Comscore Tracker

12 Kebiasaan yang Mampu Buat Hidup Terasa Bahagia

Nomor 12 paling penting!

Semua orang tentu ingin memiliki hidup bahagia, baik anak-anak, dewasa, maupun lansia. Namun, bagi beberapa orang, kebahagiaan tidak ada yang abadi, pasti diselingi dengan duka atau kesedihan. Akan tetapi, bisa jadi mereka beranggapan demikian karena hidupnya terasa suntuk, membosankan, dan tidak bergairah.

Nah, 12 hal di bawah ini siap mengubah hidup mu yang semula biasa saja menjadi lebih bahagia dan bermakna. Penasaran? Yuk kita simak bersama!

1. Bangun pagi-pagi dan hindari begadang

12 Kebiasaan yang Mampu Buat Hidup Terasa BahagiaPinterest.com/detikcom

Jangan terlalu sering begadang, tak baik bagi kesehatan. Akan lebih baik jika kalian tidur lebih cepat dan selalu bangun pagi, maksimal jam 6, tubuh akan terasa lebih segar dan semangat jika mendapat asupan istirahat yang mencukupi.

2. Minum segelas besar air selepas bangun tidur

12 Kebiasaan yang Mampu Buat Hidup Terasa BahagiaInstagram.com/nasariastri

Ritual minum air putih selepas bangun tidur merupakan salah satu kiat hidup sehat yang harus dijadikan kebiasaan. Rupanya minum air putih di pagi hari setelah bangun mampu membuang racun di perut, selain itu juga dapat mencegah obesitas dan diabetes.

3. Jangan diam saja, ayo gerakan badanmu, olahraga!

12 Kebiasaan yang Mampu Buat Hidup Terasa BahagiaInstagram.com/inijedar

Usahakan selalu melakukan workout minimal 15-20 menit untuk membakar lemak. Badan akan terasa lesu dan tak bersemangat apabila tidak digerakkan. Bisa memicu penyakit juga lho!

4. Setiap pagi dan menjelang malam, luangkan waktu untuk bermeditasi sejenak

12 Kebiasaan yang Mampu Buat Hidup Terasa BahagiaPinterest.com/back to the movies

Meditasi penting untuk mengontrol emosi yang menguras pikiran seseorang. Fungsi utamanya ialah untuk menenangkan dan menjernihkan pikiran. Selain mental, meditasi juga baik untuk kesehatan fisik, antara lain menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Rapikan kamar dan kurangi barang-barang yang tidak perlu

12 Kebiasaan yang Mampu Buat Hidup Terasa BahagiaPinterest.com/Arkpad.com.br

Rapi tidaknya kamar tidur mendeskripsikan kepribadian dari pemiliknya.Tak dipungkiri, jika kamar kotor selama berhari-hari lalu dibersihkan, akan ada sebuah kelegaan, bak sebuah beban yang terangkat dari hati si pemilik. Selain merapikan, decluttering atau kegiatan mengurangi barang-barang yang tak terpakai juga wajib dilakukan setiap seminggu atau sebulan sekali agar space kamar lebih luas dan lebih fresh.

6. Selalu tulis harapanmu dan jadikan sebagai pengingat untuk apa usaha keras yang kamu lakukan sekarang

12 Kebiasaan yang Mampu Buat Hidup Terasa BahagiaPinterest.com/The useful Idea

Terkadang manusia sering melupakan impian yang telah disusunnya sejak lama, selalu menulis tujuan dan keinginan itu dalam buku catatan atau diary bisa menjadi solusinya. Tidak lucu bukan jika usaha keras yang kita lakukan terbayar percuma hanya karena melupakan harapan itu atau malah menginginkan hal lain yang nyeleneh dan tidak pas.

Baca Juga: Tanpa Serum, Ini 5 Kebiasaan Simpel yang Bikin Kulit Semakin Sehat

7. Buat rencana untuk hari-harimu

12 Kebiasaan yang Mampu Buat Hidup Terasa BahagiaPinterest.com/One Stop Teacher Shop

Membuat rencana atau plan yang akan dilakukan bisa membuat hidup terasa lebih teratur dan memiliki tujuan. Dengan adanya plan ini, kita tidak akan dilanda gabut karena aktivitas keseharian kita sudah diatur sedemikian rupa, apalagi jika hal-hal yang akan dilakukan adalah hobi.

8. Selalu luangkan waktu untuk bersenang-senang, jangan terlalu stress!

12 Kebiasaan yang Mampu Buat Hidup Terasa BahagiaPinterest.com/Caila Quinn

Berkutat terlalu lama di depan berlembar-lembar kertas atau di depan layar komputer membuat pikiran menjadi tegang, tidak rileks. Punggung dan leher juga pegal-pegal. Pekerjaan terasa berat dan membosankan. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mencari udara segar! Berjalan-jalanlah sebentar, hilangkan rasa suntuk dengan mengobrol atau sekadar melihat-lihat pemandangan. Kalau memungkinkan, kamu juga bisa menghabiskan waktu untuk bersenang-senang bersama teman atau keluarga. Piknik, misalnya

9. Usahakan belajar atau sekadar membaca buku selama satu jam untuk mengasah otak

12 Kebiasaan yang Mampu Buat Hidup Terasa BahagiaPinterest.com/Minh Anh

Tak melulu buku pelajaran, kamu bisa membaca buku novel, komik, atau mengisi teka-teki silang. Selain membaca buku, mendengar podcast juga bisa kamu lakukan untuk mengasah dan menenangkan pikiranmu. Apalagi di masa pandemi ini, akan lebih baik jika kamu mengisi waktu luangmu dengan membaca buku dan memperluas wawasan karena buku adalah jendela dunia. 

10. Tersenyumlah dan beri pujian pada setiap orang yang kamu temui, meskipun dia orang asing sekalipun

12 Kebiasaan yang Mampu Buat Hidup Terasa BahagiaPinterest.com/metro.style

Percaya tak percaya, ketika kita tersenyum maka aura positif yang kita keluarkan mampu mempengaruhi orang lain dan membuatnya ikut tersenyum, bukankah ini sebuah hal yang bagus? Jangan hanya tersenyum, lemparkan sapaan dan pujian untuk mereka, kelak akan ada sebuah perasaan bahagia yang menggelitik hatimu saat melakukannya. Dan tak menutup kemungkinan mereka akan membalasmu dengan hal yang sama.

11. Kirim pesan semangat untuk seseorang yang kamu sayang, kelak dia akan membalas dengan hal yang sama

12 Kebiasaan yang Mampu Buat Hidup Terasa BahagiaPinterest.com/Kuncup

Tak cuma untuk gebetan atau pacar, kamu bisa mengirimi orang tua, kerabat, atau sahabatmu pesan agar mereka terus semangat dalam menjalani hidup. Mungkin bagimu ini tak berarti apa-apa, namun bagi mereka bisa jadi hal ini adalah alasan mengapa mereka bertahan walaupun sedang dalam kondisi terburuk sekalipun. Percayalah dengan melakukan hal sederhana ini, hidupmu akan terasa lebih indah dan bermakna.

12. Pikirkan 3 hal yang kamu syukuri selama hidupmu

12 Kebiasaan yang Mampu Buat Hidup Terasa BahagiaInstagram.com/nasehat_hijrah_

Hal ini adalah yang terakhir sekaligus terpenting. Seiring dengan kemajuan teknologi, perilaku manusia pun semakin berkembang dan berubah-ubah. Manusia selalu merasa kurang dan tak mau bersyukur, malah jatuhnya sering insecure. Hal ini terjadi karena mereka selalu membanding-bandingkan antara kehidupan mereka dengan kehidupan orang lain lewat media sosial. Hindari dan jangan sekali-kali terjerumus ke dalam sikap yang seperti ini. Lebih baik kamu mensyukuri hidup karena apa yang kamu dapatkan dan alami sudah digariskan oleh Tuhan dan tentunya itu adalah yang terbaik untukmu.

 

Demikian 12 hal yang mampu membuat hidup terasa bahagia bila dijadikan kebiasaan. Pada hakikatnya, kebahagiaan adalah sesuatu yang abadi, akan tetapi manusia jarang mengetahuinya karena tertutup rasa kurang bersyukur, iri dengan kehidupan orang lain, dan sifat negatif lainnya. Ayo rubah hidupmu mulai dari sekarang! Selamat mencoba dan rasakan kebahagiaannya!

Baca Juga: 5 Cara Jitu Menghentikan Kebiasaan Ngiler Saat Tidur, Wajib Dicoba!

Margaretha Giftania Vonta Photo Writer Margaretha Giftania Vonta

The minds needs to know its weaknesses before it can appreciate its strenghts -Note to Self, Connor Franta.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya