Comscore Tracker

5 Pekerjaan Sampingan yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengisi Waktu Luang

Asyik nih, bisa nambah penghasilan!

Di jaman sekarang ini, semua orang harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Karena memang segala sesuatu harus dibeli dengan uang. Hampir semua orang pasti pernah mengalami masalah gaji yang cuma numpang lewat saja. Kehabisan uang di pertengahan bulan, sedangkan tanggal gajian masih jauh.

Kalau kamu pintar mengatur uang gajimu, mungkin kamu tidak akan pernah mengalami hal ini. Namun terkadang sepandai apapun kamu mengatur keuanganmu, tapi ternyata gajimu tidak cukup untuk menutupi semua kebutuhan kamu. Nah disaat seperti ini, kamu perlu pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan kamu.

Manfaatkanlah waktu luang yang tersisa di sela-sela kesibukan kamu, dengan melakukan pekerjaan sampingan yang bisa menghasilkan uang. Di era digital seperti sekarang ini ada banyak pilihan pekerjaan sampingan yang bisa kamu lakukan, tanpa harus mengganggu pekerjaan utama kamu. Inilah beberapa diantaranya :

1. Freelance Writer / Content Writer

5 Pekerjaan Sampingan yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengisi Waktu Luangpexels.com/burst

Kalau kamu hobi menulis dan bisa menghasilkan artikel yang bagus, kenapa kamu tidak menjadikan bakat kamu itu sebagai pekerjaan sampingan? Saat ini ada banyak website yang membayar para penulis freelance untuk menulis artikel.

Atau kamu juga bisa menawarkan jasa kamu sebagai penulis konten dari website ataupun blog milik orang lain. Pekerjaan sebagai penulis konten atau content writer saat ini banyak dibutuhkan, karena tidak semua orang punya waktu untuk menulis sendiri konten untuk website ataupun blog yang mereka miliki.

2. Freelance Graphic Designer

5 Pekerjaan Sampingan yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengisi Waktu Luangunsplash.com/NESA by makers

Nah kalau pekerjaan sampingan yang satu ini cocok banget untuk kamu yang hobi desain, dan punya keahlian sebagai desainer grafis. Kamu bisa menawarkan jasa kamu melalui media sosial, ataupun melalui website khusus para freelancer.

Walaupun hanya pekerjaan sampingan, namun para desainer grafis freelance ini mendapatkan bayaran yang lumayan untuk setiap project yang berhasil diselesaikannya. Lumayan kan untuk tambahan uang jajan.

3. Reseller atau dropshipper

5 Pekerjaan Sampingan yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengisi Waktu Luangpixabay.com/pexels

Punya bakat jualan? Kamu bisa menjadikan ini sebagai pekerjaan sampingan kamu. Menjadi reseller atau dropshipper termasuk salah satu pekerjaan yang mudah dilakukan. Untuk menjadi reseller ataupun dropshipper, kamu tidak perlu melakukan stock barang dagangan.

Kamu hanya perlu rajin mempromosikan barang tersebut ke teman-teman kantormu, saudara, ataupun tetanggamu. Kamu juga bisa memposting barang jualanmu di media sosial kamu. Siapa tahu ada diantara mereka tertarik membelinya.

Baca Juga: Hobi Gambar? 6 Pekerjaan Ini Mungkin Cocok Buat Kamu

4. Freelance fotografer

5 Pekerjaan Sampingan yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengisi Waktu Luangunsplash.com/Kevin Grieve

Kalau kamu hobi fotografi, kamu bisa mencoba untuk menjadi freelance fotografer di waktu luangmu. Kamu bisa menawarkan jasamu ke teman-teman kamu, atau mempromosikannya melalui sosial media. Siapa tahu ada temanmu yang akan menikah dan membutuhkan jasa fotografer.

Atau kalau kamu bisa memotret gambar dengan hasil yang bagus, kamu bisa menjual hasil foto kamu itu. Ada banyak website yang mau menampung para freelance fotografer untuk menjual foto-foto hasil karya mereka, misalnya saja Shutterstock, Alamy, Getty Images, dan masih banyak lagi.

5. Menjual makanan

5 Pekerjaan Sampingan yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengisi Waktu Luangpexels.com/Alisha Mishra

Kalau kamu pintar memasak, ataupun hobi membuat kue. Kamu juga bisa loh menjadikannya sebagai pekerjaan sampingan kamu. Promosikan makanan atau kue buatanmu ke teman-temanmu, tetangga, ataupun para kerabat kamu.

Selain itu, kamu juga bisa loh memasarkannya melalui media sosial. Kalau ada yang tertarik membelinya, kamu bisa melakukan pengiriman melalui jasa ojek online. Praktis banget kan?

Nah itulah beberapa pekerjaan sampingan yang bisa kamu lakukan di sela-sela waktu luang kamu. Selain bisa mengisi waktu luang, pekerjaan ini juga bisa menjadi sumber penghasilan tambahan untuk kamu. Lumayanlah untuk nambah-nambah uang jajan, sampai waktu gajian tiba.

Baca Juga: 5 Pekerjaan Untuk Kaum Millennial dengan Memanfaatkan Teknologi

Ayana Story Photo Verified Writer Ayana Story

Mulai menulis di IDN Times sejak 2017 (kalo gak salah ingat hehehe...)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You