serta tekanan yang akhirnya menyita waktu sendiri. Sehingga lupa bahwa diri sendiri perlu untuk diajak duduk dan berinteraksi. Sering abai pada diri sendiri harus segera dikurangi, mulai perhatikan diri agar tak hilang jati diri.

Perhatikan dengan melakukan positive self talk secara rutin agar hidup semakin bermakna. Tak ada tujuan lain hidup selain untuk mendapatkan kebahagiaan. Jika sulit melakukannya, kamu harus memulai dengan langkah sederhana terlebih dahulu. Seperti mengambil jeda sejenak dan melakukan perenungan agar positive self talk dapat dipraktikkan.

Melakukan praktik positive self talk memang sulit-sulit mudah. Mungkin dengan beberapa teknik di atas dapat membantumu untuk memulainya. Jangan ragu untuk melakukannya agar dirimu selalu sehat dari sisi fisik, mental, dan emosi.

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Kamu Sering Bad Mood, Ada Negative Self Talk!

Maftukhatul Azizah Photo Verified Writer Maftukhatul Azizah

Berbagi energi positif melalui tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya