Comscore Tracker

Menarik, Ini 4 Hal tentang Gaya Hidup Freeganisme yang Perlu Diketahui

Anti boros-boros club, nih!

Freeganism atau freeganisme adalah sebuah istilah pada gaya hidup dimana para penganutnya (freegans) menerapkan pola hidup yang tidak biasa yaitu dengan menerapkan sistem membeli sesedikit mungkin barang-barang dan hanya menggunakan barang yang dibutuhkan. Dengan kata lain, mereka tidak melakukan pemborosan dalam berbagai hal.

Sebenarnya, freeganisme lahir dari keprihatinan sebagian orang tentang pemborosan yang kerap terjadi dimana-mana hingga akhirnya akan berdampak pada kerusakan kehidupan di bumi.

Untuk mencegah itu semua, secara perlahan dibentuklah gaya hidup freeganisme ini dengan harapan dapat menyadarkan banyak orang bahwa pemborosan bukanlah hal yang baik untuk dilakukan.

Nah, berikut ini adalah empat hal menarik seputar gaya hidup para freegans yang perlu diketahui.

1. Membeli dan menggunakan barang-barang sesuai kebutuhan

Menarik, Ini 4 Hal tentang Gaya Hidup Freeganisme yang Perlu Diketahuiunsplash.com/Dan Freeman

Para freegans mempunyai kebiasaan unik yaitu membeli dan menggunakan barang-barang hanya sesuai kebutuhan. Jadi tak ada istilah untuk sekadar mengikuti perkembangan tren bila hal tersebut tak sesuai dengan yang mereka butuhkan. Dengan kata lain mereka membatasi diri agar tidak "lapar mata" dikarenakan mereka hanya akan membeli dan menggunakan barang-barang tersebut berdasarkan kebutuhan dan bukan pada keinginan yang menjurus pada pemborosan.

2. Para freegans melakukan barter dan saling berbagi dengan orang lain

Menarik, Ini 4 Hal tentang Gaya Hidup Freeganisme yang Perlu Diketahuiunsplash.com/Elaine Casap

Untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari, tak jarang para freegans ini menerapkan sistem barter dan juga saling berbagi dengan orang-orang di sekitar mereka. Barang-barang yang dibarter atau dibagikan pun beragam. Mulai dari beras, buah-buahan, sayur mayur, minyak goreng, garam, gula, bahan pakaian, dan lain sebagainya.

Dengan saling barter dan berbagi seperti itu, secara tidak langsung dapat memberikan efek kedekatan emosional antar individu freegans sehingga makin memantapkan diri untuk terus melanjutkan gaya hidup freeganisme. Serta dapat menjadi contoh bagi orang lain agar nantinya dapat bergaya hidup seperti ini.

Baca Juga: 7 Keuntungan yang Bakal Kamu Rasakan Saat Hidup Minimalis, Harus Coba!

3. Berkebun dan beternak pun kerap mereka lakukan secara mandiri

Menarik, Ini 4 Hal tentang Gaya Hidup Freeganisme yang Perlu Diketahuiunsplash.com/Annie Spratt

Selain barter dan berbagi barang-barang kebutuhan sehari-hari, para freegans juga dikenal sebagai pribadi yang kreatif. Pola pikir mereka terlatih untuk memanfaatkan apapun agar dapat bernilai ekonomis.

Jika mereka memiliki halaman belakang pada rumah, kita pasti akan mendapati halaman tersebut penuh dengan sayur mayur segar seperti tomat, cabai, terong, kangkung, bayam, hingga kentang atau buah-buahan seperti mangga, pepaya, pisang dan lain sebagainya.

Namun jika mereka tak memiliki lahan di sekitar rumah mereka, pot dari tanah liat atau kaleng bekas pun dapat mereka sulap menjadi media tanam bibit-bibit tersebut. Begitu pula dengan kebutuhan pangan berupa daging, mereka akan beternak secara sederhana lalu kemudian hasil ternak tersebut mereka nikmati sendiri. Wah, menarik sekali bukan?

4. Freeganisme dianggap dapat membuat hidup lebih bahagia

Menarik, Ini 4 Hal tentang Gaya Hidup Freeganisme yang Perlu Diketahuiunsplash.com/Sven Mieke

Dan yang terakhir, gaya hidup ini dipercaya dapat menghemat berbagai biaya pengeluaran bila dilakukan secara konsisten.

Pada awalnya kamu mungkin akan kesulitan untuk membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Kamu juga akan kesulitan untuk menahan diri agar tak melakukan pengeluaran yang sia-sia seperti membeli barang-barang yang hanya kamu beli berdasarkan tren saat ini padahal sebenarnya kamu tidak membutuhkannya. Dengan kata lain kamu sama saja melakukan pemborosan dan mendorong para produsen untuk terus menciptakan barang-barang dari sumber daya alam yang sebenarnya bisa digunakan dengan lebih bijaksana.

Yang terpenting adalah saat kamu sudah bisa berlaku bijaksana pada alam sekitar, maka otomatis kebahagiaan akan tercipta dalam hati.

Oleh karenanya mulai dari sekarang, yuk terapkan pada diri masing-masing untuk katakan tidak pada pemborosan yang sia-sia demi keberlangsungan bumi yang lebih baik. Semoga menginspirasi ya!

Baca Juga: 6 Akun Instagram yang Kampanyekan Gaya Hidup Zero Waste

MahestiDita Photo Verified Writer MahestiDita

"penyuka warna hitam yang mudah sekali tertidur" ----- find me on instagram : mahestidita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya