Comscore Tracker

6 Hal Kecil yang Pengaruhnya Luar Biasa di Hidup Kamu

Semua hal itu dimulai dari yang kecil

Kebanyakan orang merasa malas melakukan perbuatan kecil, kita selalu beranggapan jika kita bisa melakukan hal yang besar lalu untuk apa saya harus melakukan hal yang bersifat sepele.

Tapi coba tunggu sebentar dan kamu pikirkan sejenak, bahwa semua hal besar itu berawal dari sebuah hal yang kecil, contohnya ketika kamu melangkah sejauh mungkin maka kamu akan mengawalinya dengan langkah yang kecil.

Ketika kamu ingin menaiki tangga yang lebih tinggi maka kamu harus memulainya dari tangga yang paling bawah terlebih dahulu, sangat mustahil jika kamu langsung melangkah ke tangga yang paling tinggi. Kali ini penulis akan mengajak kamu agar menerapkan perbuatan yang kecil akan tetapi akan mendapatkan pengaruh yang sangat luar biasa.

1. Tepat waktu ketika sudah membuat sebuah janji

6 Hal Kecil yang Pengaruhnya Luar Biasa di Hidup Kamuunsplash.com/Andrik Langfield

Sebagian besar dari masyarakat Indonesia masih menyepelekan mengenai waktu. Jika sudah berjanji akan berjumpa pada jam 14.00 seharusnya pada jam tersebut mereka sudah bertemu, tapi pada kenyataannya ketika mereka berjanji berjumpa pada jam 14.00 mereka baru dalam perjalanan pada jam tersebut menuju ke lokasi tempat pertemuan.

Hal ini tentunya akan merugikan sebagian pihak yang sudah lama menunggu sedangkan dia masih memerlukan keperluan ke tempat lain. Akan tetapi karena kita terlambat sehingga menyebabkan dia mengalami kerugian, perlu kamu ingat bahwa waktu itu sangatlah beharga karena waktu tidak bisa mundur walaupun hanya setengah detik.

2. Membiasakan diri mengatakan “Maaf, tolong dan terima kasih”

6 Hal Kecil yang Pengaruhnya Luar Biasa di Hidup Kamuunsplash.com/Simon Maage

Tanpa kita sadari, kita terkadang lupa untuk meminta maaf kepada orang lain. Contohnya ketika kita tanpa sengaja membuat sebuah kesalahan dan sebagian dari kita merasa acuh dan mengangap tidak perlu untuk meminta maaf.

Padahal ketika kita meminta maaf maka orang yang bersangkutan tersebut akan mengingat kita sebagai seseorang yang memiliki tata krama, dan sebaliknya jika kita tidak meminta maaf maka orang yang bersangkutan tersebut akan mengingat kita sebagai sosok yang kurang memiliki tata krama.

Dan ketika meminta bantuan kepada seseorang jangan lupa dengan kata “Tolong”, karena posisi kita adalah meminta bantuan orang lain, jika kita menyuruh orang lain dengan seenaknya maka mereka akan mengangap kita sebagai orang yang suka memerintah dan tentu saja hal tersebut akan membuat mereka jengkel dan marah, maka sangat dianjurkan untuk kita jika memerlukan bantuan orang lain awali dengan kata “Tolong”.

Ketika seseorang dengan senang hati sudah membantu kita maka jangan lupa ucapakan “Terima Kasih”, memang terdengar sangat sederhana akan tetapi sarat dengan makna. Saat kita mengucapkan “Terima Kasih” berarti kita telah menghargai bantuan yang telah dia berikan untuk kita.

3. Mendengarkan ketika orang lain sedang berbicara

6 Hal Kecil yang Pengaruhnya Luar Biasa di Hidup Kamuunsplash.com/Edvin Johansson

Berikan ruang dan kesempatan untuk orang dapat berbicara dengan puas dan tuntas, kita tidak boleh memotong pembicaraan orang lain. Ketika kita dengan senang hati mendengarkan orang lain sedang berbicara maka tentu saja orang yang sedang berbicara tersebut merasa bahwa dia dihargai dan diperhatikan.

Sehingga yang sedang diungkapkan itu tidaklah sia – sia. Mungkin bagi kita itu sangat sederhana yaitu hanya mendengarkan seseorang berbicara, akan tetapi bagi orang yang bersangkutan dia akan sangat bahagia karena merasa dihargai.

Baca Juga: Keren, 5 Kebiasaan Kecil ini Dapat Membuat Karaktermu Semakin Disiplin

4. Menatap lawan ketika sedang berbicara

6 Hal Kecil yang Pengaruhnya Luar Biasa di Hidup Kamuunsplash.com/Charles

Salah satu kunci dalam berkomunikasi adalah tatapan mata, saat kalian berdiskusi prioritaskan menatap matanya, di saat melakukan kontak mata maka diskusi kalian akan lebih berjalan lancar dan substansi yang disampaikan oleh orang tersebut akan lebih kalian ingat dan orang tersebut akan merasa dihargai juga tentunya.

5. Tidak lupa nama orang

6 Hal Kecil yang Pengaruhnya Luar Biasa di Hidup Kamuunsplash.com/Priscilla Du Preez

Manfaat yang akan kamu dapatkan jika dapat mengingat nama orang lain ialah kamu akan dianggap sebagai sosok yang ramah dan memiliki ingatan yang kuat. Selain itu kamu akan sangat mudah berbaur dengan orang lain di suatu tempat yang asing.

6. Berkata yang baik atau diam

6 Hal Kecil yang Pengaruhnya Luar Biasa di Hidup Kamuunsplash.com/Campaign Creators

Sudah sangat jelas bahwa jika kita tidak bisa berbicara mengenai kebaikan atau hal yang positif maka lebih baik kita diam saja dan ikut mendengarkan. Karena jika kita berbicara sembarangan yang ditakutkan malah akan menyakiti perasaan orang lain.

Atau bahkan kita akan membicarakan keburukan orang lain. Maka jika kita tidak dapat berbicara yang baik atau yang bermanfaat makan lebih baik kita diam saja.

Itulah dia 6 hal yang hal kecil tapi pengaruhnya gak kecil jika kita lakukan dalam kehidupan sehari – hari. Perlu kamu ingat bahwa, terkadang dari hal kecil seperti di atas yang akan membuat kita menjadi sosok yang berpengaruh di masa yang akan datang, terus perbaiki diri masing – masing dan kembangkan semua potensi yang ada.

Baca Juga: Sudah Dewasa, 6 Kebiasaan Ala Anak ABG Ini Harus Kamu Singkirkan!

Maiful Hari Photo Writer Maiful Hari

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya