Comscore Tracker

Saat Kamu Putus Asa dan Ingin Menyerah, Ingatlah 6 Hal Ini

#Goodlife Yang namanya hidup memang penuh cobaan kan?

Sebagai manusia, tentunya kita tidak luput dari yang namanya cobaan. Setiap hari ada berbagai masalah yang harus kita hadapi dalam hidup, mulai dari masalah keluarga, masalah dengan teman, masalah di sekolah atau di tempat kerja, hingga masalah finansial.

Terkadang masalah-masalah tersebut datang bertubi-tubi kedalam hidup kita, dan membuat kita merasa lelah menghadapinya. Namun suka atau tidak suka, kita harus tetap menghadapi masalah tersebut.

Karena lari atau menghindari masalah bukanlah penyelesaian yang baik. Kalau kamu merasa putus asa dan ingin menyerah dalam menghadapi cobaan hidup, ingatlah selalu 6 hal ini.

1. Tuhan tidak pernah memberikan cobaan di luar batas kemampuan kamu

Saat Kamu Putus Asa dan Ingin Menyerah, Ingatlah 6 Hal IniPexels/ Gabriela Palai

Walaupun masalah datang silih berganti dalam hidup kamu seolah tidak ada habisnya, dan kamu merasa bahwa kamu tidak sanggup lagi menghadapi cobaan tersebut. Jangan pernah menyerah! Karena sesungguhnya kamu mampu untuk menghadapinya.

Ingatlah bahwa Tuhan tidak pernah memberikan cobaan diluar batas kemampuan hambanya.

2. Tidak ada orang sukses yang tidak pernah mengalami cobaan hidup

Saat Kamu Putus Asa dan Ingin Menyerah, Ingatlah 6 Hal IniPixabay/mcredifine

Kesuksesan itu ibarat puncak gunung, untuk sampai kesana kita harus melalui jalan yang terjal dan berbatu-batu. Kamu harus selalu ingat bahwa tidak ada orang yang sukses di dunia ini, tanpa melalui cobaan terlebih dahulu.

Sebelum menjadi orang terkaya kedua di China, Jack Ma sempat gagal masuk universitas dan berkali-kali gagal melamar pekerjaan.

Baca Juga: Merasa Putus Asa? 5 Perkataan RM BTS Ini Bisa Bikin Semangat Kembali

3. Ingatlah selalu ada orang-orang yang sayang sama kamu

Saat Kamu Putus Asa dan Ingin Menyerah, Ingatlah 6 Hal IniPexels/Helena Lopes

Seringkali cobaan yang terasa berat, malah membuat kita putus asa dalam menjalaninya. Namun sebelum rasa putus asa itu membuatmu melakukan hal-hal yang bodoh, ingatlah bahwa diluar sana ada orang-orang yang sayang sama kamu.

Ada orang tua, kakak atau adik, teman-teman, pacar, suami, istri atau anak yang selalu ada untuk kamu. Bersama mereka kamu bisa berbagi bebanmu, jika kamu merasa beban itu sudah terlalu berat untuk kamu pikul sendiri.

4. Tuhan selalu ada kapan pun kamu membutuhkan bantuan-Nya

Saat Kamu Putus Asa dan Ingin Menyerah, Ingatlah 6 Hal IniPixabay/sasint

Terkadang semua usaha sudah kita lakukan, namun kita tetap tidak mampu mendapatkan jalan keluar dari masalah-masalah kita. Disaat seperti ini, putus asa dan menyerah bukanlah suatu jawaban. 

Cobalah untuk pasrah dan serahkan semua bebanmu kepada Tuhan penciptamu. Bersujudlah di hadapan-Nya, dan berdoalah mohon petunjuk-Nya. Ingatlah kalau Tuhan selalu ada kapanpun kamu butuh bantuan-Nya.

5. Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya

Saat Kamu Putus Asa dan Ingin Menyerah, Ingatlah 6 Hal IniPexels/Inzmam Khan

Kamu seringkali merasa kalau cobaan hidup yang datang kepadamu seolah tidak pernah putus? Jangan pernah menyerah! Bukankah kamu tahu kalau tidak ada yang abadi di dunia ini? Begitu juga dengan masalah-masalahmu.

Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, asalkan kamu tetap mau berusaha mencarinya. Menyerah tidak akan pernah menyelesaikan masalahmu.

6. Kesabaran selalu berbuah manis!

Saat Kamu Putus Asa dan Ingin Menyerah, Ingatlah 6 Hal IniPexels/ YesManPro

Sebagai manusia yang setiap hari harus selalu menghadapi masalah dan cobaan hidup, tentu terkadang kamu merasa capek. Namun tetaplah bersabar, hadapi semua cobaan dengan tabah. Suatu saat semua kesabaran dan ketabahanmu dalam menghadapi cobaan-cobaan itu pasti akan membuahkan hasil yang manis.

Di saat itu semua lelahmu dan air matamu akan terbayar semua, dan kamu pun bisa tersenyum. Tetap semangat ya!

Baca Juga: Buang 6 Kecemasan Ini Agar Hidupmu Kembali Bersemangat!

Ayana Story Photo Verified Writer Ayana Story

Mulai menulis di IDN Times sejak 2017 (kalo gak salah ingat hehehe...)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya