Comscore Tracker

Perpecahan Tak Akan Terjadi Bila Kita Menyadari 5 Hal Penting Ini

Perpecahan itu muncul dari perbedaan yang tak terorganisir

Bila berbicara tentang Indonesia, tentu yang pertama kali terlintas di benak kita adalah kalimat Bhinneka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu. Ya tepat sekali, hal ini dikarenakan Indonesia begitu kaya akan ragam kepulauan, flora, fauna, suku bangsa, bahasa, kebudayaan, kepercayaan beragama, hingga kuliner khas dari setiap daerah. 

Namun seiring berjalannya waktu, pola pikir masyarakat Indonesia tak seperti dulu lagi yang selalu bergotong royong dan menghormati satu sama lain. Nilai-nilai luhur bangsa sudah mulai tergerus seiring perkembangan zaman. Hingga kini timbul berbagai golongan yang mementingkan diri sendiri dengan cara-cara yang merugikan negara seperti misalnya menjual hasil alam yaitu flora maupun fauna yang terancam punah ke tangan-tangan tak bertanggung jawab hingga timbul reaksi keras dari masyarakat, melakukan praktik korupsi, demo anarkis menentang pemerintahan yang tengah berjalan hanya karena ingin menunjukkan aksi solidaritas antar sesama pendemo, hingga menyebar berita hoax dengan maksud membuat kekacauan dan memecah belah bangsa.

Permasalahan tersebut dapat terjadi karena Indonesia memiliki masyarakat yang majemuk namun hanya sebagian kecil saja yang masih berpegang teguh pada nilai-nilai toleransi antar sesama. Lantas, apa saja sebenarnya tugas kita sebagai generasi penerus bangsa untuk meredam perpecahan yang marak terjadi akhir-akhir ini?

Ya, generasi penerus bangsa harus bisa menjadi contoh yang baik dalam bermasyarakat, selain itu masing-masing individu harus memiliki minimal dua dari lima hal penting ini untuk menjaga kedamaian di Indonesia.

1. Menghargai dan menghormati satu sama lain

Perpecahan Tak Akan Terjadi Bila Kita Menyadari 5 Hal Penting Iniharjasaputra.com

Perbedaan kerap terjadi dalam kehidupan bermasyarakat. Misalnya saja berbeda pandangan politik, berbeda pendapat mengenai selera musik, berbeda dalam kepercayaan serta adat istiadat dan lain sebagainya. Untuk menyelaraskan segala perbedaan itu, diperlukan sikap saling menghargai dan menghormati antar sesama agar tak timbul berbagai reaksi-reaksi negatif. Sebisa mungkin kita tak perlu menghakimi orang lain hanya karena cara mereka menjalani hidup berbeda dengan cara yang biasa kita lakukan. Hargai dan hormati mereka maka hidupmu akan selalu damai dan senantiasa tenang.

2. Tak mudah terpapar berita hoax

Perpecahan Tak Akan Terjadi Bila Kita Menyadari 5 Hal Penting Inikatadata.co.id

Di era serba digital seperti sekarang ini, hampir semua orang sudah memiliki alat komunikasi atau gadget yang mumpuni untuk mengakses segala kabar berita diseluruh dunia melalui perantara internet dengan cara yang mudah. Namun ditengah kemudahan tersebut, ada saja pihak-pihak yang tak bertanggung jawab sehingga membuat berita yang tak sesuai fakta dengan tujuan mendapatkan keuntungan dalam bentuk yang bermacam-macam serta cenderung dibuat untuk menggiring opini publik hingga merugikan pihak yang tengah diberitakan tersebut. Untuk mengantisipasi hal itu, tak ada salahnya bila kita waspada dan berusaha untuk mengecek kebenaran berita tersebut bila kita tak mau benar-benar tertipu oleh berita hoax yang sedang beredar di masyarakat.

3. Fokus pada penyelesaian masalah bukan sibuk mencari siapa yang salah

Perpecahan Tak Akan Terjadi Bila Kita Menyadari 5 Hal Penting Iniunpar.ac.id

Bila ada masalah ditengah-tengah masyarakat atau lingkungan sekitar, sebisa mungkin kita tak larut berlama-lama dalam permasalahan itu. Carilah solusi dari masalah tersebut, fokuslah pada penyelesaian dan bukan sibuk mencari siapa yang salah. Karena saat kita bisa menemukan titik terang dari jawaban permasalahan dengan bijaksana, maka artinya kita adalah individu yang dapat diandalkan dan berguna bagi sesama.

4. Memiliki sikap simpati dan empati

Perpecahan Tak Akan Terjadi Bila Kita Menyadari 5 Hal Penting Inim.bisnis.com

Simpati dan empati sudah menjadi hal yang langka saat ini. Diperlukan kesadaran dari berbagai pihak untuk menerapkan kedua hal itu secara bersamaan. Misalnya saja saat ada bencana banjir disekitar wilayah tempat tinggal kita, bila kita memiliki sikap simpati dan empati yang baik, kita akan dengan sigap menolong masyarakat di daerah itu tanpa harus diminta terlebih dahulu. Kita akan dengan suka rela melakukannya dan bukan malah sebaliknya, seperti sibuk sendiri dengan urusan pribadi. Nah jika sikap simpati dan empati bisa diterapkan dengan baik, kehidupan bermasyarakat akan menjadi semakin baik karena tingginya perasaan untuk saling membantu satu sama lain.

5. Selalu bersyukur dengan apa yang dimiliki saat ini

Perpecahan Tak Akan Terjadi Bila Kita Menyadari 5 Hal Penting Inirepublika.co.id

Selalu bersyukur akan apa yang sudah dimiliki saat ini adalah kunci ketenangan diri. Bila kita tak memiliki rasa bersyukur, kita akan selalu dihantui rasa iri dan dengki atas segala pencapaian orang lain yang melebihi kita. Jika itu bisa memacu semangat dalam berusaha lebih baik, tentu tak jadi masalah. Namun bila sebaliknya, hal itulah yang perlu diwaspadai. Misalnya saja, kamu iri karena adanya perbedaan antara penghasilanmu dengan rekan kerjamu hingga membuatmu memusuhi rekan kerjamu itu dan berujung pada perpecahan diantara kalian berdua, maka hal tersebut adalah cara yang keliru. Kamu tak seharusnya bersikap begitu. Bila kamu ingin penghasilan yang sama dengannya, carilah pekerjaan sampingan di waktu luangmu sesuai keahlian. Dengan begitu kamu akan merasa lebih puas karena telah berlaku sportif pada dirimu sendiri.

Jangan pernah takut untuk menghadapi perbedaan, seperti kata Smartfren bahwa #BedaBisaBersama. Perbedaan ada untuk kita hargai dan hormati bersama. Perbedaan akan berakhir bahagia bila kita mampu dan memiliki sikap toleransi yang baik. Tapi bila perbedaan tak bisa disikapi dengan baik, maka perpecahan akan selalu mengikuti kita setiap saat. Berjuanglah bersama-sama demi Indonesia yang kini telah berusia 74 tahun ini. Selalu berdamailah dengan keadaan agar hati kita tak dipenuhi oleh rasa benci yang dapat merusak generasi selanjutnya. 

Ngomong-ngomong soal perbedaan Smartfren saat ini tengah melakukan campaign #BedaBisaBersama di sosial media. Kamu bisa ikutan campaign ini lho. Caranya gampang, kamu cukup follow akun Instagram @smartfrenworld. Kemudian share foto atau video momen kebersamaan dengan teman-teman kamu yang berbeda dari mulai hobi, karakter, ciri khas, dan lain-lain.

Jangan lupa, lengkapi caption dengan penjelasan kenapa kalian berbeda tapi tetap bisa bersama dan berteman, sertakan hashtag #BedaBisaBersama dan #KuotanyaKitaKita ya, serta mention teman kamu yang ada di foto dan tentunya @smartfrenworld dong. Tunggu apalagi, yuk ikutan!

MahestiDita Photo Verified Writer MahestiDita

"penyuka warna hitam yang mudah sekali tertidur" ----- find me on instagram : mahestidita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tisa Ajeng Misudanar Azryatiti

Berita Terkini Lainnya